PKS Nilai Kinerja Anies Baswedan Membanggakan dan Amanah, Bagaimana Menjaga Amanah Dalam Pandangan Islam?

0
274
PKS Nilai Kinerja Anies Baswedan 1

PKS nilai kinerja – Anies Baswedan ini membanggakan karena meraih predikat wajar tanpa pengecualian selama lima tahun berturut-turut dari BPK. Wakil ketua DPRP DKI pun mengatakan bahwa Anies Baswedan dapat mengawali dan mengakhiri amanah dengan baik. Dan ini diharapkan dapat terus bertahan tentunya. Ini menjadi suatu kebanggaan yang dicapai oleh Pemprov DKI.

PKS Nilai Kinerja Anies Baswedan 1

Tahukah sobat CahayaIslam bahwasanya menjadi pemimpin bukanlah suatu hal yang mudah. Itu artinya jika amanah dapat dijalankan dengan baik, tentunya seorang pemimpin dapat bermanfaat bagi kalangan orang yang dipimpinnya. Dalam islam, menjalankan amanah dengan baik adalah suatu keharusan. Apalagi seorang muslim yang baik dicerminkan melalui bagaimana ia dapat menjaga amanah sebaik mungkin. Lalu bagaimana hal ini menurut pandangan islam?

PKS Nilai Kinerja Anies Baswedan Membanggakan, Ini Menjaga Amanah Dalam Pandangan Islam

PKS Nilai Kinerja Anies Baswedan 2

PKS nilai kinerja Anies Baswedan sangat membanggakan dan dapat memegang amanah dengan baik. Ini adalah merupakan cerminan sikap seorang pemimpin yang diharapkan oleh rakyat tentu saja. Dalam islam, amanah adalah hal yang sangat besar tanggungjawabnya. Itulah kenapa Allah pun menjanjikan pahala dan balasan yang besar bagi orang yang dapat menjaga kepercayaan. Bukan hanya mempertanggungjawabkan dirinya, namun juga apa yang dipegangnya.

إِنَّا عَرَضْنَا الْأَمَانَةَ عَلَى السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَالْجِبَالِ فَأَبَيْنَ أَنْ يَحْمِلْنَهَا وَأَشْفَقْنَ مِنْهَا وَحَمَلَهَا الْإِنْسَانُ ۖ إِنَّهُ كَانَ ظَلُومًا جَهُولًا

Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh,

Bahkan dalam ayat ini telah dikatakan bahwa seseorang yang mengkhianati amanat termasuk dalam golongan manusia yang zalim dan juga bodoh. Itulah alasan kenapa amanah menjadi suatu beban yang berat untuk dipikul, kecuali oleh orang yang pandai dalam menjaga kepercayaan yang telah ia dapatkan.

Lalu bagaimana menjaga amanah menurut pandangan islam?

Melaksanakan Amanah Dengan Baik

Menjaga amanah ini berarti seorang muslim dalam melaksanakan amanat yang telah diberikan. Sebagai contohnya adalah ketika seseorang diminta untuk menyampaikan sejumlah uang kepada orang lain. Maka ini harus dilaksanakan sesuai dengan amanat yang telah disampaikan. Jika melenceng dari hal tersebut, tentu saja itu artinya kita tidak menjalankannya dengan baik.

Memegang Nilai Kejujuran

Seorang muslim akan bisa menjaga kepercayaan jika dirinya memegang tinggi nilai kejujuran. Hal ini karena orang yang jujur akan senantiasa menjalankan amanah dengan baik. Bahkan tidak akan berpikir untuk berkhianat apalagi mencurangi untuk kepentingan diri sendiri. Itulah kenapa kejujuran adalah sifat yang harus ditanamkan dalam diri kita sendiri, sobat CahayaIslam.

PKS nilai kinerja – dari Pemprov DKI, Anies Baswedan ini cukup membanggakan. Ia juga dinilai dapat mengawali dan mengakhiri amanah dengan baik. Jadi sobat CahayaIslam, ingatlah bahwasanya kepercayaan itu bukan hal yang mudah dibangun. Jika kita mendapatkannya, maka jangan sampai mengkhianati apa yang sudah orang lain percayakan. Semoga kita bisa menjadi orang yang amanah ya.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Ahzab Ayat 72

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY