Time jumps so high. Rasanya baru kemarin saja kita melalui Bulan Ramadhan dan berhari raya, tiba-tiba tahun ini kita sudah kembali kedatangan tamu agung. Bulan Ramadhan. Bulan yang sangat spesial yang ditunggu oleh kebanyakan umat Islam di seluruh dunia. Bulan Ramadhan adalah bulan dimana semua kebaikan akan dilipatkan oleh Allah SWT. Menyambut Bulan Ramadhan haruslah dengan hati penuh suka cita, namun harus pula berhati-hati karena disamping Allah melipatkan pahala, juga akan melipatkan dosa.

Sebagai umat islam yang taat, haruslah kita menyambut Bulan Ramadhan dengan cara yang baik. Menyiapkan hati dengan niat karena Allah, mempersiapkan alat ibadahnya, Al-qur’annya. Jangan sertakan amalan bid’ah dan syirik yang akan mengotori Bulan yang suci ini, contohnya padusan. Tidak ada ayat atau dalil satu pun yang memerintahkan kita untuk mandi dilaut ketika bulan Ramadhan akan tiba.

Dalam rangka menyambut Bulan Ramadhan, tim cahayaislam akan berbagi tips dan trik agar ketika Bulan Ramadhan tabungan pahala kita akan menghasilkan bunga yang berlipat-lipat dari Allah SWT. Bunga disini sudah dipastikan tidak riba, karena Allah akan memberikan bunga dalam bentuk pahala. Berikut ini adalah 5 hal yang harus kita sukseskan selama Bulan Ramadhan. Apa saja itu?

  1. Berpuasa Satu Bulan Penuh Tanpa Putus Kecuali Jika Ada Udzur

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (Q.S Al-Baqoroh : 183)

Ayat diatas adalah ayat yang diturunkan oleh Allah bagi orang-orang yang beriman untuk melaksanakan puasa. Waktu puasa yang diperintahkan Allah ketika zaman Rasul berbeda dengan saat ini. Jika pada zaman Rosululloh puasa dimulai dari malam hari sampai terbenam matahari, Maka kita diperintahkan oleh Allah untuk puasa hanya saat fajar sampai terbenam matahari. Bukankah kita sudah sangat diringankan oleh Allah? Apalagi waktu yang kita jalani sekarang semakin terasa singkat, terlebih kalau kita gunakan untuk berbagai aktivitas.
Adakah dari sobat cahayaislam yang puasa nya masih bolong-bolong walaupun tidak ada udzur? Udzur disini bisa karena sakit atau berpergian jauh. Puasa Ramadhan yang ditinggalkan atau dibatalkan dengan sengaja maka tidak akan bisa diganti. Meskipun digantikan dengan puasa satu tahun penuh, maka tidak akan mencukupinya. Puasa di Bulan Ramadhan hukumnya wajib dan apabila tidak ditunaikan maka akan mendapatkan lipatan dosa dari Allah. Mau???

  1. Khatamkan 30 Juz Al-Qur’an setidaknya satu kali dalam Bulan Ramadhan

Bila dihari selain Ramadhan Allah memberikan pahala bagi seorang yang membaca Al-qur’an sebanyak 10kebaikan dalam satu huruf, maka di Bulan Ramadhan Allah melipatkannya menjadi 10, 20 sampai lipatan yang tak terhingga. Maka di Bulan Ramadhan ini perbanyaklah membaca Al-qur’an. Tetapkan target “paling tidak saya harus hatam satu kali dalam Bulan Ramadhan”.

Pernahkan sobat cahayaislam menghitung jumlah huruf dalam Al-qur’an. Pasti banyak sekali kan dan masih dikalikan dengan 10.Wahh angka yang sangat besar tentunya.

Bila diantara sobat cahayaislam ada yang belum lancar dalam membaca al-qur’an jangan putus asa. Ikutilah tadarus al-qur’an di masjid yang sering kali diadakan selepas sholat tarawih. Pahala bagi seorang yang mendengarkan al-qur’an dengan khidmat hukumnya sama dengan membacanya. Dan barang siapa yang mendengarkan ketika Al-qur’an dibacakan, Allah akan memberikan rahmatNya. Hal ini tercantum dalam Surat Al-A’rof ayat 204, yang berbunyi

وَإِذَا قُرِئَ الْقُرْآنُ فَاسْتَمِعُوا لَهُ وَأَنْصِتُوا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

“dan apabila dibacakan Al Quran, Maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat.”

  1. Tertib Sholat Tarawihnya

 Sholat tarawih adalah sholat sunnah yang istimewa yang hanya dilaksanakan ketika Bulan Ramadhan. Fenomena yang sering dijumpai adalah ketika 10 hari awal Bulan Ramadhan banyak jama’ah yang datang ke masjid untuk menunaikan sholat tarawih berjama’ah. Begitu menginjak hari ke-11, 12, 20, 25 dan seterusnya jumlah nya selalu saja berkurang. Undangan buka bersama disana-sini jangan sampai membuat kita lalai dalam melaksanakan sholat tarawihnya. Yuuk.. sobat cahayaislam kita usahakan agar tetap istiqomah untuk sholat tarawihnya, agar kita dapat meraih kesuksesan dalam Bulan Ramadhan.

Memang sholat tarawih yang dilaksanakan sendiri hukumnya itu boleh, namun tidakkan akan terasa lebih syahdu bila kita laksanakan bersama di masjid??? Oh ya dalam artikel selanjutnya, Inshaa Allah akan dibahas hukum sholat tarawih yang dikerjakan sendiri. Ditunggu yaa,,

  1. Usahakan raih Malam Lailatul Qodar

 Disamping sholat sunnah yang istimewa, ada juga malam yang istimewa di Bulan Ramadhan. Yaa… Malam Lailatul Qodar, sebuah malam yang dikatakan lebih baik dari pada 1000 bulan. Hal ini tercantum dalam surat Al-Qodar yang bunyinya..

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (1) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (2) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ(4) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (5)

  1. Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan.
  2. dan tahukah kamu Apakah malam kemuliaan itu?
  3. malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.
  4. pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.
  5. malam itu (penuh) Kesejahteraan sampai terbit fajar.

Tidak ada seorangpun yang tahu kapan turunnya malam Lailatul Qodar ini, namun satu hal yang pasti Allah SWT akan menurunkan malam Lailatul Qodar di malam ganjil 10 hari terakhir Bulan Ramadhan. Dan Allah itu Maha Baik, Allah akan memberikan tanda-tandanya. Nah.. Apa saja tanda-tanda turunnya malam Lailatul Qodar? Inshaa Allah tim cahayaislam juga akan membahasnya dalam artikel selanjutnya.

Bayangkan jika kita bisa mendapatkan malam Lailatul Qodar, berapa besar pahala yang akan kita terima. Semisal kita sedang melaksanakan sholat tahajud ketika malam lalatul Qodar turun, maka Allah akan menghitung sholat kita selama 1000 bulan. Padahal belum tentu juga kita hidup selama 1000 tahun kan? Ayo sobat cahaya islam kita usahakan untuk meraih malam lailatul Qodar ya….

  1. Jangan lupa tunaikan Zakat Fitrah nya

Selain dua keistimewan Bulan Ramadhan yang telah dipaparkan di poin sebelumnya, ada keistimewaan lain  yaitu zakat fitrah. Zakat fitrah ini hukumnya wajib ditunaikan ketika Bulan Ramadhan. Bahkan bayi yang dilahirkan satu hari sebelum hari raya Idhul Fitri pun juga wajib dizakati. Zakat Fitrah diwujudkan dalam bentuk bahan makanan pokok. Jika di Indonesia wujudnya beras sebanyak 1 sha’ atau kurang lebih 2,7 kg per individu. Dari Hadist yang diriwayatkan dalam Sunan Abu Daud dan Ibnu Majah Rasul mensabdakan bahwa zakat fitrah wajib diberikan kepada yang berhak menerima sebelum Hari Raya jika diberikan setelah hari raya maka hukumnya adalah sedekah biasa. Zakat fitrah juga berfungsi untuk mensucikan harta kita sehingga apapun nantinya yang kita makan, kita pakai, dan kita gunakan Inshaa Allah akan berkah bagi kita. Sobat cahayaislam jangan lupa ya membayar zakat!

Itu tadi amalan yang harus kita persiapkan dalam menyambut Bulan Ramadhan. Masih banyak cara menyambut Bulan Ramadhan yang sesuai anjuran Rasul yang bisa Sobat cahayaislam laksanakan. Nah, marilah kita sama-sama manfaatkan Bulan Ramadhan untuk meraih pahala yang sebanyak-banyaknya. Belum tentukan kita bisa menjumpai Ramadhan lagi di tahun yang akan datang, Jangan menyia-nyiakan waktu, karena waktu yang telah terlewati tidak akan pernah kembali. Dan usahakan kita tetap bisa istiqomah setelah Ramadhan ini berakhir ya Sobat Cahayaislam.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!