Memutus Tali Silaturahmi? Ini Bahaya Yang Perlu Kaum Muslimin Ketahui

0
88
Memutus Tali Silaturahmi dan Bahaya Yang Umat Muslim Perlu Ketahui

Memutus tali silaturahmi – Dalam kehidupan, manusia dilahirkan sebagai makhluk sosial. Sehingga tidak ada satupun manusia yang bisa hidup sendiri. Oleh karena itu, hubungan dengan orang lain sangatlah penting. Silaturahmi merupakan salah satu istilah dalam agama mengenai bentuk hubungan atau interaksi antara yang satu dengan yang lainnya. Sebagai manusia yang tidak bisa hidup sendiri, kita harus bisa melakukan interaksi dan menjalin hubungan baik dengan orang lain. Sehingga akhirnya memiliki rekan atau teman.

Memutus Tali Silaturahmi dan Bahayanya Menurut Islam

Dalam agama islam, silaturahmi adalah perkara penting. Hal ini dikarenakan ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari menjaga silaturahmi baik dengan orang lain. Bahkan ini merupakan salah satu yang diperintahkan oleh Rasulullah. Dimana tali silaturahmi haruslah dijaga. Hanya saja, di era yang semakin maju dengan pemikiran orang yang juga semakin berubah. Banyak orang justru berselisih, bermusuhan dan memutus tali silaturahmi. Tahukah bahayanya memutus tali silaturahmi?

Memutus Tali Silaturahmi dan Bahayanya Menurut Islam, Ini Perlu Anda Ketahui

Memutus Tali Silaturahmi Menurut Hukum Agama Islam

Memutus tali silaturahmi banyak terjadi saat ini. Terbukti oleh banyaknya permusuhan dan perselisihan yang terjadi di sekitar kita. Dalam agama islam, menjaga tali silaturahmi adalah salah satu perintah Allah SWT. Itu sebabnya, permusuhan atau perselisihan tidak dibenarkan dalam ajaran islam. Bahkan kita pun diperintahkan untuk bersikap baik terhadap orang lain, meskipun orang lain tidak bersikap baik. Itulah pentingnya silaturahmi dalam pandangan islam.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ ۚ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.(1)

Dalam ayat ini disebutkan bahwa kita diperintahkan untuk memelihara hubungan silaturahmi. Itu berarti, dalam agama islam sangat penting untuk menjaga hubungan dengan orang lain. Lalu bagaimana jika seseorang memutuskan tali silaturahmi?

Mendapat Laknat Allah Bagi Pemutus Tali Silaturahmi

Memutus Tali Silaturahmi dan Bahaya Yang Umat Muslim Perlu Ketahui

Bahaya dari memutuskan tali silaturahmi adalah mendapat laknat dari Allah. Seperti yang kita tahu bahwa Allah menganjurkan kita untuk menjaga tali persaudaraan. Maka jika kita justru memutuskan hubungan dengan orang lain. Jelas saja ini tidak disukai oleh Allah SWT.

فَهَلْ عَسَيْتُمْ إِنْ تَوَلَّيْتُمْ أَنْ تُفْسِدُوا فِي الْأَرْضِ وَتُقَطِّعُوا أَرْحَامَكُمْ أُولَٰئِكَ الَّذِينَ لَعَنَهُمُ اللَّهُ فَأَصَمَّهُمْ وَأَعْمَىٰ أَبْصَارَهُمْ

Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan membuat kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan? Mereka itulah orang-orang yang dilaknati Allah dan ditulikan-Nya telinga mereka dan dibutakan-Nya penglihatan mereka. (2)

Menjadi Sebab Tidak Terkabulnya Doa

Mengapa memutuskan tali silaturahmi dapat menjadi sebab tidak terkabulnya doa? Hal ini dikarenakan tali silaturahmi akan membantu terkabulnya doa dengan cepat. Semakin banyak orang mendoakan hal baik untuk kita, maka semakin cepat Allah mengabulkan apa-apa yang menjadi doa kita. Namun jika yang kita bangun justru perselisihan dan permusuhan, maka ini bisa saja menjadi bumerang bagi kita.

Memutus Kebaikan dan Jauh Dari Rahmat Allah

Bahaya dari memutuskan tali silaturahmi adalah memutus kebaikan dan juga jauh dari rahmat Allah. Menjalin hubungan yang baik dengan orang lain tentu akan mendatangkan banyak kebaikan. Itu sebabnya, pentingnya menjaga tali silaturahmi. Namun dengan memutuskan tali silaturahmi dengan orang lain, itu berarti kita sedang memutus kebaikan.

Memutus tali silaturahmi – merupakan hal yang tidak dianjurkan. Dengan mengetahui apa saja bahaya dari memutuskan persaudaraan dengan orang lain. Maka sebagai umat muslim, kita tentu harus lebih berhati-hati dalam menjaga hubungan dengan sesama. Sobat cahaya islam, menjaga tali silaturahmi sangatlah penting dalam agama islam. Karena darinya, banyak keberkahan dan kebaikan yang bisa kita dapat.


Catatan Kaki:

(1) – Surat An-Nisa Ayat 1

(2) – Surat Muhammad Ayat 22-23

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!