Kepala Cabang Maybank terjerat Kasus, Ini Hal yang Bisa Merendahkan Kedudukan dalam Islam

0
138

Kepala Cabang Maybank – Memiliki jabatan termasuk mentereng yang berkedudukan sebagai kepala, tidak membuat sosok berinisial A itu bahagia. Terbukti dengan aksi yang ia lakukan terhadap korban dengan cara mengambil uang di rekening korban secara tidak sepengetahuan pihak terkait.

Sehingga, polisi telah menetapkan kepala cabang Maybank yang bertindak tidak baik yang menyebabkan korban mengalami kerugian sampai 20 juta lebih sebagai tersangka. Akhirnya, beberapa aset tersangka diamankan.

Kedudukan umat manusia dalam masyarakat Indonesia, sering dianggap tinggi karena kedudukan, jabatan, harta, maupun lainnya. Namun, berbeda dengan agama Islam sendiri yang menyatakan bahwa kedudukan setiap muslim sama di hadapan Allah SWT.

Sobat Cahaya Islam, meskipun kedudukannya sama, tetapi yang paling mulia di sisi Allah SWT yakni muslim yang bertakwa. Sebagaimana dalam Al-Qur’an surah Al-Hujurat ayat 13.

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha teliti (QS. Al-Hujurat:13)

Jika dalam masyarakat umum biasanya kedudukan manusia bisa diukur dari berbagai hal, tetapi ada juga yang menyebabkan rendahnya kedudukan seseorang terkhusus umat Islam yang perlu kita ketahui.

Hal yang Bisa Merendahkan Kedudukan Muslim dalam Islam seperti Kepala Cabang Maybank yang Terjerat Kasus

Ada beberapa hal yang dapat merendahkan muslim, yang bisa kita hindari karena dapat menyebabkan berbagai dampak negatif bagi pelakunya sebagai berikut.

  1. Mengambil Hak Orang Lain

Setiap orang punya hak masing-masing yang bisa diperoleh. Jadi setiap muslim telah memiliki porsinya, maka tidak diperkenankan untuk merebut alias mengambil hak-hak orang lain.

Tindakan yang tergolong dalam kriteria mengambil hak orang lain antara lain, mencuri, merampok, menjambret dan semacamnya. Serta, korupsi yang sering merajalela ketika seseorang berada di kedudukan yang tinggi.

  1. Merendahkan Orang Lain

Muslim memiliki kedudukan sama di hadapan Allah SWT, tentu jelas merendahkan orang lain dengan menghinanya dilarang oleh agama Islam. Sehingga, muslim patut saling menghargai bukan merendahkan yang justru menurunkan nilai di hadapan masyarakat.

Bisa jadi orang yang direndahkan lebih tinggi kedudukan. Alhasil orang yang merendahkan bisa diartikan malahan merendahkan diri sendiri. Alias apa yang dilimpahkan kepada orang lain berbalik arah dalam penilaian.

Menilai orang lain memang tidak dilarang atau diperbolehkan. Di mana setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan. Tetapi merendahkan orang lain atas kekurangannya tidak diperbolehkan.

  1. Menyombongkan Diri

Sombong adalah perilaku yang mengakibatkan iblis dikeluarkan dari surga. Sebab, iblis tidak mau bersujud kepada Nabi Adam As sebagai sebuah penghormatan, karena iblis menganggap dirinya lebih tinggi kedudukannya pasalnya dibuat dari api.

Muslim dianjurkan untuk belajar menghindari sikap sombong, mengingat pada hakikatnya segala yang dimiliki seseorang tidak lain hanyalah titipan dari Allah SWT, maka tidak ada alasan untuk menyombongkan diri.

Setidaknya pengetahuan terkait hal yang merendahkan kedudukan muslim bisa menjadi pengingat, untuk introspeksi agar tidak segan-segan berbuat tidak baik terhadap orang lain yang berujung dinilai rendah.

Itu tiga hal yang bisa merendahkan kedudukan muslim. Semoga kepala cabang Maybank yang Terjerat Kasus bisa segera sadar dan kembali ke jalan yang benar. Serta semoga kita terhindar dari hal-hal yang merendahkan kedudukan seperti penjelasan di atas. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY