Medina Zein Akan Beri Rumah Gratis, Pentingnya Umat Islam untuk Saling Memberikan Hadiah

0
970
Medina Zein

Medina Zein – Beberapa hari ini, nama Medina Zein kembali muncul lagi di publik bahkan tersebar di beberapa situs penelusuran.

Kali ini, bukan terkait kasus jual beli barangnya namun karena niatan baik Medina yang ingin memberikan rumah senilai 3 milyar kepada Gala, anak almarhum Bibi dan Almarhumah Vanessa.

Sobat Cahaya Islam, niatan yang Medina Zein miliki tentu saja mengundang beberapa penilaian yang berbeda.

Ada sebagian umat yang mengira bahwa Medina hanya numpang tenar saja. Sedangkan ada juga yang mengira bahwa niat Medina sangatlah baik.

Bagaimana Umat Menanggapi Kejadian yang Medina Zein Alami?

Sobat Cahaya Islam, apa yang Medina Zein niatkan untuk Gala sudah seharusnya mendapat tanggapan yang positif terlepas dari tulus atau tidak niatan tersebut.

Sebab, umat Islam tidak memiliki ranah untuk menilai niatan seseorang.

Islam sendiri juga mengajarkan sunnah terkait umat yang saling memberikan hadiah. Jika dinalar saja, maka tujuan dari aktivitas tersebut yakni untuk memunculkan kebahagiaan bagi umat.

Urgensitas Memberikan Hadiah Kepada Sesama

Sobat, kendati saling memberikan hadiah bukanlah termasuk kewajiban yang Allah perintahkan, namun aktivitas sunnah tersebut sangatlah dianjurkan.

Sunnah sendiri haruslah umat artikan sebagai hukum perbuatan dimana jika hal tersebut tak mereka lakukan, umatlah yang akan menanggung kerugian.

Jika umat tak dapat melaksanakan aktivitas saling memberikan hadiah, maka mereka akan merugi.

Selain itu, ada banyak manfaat yang umat dapatkan manakala aktivitas tersebut saling umat lakukan. Beberapa diantaranya ialah :

1.    Menciptakan Kebahagiaan antar Sesama

Salah satu manfaat yang bisa umat dapatkan yakni terciptanya kebahagiaan antar sesama kaum muslimin.

Medina Zein

Kendati hadiah yang umat berikan harganya tak mahal, namun kesederhanaan hadiah dapat menjadi pelipur lara bagi keluarga, sahabat maupun teman.

Selain itu, kebahagiaan ini juga akan menjadi motivasi internal agar dapat bahagia melanjutkan hidup.

2.    Memenuhi Sunnah Nabi

Selain menciptakan kebahagiaan, saling memberikan hadiah juga dapat menjadikan umat dapat memenuhi Sunnah Nabi. Melakukan apa yang Rasulullah contohkan akan menjadikan umat bisa semakin dekat dengan Rasul. Kendati wujud fisik Rasulullah sudah tiada, namun kedekatan hati antar kaum muslimin dengan beliau tak kan tergantikan.

3.    Meningkatkan Kepercayaan

Aktivitas umat yang saling memberikan hadiah dapat menjadi wasilah bagi umat untuk bisa meningkatkan kepercayaan.

Dalam sebuah hubungan, kepercayaan adalah unsur yang sangat penting untuk bisa merekatkan hubungan.

Semakin tinggi rasa kepercayaan yang umat miliki, maka semakin besar dan dalam hubungan yang kaum muslimin miliki.

4.    Mudah Mendapat Pertolongan

Sobat Cahaya Islam, selain ketiga hal diatas manfaat yang bisa umat dapatkan yakni mendapatkan pertolongan dengan mudah. Fitrahnya, orang baik selalu akan mendapat bantuan bagaimanapun caranya.

Medina Zein

Melakukan tolong menolong juga merupakan hal yang Allah Ta’ala wajibkan kepada umat sebagaimana yang termaktub dalam surat Al Maidah ayat 2 yakni :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُحِلُّوْا شَعَاۤىِٕرَ اللّٰهِ وَلَا الشَّهْرَ الْحَرَامَ وَلَا الْهَدْيَ وَلَا الْقَلَاۤىِٕدَ وَلَآ اٰۤمِّيْنَ الْبَيْتَ الْحَرَامَ يَبْتَغُوْنَ فَضْلًا مِّنْ رَّبِّهِمْ وَرِضْوَانًا ۗوَاِذَا حَلَلْتُمْ فَاصْطَادُوْا ۗوَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَاٰنُ قَوْمٍ اَنْ صَدُّوْكُمْ عَنِ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اَنْ تَعْتَدُوْۘا وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰىۖ وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۖوَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu melanggar syiar-syiar kesucian Allah, dan jangan (melanggar kehormatan) bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) hadyu (hewan-hewan kurban) dan qala’id (hewan-hewan kurban yang diberi tanda), dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitulharam; mereka mencari karunia dan keridaan Tuhannya. Tetapi apabila kamu telah menyelesaikan ihram, maka bolehlah kamu berburu. Jangan sampai kebencian(mu) kepada suatu kaum karena mereka menghalang-halangimu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat melampaui batas (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat berat siksaan-Nya.

Terlebih lagi bila umat tersebut selalu memberikan yang terbaik bagi yang terkasih. Pasti pertolongan yang ia dapatkan tak terhingga bentuk dan jenisnya.

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan mengenai Medina Zein dan beberapa manfaat yang umat dapatkan manakala melakukan aktivitas saling memberikan hadiah. Semoga ulasan ini dapat menjadi referensi bagi umat dimanapun berada. Aamiin Yarobbal ‘Alaamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY