PeduliLindungi Ajarkan Masyarakat Indonesia untuk Terus Berikhtiar dengan Corona

0
82

PeduliLindungi – Awal tahun 2021 menjadi awal pemerintah Indonesia untuk meluncurkan aplikasi maupun web PeduliLindungi. Aplikasi ini dapat diunduh di Google store maupun App store. Hal tersebut juga dikaitkan dengan penekanan kurva positif Covid di Indonesia agar tidak terus naik. Dengan adanya aplikasi ini juga kita diharapkan terus Berikhtiar.

Selain membantu menekan angka penyebaran Covid-19 melalui pelacakan lokasi masyarakat, PeduliLindungi juga dapat mengecek siapa saja masyarakat yang akan menerima vaksin. Vaksinasi di Indonesia rencananya akan dimulai bulan Januari ini. Vaksinasi untuk membantu menekan pertumbuhan virus dan menjaga imun tubuh akan diberikan diawal bagi tenaga kesehatan dan pelayanan publik.

Sejak vaksin asal Cina tersebut tiba di Indonesia pada Minggu (6/12/20), masyarakat cukup antusias meski diwarnai dengan pro dan kontra terkait kekebalan tubuh saat vaksin diterima. Meski diwarnai pro-kontra, tetapi kita semua berharap agar pengembangan aplikasi PeduliLindungi dapat menurunkan angka positif Corona khususnya di Indonesia.

Pandemi Corona sudah menyebar selama setahun dan telah memakan banyak korban jiwa. Penanganan virus ini sendiri juga sudah diupayakan mulai dari lockdown di beberapa daerah, pembatasan akses ke beberapa tempat, juga gerakan 3M yang perlu diperhatikan lagi. Panduan protokol kesehatan dari pemerintah hendaknya ditaati oleh masyarakat di Indonesia. Namun, nampaknya masih ada yang mengabaikan hal ini.

PeduliLindungi dan Upaya Ikhtiar dan Tawakal Pemerintah Atasi Covid di Indonesia

Upaya penanganan pandemi Covid-19 sudah dilakukan dengan berbagai cara oleh pemerintah. Lockdown, gerakan 3M, dan sejenisnya nampak masih belum bisa membuat kurva kasus Corona di Indonesia turun. Rumah Sakit sudah mulai kolaps dengan membeludaknya pasien Corona.

Salah satu ikhtiar lain dari pemerintah adalah mengembangkan aplikasi PeduliLindungi. Dengan dikembangkannya aplikasi tersebut Sobat Cahaya Islam dapat mengetahui bagaimana proses Vaksinasi, siapa penerimanya, dan pelacakan terkait orang-orang yang telah positif Corona.

1.     Ikhtiar

Ikhtiar dapat diartikan sebagai sikap atas usaha. Misalnya dalam kasus ini, pemerintah berikhtiar melalui pengembangan aplikasi PeduliLindungi agar persebaran virus Corona bisa ditelusuri secara cepat dan tepat. Ikhtiar dalam Islam juga diartikan sebagai usaha atas suatu hal yang hasil akhirnya bermuara pada sikap tawakal kepada Allah SWT.

Ikhtiar juga dapat diartikan sebagai proses untuk menjumpai takdir Allah. Meski sebelum manusia ada Allah telah menggariskan kehidupan di dunia seperti dalam Lauh Mahfudz. Namun, bukan berarti hidup harus terus pasrah dengan menerima apa yang ada. Istilah jawa yang bisa disebut adalah “Nerimo Ing Pandum”.

2.     Tawakal

Berbeda dengan ikhtiar, tawakal dimaksudkan dengan sikap berserah diri kepada Allah SWT. Segala hal yang terjadi sudah diserahkan urusannya hanya kepada Allah. Jika ikhtiar didasarkan atas perbuatan atau sikap dan tindakan, maka tawakal didasarkan atas perbuatan hati.

Sama seperti seorang pencari ilmu yang berikhtiar (usaha) menjaga ilmunya dengan menulisnya di buku. Dengan harapan kelak ketika ujian ia dapat mempelajarinya kembali dan tidak kehilangan ilmu tersebut. Saat ujian tiba ia pun bertawakal (menyerahkan urusannya kepada Allah) setelah sebelumnya mengikat ilmu dan mempelajarinya.

Dalam Al-Quran dijelaskan sebagai berikut:

“Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya” (QS. Ali-Imron: 159)

Nah, dari sini kita pahami bersama bahwa aplikasi PeduliLindungi dapat membantu kita mengenal sikap ikhtiar dan tawakal. Wallahu a’lam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY