Fenomena Ajaib Laut Dalam Al-Qur’an

0
68
Laut dalam Al-Qur'an

Laut dalam Al-Qur’an – Allah menurunkan Al-Qur’an kepada nabi Muhammad sebagai bukti kepada manusia, Allah lah yang berkuasa di muka bumi ini. Salah satu buktinya adalah keajaiban laut dalam Al-Qur’an, yang telah Allah sebutkan.

Tidak heran bukti-bukti ini, menjadi penguat bahwa islam adalah agama yang benar diantara agama lainnya. Semua orang tahu, bahwa Al-Qur’an merupaka kitab suci yang sudah berumur 14 abad lamanya. Berbeda dari kitab lain, isi Al-Qur’an tidak pernah direvisi atau ada campur tangan manusia di dalamnya.

Isinya murni firman-firman dari Allah dan mebuktikan kekuasaan Allah terhadap muka bumi ini. Ada banyak firman Allah yang bisa kita buktikan jelas berada di muka bumi, tidak sedikit pula ilmuan yang masuk islam setelah membuktikan firman Allah dalam Al-Qur’an.

Lalu, apa saja kejaiban-keajaiban yang terjadi di lautan, yang telah Allah sebutkan dalam Al-Qur’an? Simak daftarnya di bawah ini.

Keajaiban Laut dalam Al-Qur’an

1.       Dua laut bertemu tapi tidak menyatu

Betapa besarnya kuasa Allah, Ia membiarkan dua lautan bertemu tapi keduanya tidak tecampur. Bahkan jika melihat gambarnya, dapat kita lihat perbedaan antara dua air laut tersebut. Allah telah menyebutkannya dalam Surah Ar-Rahman pad ayat 19-20.

“Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu. Antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui masing-masing.” (QS. Ar-Rahman: 19-20).

Ilmuan sendiri, mengatakan bahwa peristiwa ini terjadi karena adanya perbedaan karakterisik air laut Mediterania dan Samudera atlantik.  Perbedaan ini terjadi dari segi kerpatannya, kadar garam serta suhu air.

Laut dalam Al-Qur'an

Kejadian ini juga terjadi pada sungai Arve dan Rhone di Jenewa, Swiss. Kedua sungai ini bertemu tapi tidak menyatu.  Sungai Arve memiliki arus yang lebih cepat dan membawa pasir putih, sedangkan sungai Rhone memiliki arus lebih lambat dan membawa air danau berwarna lebh gelap.

2.       Sungai di dasar laut

Allah juga menyebutkan dalam surah Al-Furqan ayat 53.

Keajaiban ini terjadi pada sebuah sungai yang berada dalam lauta, ialah Cenote Angelita. Keberadaan sungai unik ini, bisa Sobat temukan pada kedalaman 35 meter atau 115 kaki. Ini pertama kali dtemukan olheh Yves Costeau, pakar Oceangeografi beraasal dari Prancis.

Pada sungai ini terdapat semacam kabut, berfungsu untuk memisahkan antara air asin dan air tawar. Kabut ini disebut dengan Halocine, ini terbentuk dari gas hidrogen sulfida. Kemudian pada sungai ini juga akan terlihat penampakan bukit dan ranting-ranting pohon.

3.       Api di dasar laut

Keajaiban selanjutnya, Allah membuktikan kekuasaannya dengan api yang berada di dasar lautan. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surah At-Thur ayat 6.

“Demi laut dengan api di dalamnya.” (QS. At-Thur: 6)

Laut dalam Al-Qur'an

Jika dipikirkan secara logika, tidak mungkin ada api dalam lautan. Karena seperti Sobat ketahui, api pasti akan padam apabila terkena air. Tapi inilah sebuah bukti kekuasaan Allah terhadap muka bumi ini.

4.       Kegelapan dasar laut

Ilmuan menyebutkan kedalaman laut 1000 meter, sudah tidak dapat lagi pasokan cahaya. Tidak hanya gelap gulita, ini juga dibarengi dengan fenomena gelombang di dasar lautan, pada tahun 1900M para peneliti baru berhasil memecahkannya.

Sedangkan Allah dalam firmannya surah An-Nur ayat 40, sudah memberi tahu manusia dasar lautan itu sangat gelap dan disertai gelombang ombak yang tidak biasa.

“Atau seperti gelap gulita di lautan yang dalam, yang diliputi oleh ombak yang di atasnya ombak (pula), di atasnya (lagi) awan; gelap gulita yang tindih bertindih, apabila dia mengeluarkan tangannya, tiadalah dia dapat melihatnya, (dan) barang siapa yang tiada diberi cahaya (petunjuk) oleh Allah tiadalah dia mempunyai cahaya sedikit pun.” (QS. An-Nur: 40)

Betapa banyak bukti kekuasaan Allah di muka bumi ini, salah satunya laut dalam Al-Qur’an. Tapi masih banyak orang yang enggan mengambil hidayah. Wallahu’alam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY