Pahami Niat Sholat Tahajud dan Segala Keutamaannya

0
19

Niat Sholat Tahajud – Tahukah Sobat Cahaya Islam bagaimana niat Sholat Tahajud? Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana niat yang benar dalam Sholat Tahajud, berapa jumlah rakaat, bagaimana pelaksanannya, apa saja keutamaannya, serta doa Sholat Tahajud yang cukup panjang tersebut.

Pernahkah Sobat Cahaya Islam melaksanakan sholat ini? Sebagian ulama mengatakan bahwa Sholat Tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan di malam hari. Sebagian lainnya mengatakan bahwa sholat ini dikerjakan pada sepertiga malam dan dianjurkan untuk tidur terlebih dahulu. Bahkan, niat dan doanya juga berbeda dengan sholat sunnah lainnya.

Sholat Tahajud juga memiliki banyak keutamaan karena sholat ini cukup berat untuk dikerjakan apalagi secara istiqomah. Pada sepertiga malam yang sepi saat hampir semua manusia terlelap dalam tidur, orang-orang yang mengerjakan Sholat Tahajud akan mendapatkan kemuliaan dari Allah SWT karena bermunajat kepadaNya pada dini hari.

Secara umum, Sholat Tahajud hukumnya sunnah. Saat seseorang telah memiliki niat Sholat Tahajud maka malaikat telah mencatat satu pahala untuknya. Namun, ternyata ia tidak terbangun saat jam Sholat Tahajud tiba hingga datang waktu subuh. Maka satu pahala yang sudah dicatat oleh malaikat tadi tidak akan dicabut lagi.

Namun, bukan berarti kita selalu niat Sholat Tahajud tetapi tidak terbangun, ya! Perintah Sholat Tahajud ini juga tertuang dalam firman Allah SWT, simak berikut ini:

“Dan pada sebagian malam hari bertahajud lah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra’ Ayat 79)

Niat Sholat Tahajud dan Tata Caranya

Sobat Cahaya Islam sudah tahu bukan apa itu Sholat Tahajud dan sekilas tentang Sholat Tahajud? Berikutnya kita akan memperjelas lagi pembahasan mengenai niat Sholat Tahajud. Untuk menjawab pertanyaan Sobat Cahaya Islam, simak penjelasan di bawah ini:

1.     Tata Cara Sholat Tahajud

Sebelum melaksanakan Sholat Tahajud tentu kita harus mengetahui niatnya terlebih dahulu. Karena ketika niatnya saja sudah salah, maka hasil ke belakang tidak berarti apa-apa. Simak niat Sholat Tahajud berikut:

لِلهِ تَعَالَى رَكْعَتَيْنِ التَهَجُّدِ سُنَّةَ أُصَلِّيْ

Ushalli sunnatat tahajjudi rak‘ataini lillāhi ta‘ālā.

2.     Jumlah Rakaat Sholat Tahajud

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, Sholat Tahajud dilaksanakan dalam 2 rakaat dan sekali salam. Jumlah 2 rakaat ini adalah jumlah rakaat minimal dalam Sholat Tahajud. Menurut riwayat Aisyah Radiyallahu anhu bahwa Rasulullah SAW melaksanakan sholat sunnah di malam hari sebanyak 11 atau 13 rakaat. Hal ini berdasarkan pada hadist berikut:

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menunaikan shalat malam sebanyak 13 raka’at.” [HR. Bukhari no. 1138 dan Muslim no. 764].

Sebagian ulama lain menyatakan bahwa tidak ada batasan maksimal jumlah rakaat Sholat Tahajud. Hal ini didasarkan pada hadist berikut:

“Shalat malam itu dua raka’at-dua raka’at. Jika salah seorang di antara kalian takut masuk waktu shubuh, maka kerjakanlah satu raka’at. Dengan itu berarti kalian menutup shalat tadi dengan witir.” [HR. Bukhari no. 990 dan Muslim no. 749].

3.     Keutamaan Sholat Tahajud

Saat seorang muslim dapat melaksanakan Sholat Tahajud secara istiqomah, maka Allah akan menjamin kemuliaan baginya. Selain itu, doa-doa yang kita panjatkan insyaAllah segera dikabulkan dan dilancarkan oleh Allah SWT. Sholat Tahajud sudah pasti sholat malam. Namun, tidak semua sholat yang dilakukan pada malam hari adalah Sholat Tahajud.

Simak doa Sholat Tahajud berikut ini:

اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ،اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ

Nah, bagaimana Sobat Cahaya Islam? Sudah mengerti bukan bagaimana niat Sholat Tahajud dan penjelasan lainnya mengenai Sholat Tahajud. Semoga kita dapat menjadi hamba yang istiqomah dalam menjalankan ibadah sunnah dengan pahala kemuliaan ini. Wallahu a’lam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY