Ketahui, 5 Tips Mudah Menghafal Al-Qur’an!

0
79
Tips Mudah Menghafal Al-Qur'an

Tips Mudah Menghafal Al-Qur’an – Menghafal Al-Qur’an merupakan amalan yang ingin banyak dilakukan umat muslim. Tapi proses dalam menghafal ini tidaklah mudah, jadi Sobat perlu mengetahui tips mudah menghafal Al-Qur’an.

Menghafal Al-Qur’an memiliki sejumlah keuntungan yang luar biasa bagi yang menghafalkannya. Salah satunya, dapat menghasilkan limpahan pahala dan dekat Alalh SWT. Beberapa hadits ini menjelaskan keutamaan menghafal Al-Qur’an.

“Sesungguhnya Allah mengangkat beberapa kaum dengan Al Qur’an ini dan menghinakan yang lain dengannya” (HR. Muslim 817)

“Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al Qur’an dan mengajarkannya” (HR. Al Bukhari 4639).

“Akan dikatakan kepada shahibul qur’an (di akhirat) : bacalah dan naiklah, bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membaca dengan tartil di dunia. karena kedudukanmu tergantung pada ayat terakhir yang engkau baca” (HR. Abu Daud 2240, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abi Daud).

Maka dari itu, biasanya dalam menghafal satu ayat saja, kita merasa kesulitan dan memerlukan waktu yang lama. Bahkan tidak jarang, sudah yang pernah dihafalkan pun hilang begitu saja dan mudah terlupakan.

Jika sudah seperti itu, keinginan menghafal Al-Qur’an pun menjadi hilang. Untuk itulah Sobat perlu mengetahui tips mudah menghafal Al-Qur’an.

Tips Mudah Menghafal Al-Qur’an

Selain karena tekad yang kuat dan kemauan yang tinggi, menghafal juga memerlukan strategi atau rumus tepat.

Metode ini biasanya berbeda-beda setiap orangnya. Namun untuk tips umumnya, mencakup dasar kemudahan menghafal Al-Qur’an adalah sebagai berikut.

1. Luruskan Niat

Segala sesuatu itu tergantung pada niatnya. Jika kita menghafal bukan karena tujuan mendapatkan ridho dan Rahmat dari Allah, maka akan terasa sulit.

Tips Mudah Menghafal Al-Qur'an

Sobat perlu meluruskan niat dan ikhlas ketika melakukan kegiatan menghafal tersebut, karena ingin mendekatkan diri pada Allah sebagai motivasi utamanya.

Jangan pernah Sobat berniat dalam hati, untuk memerkan hal tersebut dan menjadi salah satu kebanggan untuk menjatuhkan oranglain.

Dengan rasa ikhlas menghafal juga membuat kita terhindar dari rasa malas dan lelah, yang merupakan cobaan besar bagi penghafal Al-Qur’an. Mulailah untuk meluruskan niat semata-mata karena Allah SWT.

2. Tanamkan Keyakinan yang Kuat

Tips mudah menghafal Al-Qur’an berikutnya, tanamkan keyakinan kuat di dalam hati. Yakinkan kepada diri sendiri, mampu menghafal dengan mudah atas izin dari Allah SWT.

Mengapa perlu berprilaku demikiakan? Karena seperti Sobat ketahui Allah tergantung bagaimana prasangka hamba-hamba-Nya. Untuk itulah mengapa Sobat perlu menanamkan prasangka yang baik terhadap Allah. Pikiran dan keyakinan kitalah yang menjadi motivasi dalam menghafal tersebut.

3. Shalat Hajat dan Shalat Taubat

Sobat juga perlu melaksanakan sholat hajat. Meminta kepada Allah agar dipermudah dalam proses menghafal serta kuat dalam mengingat hafalan.

Tidak hanya itu, Sobat juga perlu menjalankan sholat taubat. Sulitnya hafalan bisa jadi karena banyaknya dosa yang kita miliki.

Dengan sholat taubat, insya Allah dosa-dosa akan gugur dan proses menghafal menjadi lebih mudah. Sobat dapat melakukan sholat taubat sebelum tidur.

4. Dekatkan Diri pada Al-Qur’an

Pepatah tak kenal maka tak sayang, juga berlaku untuk Al-Qur’an. Maka teruslah untuk mendekatkan diri bersama Al-Qur’an. Meskipun sulit menghafal, teruslah untuk membacanya berulang kali dan pahami maknanya.

Tips Mudah Menghafal Al-Qur'an

Dengan proses pendekatan ini, menghafal Al-Qur’an akan menjadi lebih mudah. Tanamkan dalam diri juga kegiatan ini sebagai hal yang menyenangkan, bukan sebuah beban pikiran.

5. Membeli Al-Qur’an Khsusu Menghafal

Dengan Al-Qur’an Khsusu ini, biasanya sudah disediakan metode menghafal. Misalnya untuk Qur’an cetakan Cordova, ada dua opsi; pembagian 5 blok dan 3 blok.

Setiap blok tersebut harus dibaca berulang-ulang, jika dirasa sudah bisa mengingatnya hafalkan ayat tersebut, dan lancarkan. Barulah lajut ke blok berikutnya. Atau coba Qur’an cetakan khusus menghafal lainnya, terdapat metodenya masing-masing.

Proses menghafal Al-Qur’an tidaklah mudah. Tapi yang sebenarnya lebih sulit adalah menjaga hafalan tersebu, dan mengamalkan apa yang telah dihafalkan. Itulah beberapa tips mudah menghafal Al-Qur’an yang dapat Sobat terapkan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY