Umat Muslim Harus Bersiap Menghadapi Kemunculan Dajjal!

0
679
Kemunculan Dajjal

Kemunculan Dajjal – Dajjal merupakan makhluk Allah yang akan hadir menjelang hari kiamat. Kemunculan Dajjal ini, umat muslim menganggapnya sebagai mala petaka besar. Bukan tanpa alasan, tapi kehadirannya ini untuk menguji keimanan umat muslim akhir zaman. Rasulullah sudah memperingatkan sejak lama.

Meski kehadirannya hanya selama 40 hari, tapi saat itu 40 hari akan terasa benar-benar lama. Pada hari pertama 24 jam teras seperti satu tahun lamanya, hari kedua seperti satu bulan, hari ketiga terasa seperti satu minggu lamanya, dan hari selanjutnya seperti hari-hari biasa.

Sobat pasti juga bertanya-tanya apakah Dajjal ini merupakan manusia? Bagaimana ciri-cirinya? Pada artikel kali ini, akan kita bahas lebih detail mengenai Dajjal. Untuk itu, Sobat perlu menyimak pejelasannya berikut ini.

Kenali Sosok Dajjal Sebelum Kemunculan Dajjal

Berikut ini tidak hanya kita bahas mengenai ciri-ciri fisik, tetapi juga informasi lainnya terkait dengan makhluk Allah satu ini

1.       Dajjal dan ciri-ciri fisiknya

Menurut bahasa Dajjal, berasal dari  bahasa arab Dajjala dan memiliki arti menutupi (sesuatu). Sedangkan menurut kamus besar Lisanul’ Arab, ada beberapa pendapat lainnya mengenai definisi dari nama tersebut.

Sobat, berdasarkan hadits yang Rasulullah beberkan sosok Dajjal memiliki rambut keriting. Tidak hanya itu,  ia juga memiliki mata yang buta, diantara kedua alisnya terdapat tulisan kafir dalam bahasa arab. Tulisan ini hanya bisa dilihat oleh orang-orang mukmin.

“Tidaklah diutus seorang nabi, melainkan dia mengingatkan kaumnya tentang si buta sebelah, sang pendusta. Ketahuilah Dajjal itu buta sebelah dan Tuhan kalian tidak buta sebelah. Diantara dua matanya tertulis: Kafir” (HR. Bukhari 7131).

Dajjal juga digambarkan sebagai sosok yang akan menciptakan fitnah serta kerusuhan di muka bumi. Manusia pun tidak memiliki rasa curiga sedikit pun pada Dajjal saat itu, terutama jika ia sudah berbaur dengan manusia lainnya.

2.       Pengikut Dajjal

Kemunculan Dajjal

Selama Dajjal melakukan huru-hara pada manusia, ia juga memiliki banyak pengikut yang selalu mendukungnya.

“Dajjal akan diikuti oleh 70,000 Yahudi dari Asfahan, mereka memakai thayalisah” (HR. Muslim 2944).

Sobat pasti penasaran siapa yang akan menjadi pengikut dari Dajjal. Sebagai penyebar fitnah paling besar, ia mampu memiliki banyak pengikut dan ada 6 kelompok di dalamnya. Yakni Yahudi, kaum wanita, setan dan jin, LGBT, orang yang senang bemaksiat, orang dengan keimanan yang lemah, dan juga kelompok khawarij.  6 golongan ini disebutkan pada laman resmi Kemenag kota Majalengka.

“Kebanyakan pengikut Dajjal, adalah orang yahudi dan kaum wanita” (HR. Ahmad, dalam musnad beliau 4/216-217).

3.       Fitnah yang dilakukan Dajjal

Kemunculan Dajjal

Ada banyak fitnah yang Dajjal lakukan. Benar-benar mampu menguji keimanan seorang muslim. Jika keimanan begitu lemah, maka harus bersiap menjadi pengikut Dajjal dan Allah siksa di neraka nanti. Lalu, fitnah apa saja yang akan Dajjal lakukan?

  • Berpindah-pindah, fitnah besar pertama yang Dajjal lakukan adalah berpindah-pindah dengan cepat. Ia mengunjungi seluruh muka bumi kecuali Mekkah dan Madinah.
  • Surga dan Neraka, pada sebuah hadits disebutkan bahwa Dajjal membawa air dan api. Air milik Dajjal adalah neraka bagi manusia, dan api milik Dajjal adalah surga bagi umat manusia.
  • Meminta tolong syaitan, dalam hal ini Dajjal memohon pertolongan pada syaitan. Keduanya bekerja sama untuk menyesatkan umat manusia.
  • Patuhnya hewan dan benda mati, pada sebuah hadits disebutkan Dajjal memiliki kelebihan. Ia mampu menurunkan hujan, menumbuhkan tanaman dan bisa menundukkan hewan.
  • Membunuh pemuda, fitnah terakhir Dajjal akan membunuh seorang pemuda dan menghidupkannya kembali. Hal ini untuk menarik semakin banyak pengikut.

Sobat, itulah informasi mengenai kemunculan Dajjal di muka bumi ini. Semoga kita tidak termasuk menjadi pengikut Dajjal. wallahu’alam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY