Kevin Sanjaya, Gagal Diperempat Final, Pentingnya Sifat Sabar Dalam Setiap Keadaan

0
295
Kevin Sanjaya

Kevin Sanjaya – Ajang piala sudirman sudah berjalan beberapa hari yang lalu. Pasangan ganda putra Kevin Sanjaya dan Marcus yang digadang-gadang dapat membuka pintu Indonesia masuk ke grandfinal. Nyatanya harus takhluk dengan rival pasangan ganda putra dari Malaysia.

Sobat Cahaya Islam, seperti yang diketahui Kevin Sanjaya dan Marcus adalah pasangan ganda putra andalan dari Indonesia. Tetapi saat berlaga melawan Aaron dan Woi Yik, Kevin Sanjaya kalah dua gim langsung tanpa pembalasan. Hasil tersebut membuat Indonesia tersingkir atas kekalahan dari Malaysia degan skor 2-3.

Menurunnya performa dari Kevin Sanjaya membuat pebulu tangkis legenda Imelda Wiguna bertanya-tanya. Sebab saat ini Kevin Sanjaya menempati peringkat satu dunia, seharusnya dapat memenangkan pertandingan. Mengingat rival dari Malaysia itu menempati peringkat delapan dunia.

Mengakui Kekalahan Dari Ganda Malaysia, Sifat Sabar Kevin Sanjaya Patut Diacungi Jempol

Sobat Cahaya Islam, Kevin Sanjaya yang baru saja mengalami kekalahan dari ganda putra Malaysia, tidak ragu untuk mengakui kekalahannya.

Tanpa mencari-cari alasan, Kevin berkomentar jika lawan mainnya memang layak menang. Sebab performa yang ditunjukkan sangatlah bagus hingga membuat Kevin kewalahan.

Sikap tenang dan sabar yang ditunjukkan Kevi saat mengalami kekalahan bisa diacungi jempol. Sebab dalam situasi tersebut sifat sabar memang diperlukan.

Dalam agama islam pun dianjurkan memiliki kesabaran dalam setiap kejadian yang terjadi. Dengan sabar maka hati akan menjadi lebih tenang dan tidak meledak-ledak.

Sama halnya dalam sebuah permainan, kalah dan menang adalah yang biasa. Oleh karena itu sifat sabar harus dimiliki oleh setiap atlit tidak hanya Kevin saja. Sifat sabar memiliki keuntungan yang dapat diperoleh yaitu :

1. orang yang memiliki sifat sabar disukai oleh Allah

2. mendapatkan kesudahan yang baik

3. mendapatkan keberuntungan

4. memiliki kedudukan yang tingi di surga

5. diberi petunjuk kebaikan.

Allah Azza Wajalla Berfiman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah: 153)

Memiliki Sifat Sabar Seperti Kevin Sanjaya, Tidak Akan Mengurangi Harga Diri

Sobat Cahaya Islam, memiliki sifat sabar seperti Kevin Sanjaya tidaklah mengurangi kridibilitas yang ada pada diri manusia. Justru dengan sifat sabar yang diajarkan oleh Rosulullah tersebut menambah kewibawaan bagi seseorang. Rosul diutus oleh Allah untuk menyempurnakan akhlak kaumnya. Salah satu akhlak yang diajarkan oleh Rosul adalah sabar.

Memiliki sifat sabar seperti yang diajarkan oleh Rosulullah memanglah tidak mudah. Berikut sabar yang diajarkan oleh Rosulullah ada 4 macam :

1. Sabar dalam menjalankan kewajiban

Kewajiban yang harus dijalankan oleh umat muslim yang termaktub dalam rukun islam harus dijalankan dengan sabar dan ikhlas. Ini termasuk sabar dalam menjalankan kewajiban. Meskipun tidak jarang dalam menjalankannya terasa berat. Tetapi ketahuilah hal ini akan membawa kebaikan di hari kiamat.

Kevin Sanjaya

2. Sabar dalam menghadapi musibah

Manusia tidak akan ada yang tahu kapan musibah akan menimpanya. Dalam hal ini Rosul mengajarkan kepada umatnya untuk selalu bersabar setiap musibah yang datang kepadanya. Sebab musibah datang sebagai ujian untuk meningkatkan keimanan seorang muslim.

3. Sabar dalam menghadapi gangguan manusia

Tidak jarang manusia suka mencampuri kehidupan manusia lainnya, karena hidup selalu berdampingan. Oleh sebab Rosul menyerukan kepada umatnya supaya selalu sabar atas gangguan-gangguan yang disebabkan oleh tetangganya.

4. Sabar dalam kefakiran

Allah menguji hamba-Nya tidak akan melebihi batas kemampuannya. Jika hari ini masih terasa berat menjalani hidup dengan kefakiran. Ingat janji Allah buah dari kesabaran atas kefakiran yang dialami akan membawa keberuntungan di kemudian hari.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY