My ID is Gangnam Beauty Menceritakan Tentang Operasi Plastik, Bagaimana Hukumnya dalam Islam?

0
278
My ID is Gangnam Beauty

My ID is Gangnam Beauty – Ada banyak judul drama Korea yang menceritakan tentang proses operasi plastik. Salah satu drakor tentang operasi plastik yang mencuri perhatian yaitu My ID is Gangnam Beauty.

Tak heran jika drakor tersebut sering disaksikan oleh penggemar drama Korea di seluruh dunia termasuk Indonesia. Apalagi pemain drama Korea ini merupakan idola bagi anak muda di Indonesia.

Synopsis Drama Korea My ID is Gangnam Beauty

Meskipun termasuk dalam drama Korea yang sudah pernah tayang, kepopuleran My ID is Gangnam Beauty tampaknya belum surut.

Terbukti, salah satu stasiun TV Indonesia kembali menayangkan drama Korea tersebut. Banyak orang yang tertarik menontonnya karena jalan ceritanya cukup menarik.

My ID is Gangnam Beauty

Sebagai informasi, drakor tersebut bercerita tentang sosok bernama Kang Mi Rae yang memiliki sifat pemalu. Hal ini terjadi karena penampilannya yang kurang menarik bahkan dia sampai menjadi korban intimidasi dalam sekolah.

Namun Kang Mi Rae kemudian berubah menjadi wanita cantik lantaran sudah menjalani prosedur operasi plastik. Kendati demikian, kepribadiannya masih sama yaitu pemalu.

Di perguruan tinggi tempat Kang Mi Rae belajar, ia mendapat julukan sebagai Gangnam Beauty. Hal ini merujuk pada tindakan operasi plastik yang sudah dia lakukan dan membuatnya mirip seperti wanita di kawasan Gangnam yang terkenal sangat cantik.

Prosedur Operasi Plastik

Menilik dari drama Korea My ID is Gangnam Beauty, cerita drakor tersebut berfokus pada penampilan seseorang yang berubah berkat operasi plastik.

Perlu Sobat Cahaya Islam ketahui, umumnya operasi plastik bertujuan untuk memperbaiki ataupun merekonstruksi jaringan otot, kulit, dan jaringan tubuh yang rusak karena luka, cedera, maupun penyakit tertentu.

Dengan begitu, operasi plastik bisa mengembalikan fungsi kulit dan jaringan agar bisa berfungsi normal kembali. Namun, saat ini sudah banyak praktik operasi plastik yang bertujuan untuk kecantikan.

Di mana operasi tersebut bertujuan agar wajah maupun tubuh seseorang menjadi terlihat menarik seperti di drama Korea My ID Gangnam Beauty. Lantas apakah hal seperti ini boleh dalam islam?

Hukum Operasi Plastik Dalam Islam

Di agama Islam sendiri ada beberapa hukum dari prosedur operasi plastik. Jika Sobat Cahaya Islam hendak melakukannya penting untuk memperhatikan hukum operasi plastik menurut islam di bawah ini:

1.       Operasi Plastik Haram Kalau untuk Mempercantik Diri

Sebenarnya, operasi plastik sama seperti mengubah bentuk ciptaan asli dari Allah SWT. Hal ini jelas haram hukumnya untuk dilakukan.

Hal tersebut tertuang dalam QS Allah SWT An Nisa ayat 119 yang berbunyi:

 وَّلَاُضِلَّنَّهُمْ وَلَاُمَنِّيَنَّهُمْ وَلَاٰمُرَنَّهُمْ فَلَيُبَتِّكُنَّ اٰذَانَ الْاَنْعَامِ وَلَاٰمُرَنَّهُمْ فَلَيُغَيِّرُنَّ خَلْقَ اللّٰهِ ۚ وَمَنْ يَّتَّخِذِ الشَّيْطٰنَ وَلِيًّا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ فَقَدْ خَسِرَ خُسْرَانًا مُّبِيْنًا

119. dan pasti kusesatkan mereka, dan akan kubangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan akan kusuruh mereka memotong telinga-telinga binatang ternak, (lalu mereka benar-benar memotongnya), dan akan aku suruh mereka mengubah ciptaan Allah, (lalu mereka benar-benar mengubahnya).” Barangsiapa menjadikan setan sebagai pelindung selain Allah, maka sungguh, dia menderita kerugian yang nyata.

Oleh karena itulah, operasi plastik haram apabila mengubah bagian tubuh permanen dan tidak didasari alasan benar. Di mana alasannya sekedar memperindah wajah maupun mempercantik bagian tubuh.

2.       Operasi Plastik Boleh Dalam Kondisi Darurat

Namun islam memperbolehkan operasi plastik kalau terdapat kondisi darurat. Tindakan ini boleh untuk mereka yang sangat memerlukannya atau tengah dalam kondisi terdesak lantaran mengalami kerusakan, kecacatan, sehingga menyebabkan rasa sakit dan gangguan pada fungsi kerja organ tubuhnya.

My ID is Gangnam Beauty

Hal ini tertuang dalam HR. An Nasai 5161, Abu Daud 4232 yang berbunyi:

 أَنَّهُ أُصِيبَ أَنْفُهُ يَوْمَ الْكُلَابِ فِي الْجَاهِلِيَّةِ، فَاتَّخَذَ أَنْفًا مِنْ وَرِقٍ فَأَنْتَنَ عَلَيْهِ فَأَمَرَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يَتَّخِذَ أَنْفًا مِنْ ذَهَبٍ

“Hidungnya terkena senjata pada peristiwa perang Al-Kulab di zaman jahiliyah. Kemudian beliau tambal dengan perak, namun hidungnya malah membusuk. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkannya untuk menggunakan tambal hidung dari emas.”

Oleh sebab itu, Anda perlu bijak dalam melakukan prosedur operasi plastik seperti dalam drakor My ID is Gangnam Beauty.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY