Alasan Kenapa Hewan Kurban Harus Jantan, Cek Sobat Penjelasannya!

0
142
kenapa hewan kurban harus jantan

Kenapa hewan kurban harus jantan – Setiap Hari Raya Idul Adha para muslim yang dianggap mampu disunnahkan untuk berkurban. Jenis binatang yang dikurbankan ialah binatang ternak seperti kambing, sapi, dan unta.

Lumrahnya binatang yang dipilih ialah binatang ternak dengan jenis kelamin jantan. Terdapat beberapa alasan kenapa hewan kurban harus jantan. Hal ini harus dipahami oleh umat muslim sebagai wawasan keilmuan baru.

Mengenal Alasan Hewan Kurban Harus Jantan

Sobat Cahaya Islam perlu mengetahui bahwa memilih hewan kurban tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Ada keutamaan yang harus dipahami umat muslim untuk memilih hewan yang akan dikurbankan, salah satunya memilih yang berkelamin jantan. Hal tersebut membuat khalayak umum bertanya-tanya. Oleh karena itu, berikut beberapa alasan kenapa hewan kurban harus jantan.

1. Hewan Jantan Lebih Utama Dibandingkan dengan Betina

kenapa hewan kurban harus jantan

Sobat Cahaya Islam tentu tahu perbedaan karakteristik hewan ternak jantan dan betina. Hewan ternak jantan lebih kuat daripada betina. Hal tersebut yang menjadikan hewan ternak jantan lebih diutamakan daripada hewan betina. Pernyataan terebut sesuai dengan perkataan Rasulullah dalam hadist berikut.

أَغْلَاهَا ثَمَنًا، وَأَنْفَسُهَا عِنْدَ أَهْلِهَا

Artinya: “Yang paling mahal harganya dan paling berharga bagi pemiliknya.” (HR Bukhari).

Hadist tersebut menjelaskan bahwa Rasulullah menganjurkan umat muslim menyembelih hewan kurban yang paling mahal harganya.

Hal tersebut selaras dengan fakta di sekitar bahwa hewan ternak jantan mayoritas dijual dengan harga lebih tinggi daripada hewan betina. Dari sana lah terjawab pertanyaan khalayak umum terkait kenapa hewan kurban harus jantan.

2. Daging Hewan Jantan Lebih Lezat

alasan kenapa hewan kurban harus jantan lainnya ialah terkait kualitas daging yang dimiliki. Kualitas daging hewan jantan lebih unggul daripada betina. Daging hewan ternak jantan lebih lembut, sehingga jika dijadikan bahan olahan masakan daging hewan jantan terasa lebih enak.

kenapa hewan kurban harus jantan

Dari alasan-alasan yang disebutkan dapat disimpulkan bahwa hewan ternak jantan memiliki kelebihan dibandingkan dengan hewan ternak betina. Kelebihan tersebut menjadikan hewan jantan lebih dianjurkan dan diutamakan untuk dikurbankan. Paham tersebut selaras dengan madzhab imam syafi’I yang berpendapat bahwa :

يصح ٍالتضحية ٍبالذكر ٍوباألنثى ٍباإلجماع. وفي ٍاألفضل ٍمنهماٍ خَلف، الصحيح ٍالذي ٍنص ٍعليه ٍالشافعي ٍفي ٍالبويطي ٍوبه ٍقطعٍٍ كثيرون: أنٍالذكرٍأفضلٍمنٍاألنثى

“Kurban boleh dan sah dengan yang jantan atau betina. Mengenai mana yang afdhal ada perbedaan di antara ulama. Namun yang benar menurut Imam Syafi’i dan para ulama Syafi’iyah bahwa hewan jantan lebih afdhal dari pada hewan betina.” (Kitab Al Majmu’ Syarh Al-Muhadzdzab, Hal 397 jilid 8)

Walaupun demikian, alasan-alasan tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa hewan ternak betina juga boleh untuk dikurbankan. Agama Islam tidak melarang berkurban dengan hewan betina. Hewan ternak betina boleh dikurbankan dengan catatan sulit menemukan hewan ternak jantan, hewan ternak jantan tidak memenuhi syarat sah, dan sebagainya.

 Hal tersebut sesuai dengan kutipan berikut.

ويجوز فيها الذكر والانثى لما روت أم كرز عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال: على الغلام شاتان وعلى الجارية شاة لا يضركم ذكرانا كن أو أناثا

Artinya : “Dan diperbolehkan dalam berkurban dengan hewan jantan maupun betina. Sebagaimana mengacu pada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ummu Kuraz dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, bahwa beliau pernah bersabda “(aqiqah) untuk anak laki-laki adalah dua kambing dan untuk perempuan satu kambing. Baik berjenis kelamin jantan atau betina, tidak masalah.” (An-Nawawi dalam Al-Majmu Syarh al-Muhadzzab.

Apa yang Bisa Sobat Simpulkan?

Melalui pemaparan di atas dapat dipahami bahwa terdapat beberapa alasan kenapa hewan kurban harus jantan. Sebenarnya, pemilihan hewan jantan untuk berkurban bukanlah sebuah keharusan, namun sebuah keutamaan yang dianjurkan Islam.

Dalam hal ini, dapat dimaknai berkurban dengan hewan ternak betina tentu saja diperbolehkan. Islam memperbolehkan berkurban dengan hewan ternak jenis apapun, asalkan memenuhi syarat dan ketentuan yang diwajibkan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY