Melahirkan Sikap Optimis, Lakukan Ini Sesuai Ajaran Islam

0
103
Melahirkan Sikap Optimis 2

Melahirkan Sikap Optimis – Sikap optimis merupakan sikap yang perlu untuk dimiliki setiap orang agar dapat menghadapi kehidupan dengan lebih berani. Sikap optimis ini menandakan bahwasanya kita selalu berpikir positif dan juga percaya terhadap potensi diri. Itu sebabnya, dalam islam pun Allah menganjurkan untuk kaum muslimin juga menerapkan sikap ini dalam kehidupan.

Banyak hal yang terjadi dalam hidup, mulai dari kesenangan hingga kesusahan. Ini dapat melahirkan sifat yang tertentangan dengan optimisme, yaitu sikap pesimis. Tentu saja pesimis bukanlah sikap yang baik untuk kita biarkan ada dalam diri. Sehingga ini bisa berdampak pada keimanan kita kepada Allah SWT karena adanya perasaan tidak yakin, tidak percaya dan juga memikirkan hal-hal buruk dibandingkan hal-hal baik.

Melahirkan Sikap Optimis 1

Melahirkan Sikap Optimis, Lakukan Beberapa Hal Ini

Melahirkan sikap optimis bukanlah hal yang mudah. Terlebih kita melewati banyak hal dalam hidup sehingga seringkali ini membentuk mental yang bertentangan dengan sikap optimis. Hanya saja, sebagai seorang muslim yang mana kehidupan telah Allah atur dengan sebaik-baiknya. Maka kita juga sudah sepatutnya untuk berprasangka baik dan yakin kepada jalan hidup yang kita lalui.

۞ قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Dalam ayat ini berisi tentang anjuran Allah SWT untuk tidak berputus asa dari rahmat-Nya. Itu artinya, Allah menginginkan kaum muslimin untuk bersikap optimis dan tidak meragukan apa yang Allah tetapkan. Namun, ini tampak tidak mudah tentunya. Lalu bagaimana untuk melahirkan sikap yang optimis menurut islam?

Melahirkan Sikap Optimis 3

Berpikir Positif

Salah satu kunci untuk dapat menjadi pribadi yang optimis adalah dengan membentuk cara berpikir yang positif. Segala sesuatu yang negatif harus diubah untuk menjadi positif. Sehingga ini membuat kita dapat memetik hal-hal baik dari apa yang terjadi. Dengan begitu, kita selalu percaya bahwa hal-hal yang tidak baik pun akan memberikan hikmah baik juga.

Selalu Bersyukur

Tahukah sobat CahayaIslam, apa yang menjadikan seorang muslim selalu merasa cukup dan juga melihat segala sesuatu dari sisi positif? tentu saja ketika kita selalu bersyukur dengan apa yang Allah berikan dan tetapkan. Baik itu yang berkaitan dengan materi atau rezeki, maupun peristiwa yang terjadi dalam hidup kita. Dengan begitu, kita bisa memiliki mental yang optimis.

Berserah dan Berdoa Kepada Allah

Salah satu yang perlu kita tanamkan untuk menjadi pribadi yang optimis adalah senantiasa berserah dan berdoa kepada Allah SWT. Jika kita menyerahkan segala sesuatu kepada Allah SWT, itu artinya kita akan jauh dari keputusasaan dan tentu saja lebih optimis menghadapi segala sesuatu.

Melahirkan Sikap Optimis – Ada beberapa hal yang dapat membantu kita untuk menjadi seorang muslim yang berpikir dan bersikap optimis. Dengan begitu, kita akan kita akan mampu menghadapi tantangan maupun ujian yang terjadi dalam hidup. Semoga kita termasuk golongan orang yang selalu mendapatkan rahmat-Nya ya sobat CahayaIslam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Az-Zumar Ayat 53

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY