Manfaat Memakai Minyak Wangi dalam Pandangan Islam

0
1035
Manfaat Memakai Minyak Wangi

Manfaat Memakai Minyak Wangi – Wangi-wangian adalah salah satu yang paling disukai oleh Nabi Muhammad SAW dalam perkara dunia. Namun tahukah apa manfaat memakai minyak wangi?

Disebutkan pula bahwa seseorang yang memakai minyak wangi maka akan memperoleh pahala yakni diampuni dosa-dosanya yang pernah diperbuatnya.

Hanya saja, ada ketentuan di balik itu. yakni jika menggunakannya dalam rangka melaksanakan ibadah. Bukan dengan niat ingin mencari simpati dan menarik perhatian orang lain, terlebih lagi yang bukan muhrim.

Sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah SWT QS. Al-A’raf ayat 31 yang berbunyi:

يٰبَنِيْٓ اٰدَمَ خُذُوْا زِيْنَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَّكُلُوْا وَاشْرَبُوْا وَلَا تُسْرِفُوْاۚ اِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِيْنَ ࣖ

Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.

Secara praktis, Rasulullah SAW sangat menyukai parfum karena bisa menambah kesejukan dan khusyuk dalam melakukan ibadah. Bahkan, kita yang seringkali memakai wewangian saat akan beribadah juga akan memperoleh pahala.

Pernah pula dijelaskan, di mana parfum adalah salah satu hal yang memiliki khasiat agar disenangi oleh para malaikat dan dibenci oleh setan-setan.

Namun, selain yang disebutkan di atas. Ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan pula dari memakai parfum atau minyak wangi. Seperti apa?

Manfaat Memakai Minyak Wangi dalam Pandangan Islam

Nah, Soabt Cahaya Islam, lantas tahukah apa manfaat dari memakai wewangian dalam emnjalankan ibadah? Demikian ulasannya.

1.      Mengikuti Sunnah Nabi SAW

Pertama, berhias diri dan memakai wewangian memang dianjurkan oleh Islam selama tidak secara berlebih-lebihan.

Berhias tidak hanya menggunakan pakaian yang bagus saja, namun tampil dengan wewangian juga sangat baik dilakukan. Rasulullah SAW juga terbiasa seperti itu.

Bisa dibayangkan, bukan? Bagaimana jika seseorang tampil dengan pakaian mahal dan mewah namun tubuhnya bau? Tentu hal ini cukup mengganggu.

Manfaat Memakai Minyak Wangi

Maka dari itu, memilih memakai wewangian selama tidak bertujuan yang salah hukumnya adalah sunnah. Mengerjakannya pun akan mendapatkan pahala bagi kita.

Memakai minyak wangi bagi laki-laki hukumnya sunnah. Rasulullah bersabda:

حبب إليّ من الدنيا: النساء والطيب وجعل قرة عيني في الصلاة

“Aku dikarunia rasa cinta dari dunia kalian: wanita dan wangi-wangian dan dijadikan shalat sebagai penyejuk mataku (HR. An Nasa’i no. 3879 dan Ahmad no. 11845).

2.      Percaya Diri

Memakai parfum juga bisa menumbuhkan rasa percaya diri seseorang. Terutama saat dia berada di sebuah komunitas dalam masyarakat.

Maka untuk membangun tingkat keyakinan pada diri sendiri, bisa dimulai dengan datang memakai wangi-wangian pada pakaiannya.

3.      Terkesan Suci dan Bersih

Allah SWT dan Rasulullah SAW juga menyukai apa saja yang suci dan tampak bersih. Nah, Sobat, memakai wangi-wangian juga bisa memberikan seseorang kesan yang demikian.

Manfaat Memakai Minyak Wangi

Sehingga orang yang berada di sekelilingnya pun merasa cukup nyaman dan senang.

Perlu kita ketahui pula, bahwa memakai parfum sangat dianjurkan pada saat hendak melakukan ibadah: shalat jumat, shalat idul fitri dan idul adha, menghadiri majelis keagamaan dan masih banyak lagi.

Namun ada yang harus diingat, di mana memakai wewangian ini lebih diutamakan kepada mereka kaum laki-laki.

Sedangkan bagi kaum perempuan ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan jika ingin menggunakannya.

Yakni dengan memilih parfum yang wanginya tidak menyengat sehingga aromanya pun tidak terlalu semerbak.

Selain itu, juga dianjurkan bagi mereka untuk memakainya pada saat bersama suaminya saja. Karena akan ada pahala baginya karena sudah mau berusaha mempererat hubungannya di dalam rumah tangga.

Demikian di atas merupakan ulasan mengenai apa saja manfaat memakai minyak wangi sebagaimana dijelaskan Alquran dan ajaran syariat Islam. Semoga artikel ini bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY