Adab Memberikan Pesan dan Kesan MPLS yang Baik Dalam Islam

0
192
pesan dan kesan MPLS

Pesan dan Kesan MPLS – MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah program untuk menyambut siswa baru. Banyak sekali kegiatan yang siswa lakukan, salah satunya memberikan pesan dan kesan MPLS.

Umumnya kegiatan MPLS berupa berbagai rangkaian aktivitas demi memperkenalkan lingkungan sekolah kepada siswa baru. Dengan begitu, para siswa banyak beraktivitas dengan kakak kelas atau teman sebayanya.

Memberikan Pesan dan Kesan MPLS

MPLS berada dalam aturan Permendikbud RI Nomor 18. Dalam regulasi tersebut, MPLS merupakan kegiatan pertama masuk sekolah sebagai tahap pengenalan program sekolah.

Penyelenggara MPLS biasanya pihak sekolah bersama OSIS yang bertugas di sekolah tersebut. Di akhir MPLS, siswa baru kerap diminta untuk menyampaikan pesan dan kesan MPLS untuk kakak OSIS.

pesan dan kesan MPLS

Kesan dan pesan selama MPLS tersebut bertujuan untuk mencurahkan semua isi hati siswa baru saat menjalani MPLS. Kesan dan pesan itu juga dapat berisi evaluasi agar MPLS di masa mendatang lebih baik lagi.

Pasalnya di dalam kesan dan pesan, siswa baru tidak jarang mengungkapkan kekurangan selama menjalani MPLS. Untuk itulah, pesan tersebut menjadi bahan evaluasi bagi pihak sekolah dan OSIS setempat.

Dengan demikian, mereka dapat berbenah diri dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Perlunya Adab saat Memberikan Kesan dan Pesan Selama MPLS

Sobat Cahaya Islam, memang pesan dan kesan MPLS merupakan tahap akhir serta dapat menjadi evaluasi bagi kalangan sekolah serta OSIS. Tetap saja, Sobat perlu menjunjung tinggi adab ketika menyampaikannya.

Mengingat islam merupakan agama yang mengajarkan umatnya agar senantiasa bersikap baik serta ramah terhadap sesama manusia. Sikap tersebut harus Sobat pertahankan baik untuk orang yang dikenal ataupun tidak.

Dalam menyampaikan kesan dan pesan, ada sejumlah adab yang harus Sobat perhatikan. Dengan demikian, Sobat bisa menjalan hubungan harmonis serta saling menghormati.

Adab Ketika Memberikan Kesan dan Pesan

Sobat Cahaya Islam, di bawah ini ada sejumlah adab saat memberikan kesan dan pesan dalam islam yang patut Sobat perhatikan:

1.       Mengucap Salam

Salam merupakan ucapan yang mengandung doa serta harapan demi keselamatan dan kebaikan untuk orang yang Sobat sapa. Karena itu, Sobat hendaknya mengucapkan salam sebelum menyampaikan kesan dan pesannya selama MPLS.

Dalam Al Quran, Allah SWT berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَدْخُلُوْا بُيُوْتًا غَيْرَ بُيُوْتِكُمْ حَتّٰى تَسْتَأْنِسُوْا وَتُسَلِّمُوْا عَلٰٓى اَهْلِهَاۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ

“Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu (selalu) ingat.” (QS. An-Nur Ayat 27)

Dari ayat tersebut, bisa Sobat pahami bahwa memberikan salam merupakan adab yang perlu Sobat lakukan. Terlebih kalau orang tersebut merupakan orang asing, atau baru Sobat kenal sebelumnya.

2.       Memperlihatkan Wajah Berseri-seri

Wajah merupakan cerminan hati. Saat Sobat bertemu orang lain, wajah dapat menunjukkan perasaan serta sikap terhadap mereka.

Oleh sebab itu, islam mengajarkan umatnya untuk menampakkan wajah berseri-seri saat berhadapan dengan orang lain. Hal ini juga berlaku ketika Sobat menyampaikan pesan dan kesan di hadapan orang banyak.

Nabi Muhammad SAW bersabda:

 “Janganlah meremehkan kebaikan sedikit pun walau hanya berbicara kepada saudaramu dengan wajah yang tersenyum kepadanya. Amalan tersebut adalah bagian dari kebajikan.” (HR. Abu Daud no. 4084 dan Tirmidzi no. 2722.

3.       Berjabat Tangan

Terakhir Sobat juga bisa berjabat tangan kepada kakak kelas yang sudah membimbing selama MPLS. Berjabat tangan merupakan salah satu cara menyatakan perasaan hormat serta persahabatan kepada orang lain.

pesan dan kesan MPLS

Terlebih Nabi Muhammad SAW bersabda:

 “Tidaklah dua orang muslim yang saling bertemu, kemudian saling berjabat tangan kecuali keduanya akan diampuni (dosa) sebelum mereka berpisah” [HR. Ibnu Majah, No: 3693].

Sobat Cahaya Islam, itulah beberapa adab pesan dan kesan MPLS yang bisa Sobat berikan kepada kakak kelas atau pihak sekolah. Dengan begitu, akan terjalin hubungan baik di dalam sekolah kelak.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY