3 Cara Menunjukkan Rasa Syukur, Mulai dari Hal-hal Kecil

0
467
menunjukkan rasa syukur

Menunjukkan Rasa Syukur – Bersyukur merupakan suatu hal yang perlu kita lakukan. Lalu bagaimana cara menunjukkan rasa syukur?

Ya, menjalani hidup yang lebih bahagia berawal dari mensyukuri apa yang sudah kita miliki. Kita harus mensyukuri setiap hari karena itu bisa dengan mudah diambil dari kita kapan saja. Dan meski pada akhirnya rasa syukur itu bermanfaat bagi kita.

Salah satu hal yang Allah SWT  minta dari kita adalah itu. Kita menjadi lebih mudah menerima nikmat dariNya ketika kita mengucap syukur.

3 Cara Menunjukkan Rasa Syukur, Mulai dari Hal-hal Kecil

Secara alami, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah, di antaranya sebagai berikut:

1.   Mengakui Nikmat Allah dengan Berdoa

Sebagai manusia, sudah menjadi kewajiban kita untuk mengucap syukur kepada Allah atas segala sesuatu yang telah Dia berikan kepada kita.

menunjukkan rasa syukur

Menurut sebagian orang, ada tiga tingkatan rasa syukur dalam Islam: pertama, benar-benar mengucapkan terima kasih dengan bahasa,

Kedua, menyadari dan mensyukuri segala sesuatunya.

Ketiga, mengungkapkan rasa syukur dengan melakukan perbuatan baik dan memberi orang lain sesuatu untuk disyukuri.

Lalu jangan lupa pula untuk sering mengucapkan terima kasih atas nikmat pemberianNya kepada kita. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya,

Maka tentu saja, hal tersebut dapat dilakukan oleh siapa saja, sebagaimana setiap orang. Bukan hanya Muslim, siapa pun dapat berdoa dengan caranya sendiri.

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

Artinya: Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (QS. Ibrahim:7)

2.   Melakukan Perbuatan Baik Tanpa Harapan

Tingkat terakhir dari rasa syukur dalam Islam dikatakan melakukan perbuatan amal.

Setiap agama memiliki penekanan kuat untuk melakukan perbuatan baik dan keyakinan bahwa kita harus memperlakukan orang lain dengan hormat. Pastinya dengan tidak peduli siapa mereka.

Ketika kita melakukan perbuatan baik, kita menerima hasana, atau pahala, dan kita menunjukkan kepada Tuhan bahwa kita puas dengan apa yang kita miliki karena kita bersedia membantu orang lain daripada diri kita sendiri.

Terpenting, kita pun bersyukur tanpa adanya keinginan supaya mendapatkan imbalan.

3.   Menjalani Hidup Sepenuhnya

Salah satu cara terakhir untuk mengungkapkan rasa syukur sebagai seorang Muslim adalah menjalani hidup dengan semaksimal mungkin.

Sama dengan yang telah diuraikan di atas, hidup kita bisa ditempuh dalam sepersekian detik. Dalam artian, tidak ada waktu untuk menunggu jika ada adalah sesuatu yang ingin kita lakukan.

menunjukkan rasa syukur

Meskipun kita diizinkan untuk bersabar dengan diri kita sendiri, kita harus mengakui bahwa tidak ada hari yang dijanjikan di masa depan. Kita secara efektif menyia-nyiakan kehidupan mulia yang telah Allah SWT berikan kepada kita dengan mendorong segalanya hingga batasnya nanti telah tiba.

Kita secara tidak langsung mengatakan kepadaNya, bahwa apa yang kita miliki tidak cukup baik untuk dikerjakan atau dilibatkan. Terlebih lagi dengan tidak memanfaatkan semua peluang dan sumber daya yang tersedia bagi kita sebaik mungkin.

Kita perlu terus mengingatkan diri sendiri bahwa memiliki lebih dari yang dimiliki orang lain.  Juga, terlepas dari keinginan, apa yang kita miliki sekarang sudah cukup untuk digunakan. Karena, seperti halnya hidup kita ini, Allah memiliki kuasa untuk mengambil kapanpun dari kita ketika berkehendak.

اَللّٰهُ الَّذِيْ سَخَّرَ لَكُمُ الْبَحْرَ لِتَجْرِيَ الْفُلْكُ فِيْهِ بِاَمْرِهٖ وَلِتَبْتَغُوْا مِنْ فَضْلِهٖ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَۚ ۞

Artinya: Allah-lah yang menundukkan laut untukmu agar kapal-kapal dapat berlayar di atasnya dengan perintah-Nya, dan agar kamu dapat mencari sebagian karunia-Nya dan agar kamu bersyukur. (QS. Al Jasiyah:12)

Nah, Sobat Cahaya Islam, demikian di atas merupakan ulasan mengenai cara menunjukkan rasa syukur menurut syariat Islam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY