Ingin Jadi Orang yang Diingat Oleh Allah? Lakukan Hal ini ya!

0
715

Orang yang diingat oleh Allah – Ada nggak sih diantara sobat Cahayaislam disini yang memiliki teman ‘orang penting’ (bisa pejabat, selebritis atau yang lainnya)? Dan ketika suatu memiliki kesempatan bertemu dengan orang tersebut kemudian orang itu dengan ramah dan senyum lebar mendatangi anda sembari berkata “hei, bukankah kamu mr. Xyz? Wah, aku ingat banget kamu dulu keren sekali!” atau kata-kata serupa yang pada intinya orang penting tersebut ternyata mengingat kita dengan kebaikan kita.

Pastinya bila hal itu terjadi, kita akan merasa bangga atas diri kita. Orang lain yang melihat hal itu pasti terkagum-kagum kepada anda karena orang penting yang dikagumi banyak orang tersebut mengagumi anda karena kebaikan anda. Lalu bagaimana bila bukan selebriti atau pejabat yang melakukan hal itu, tetapi Allah secara langsung mengingat kepada sobat di akhirat kelak? Pastinya akan menjadi sesuatu yang amazing banget dong. Cukup lakukan hal-hal berikut ini kok:

Rajin dan aktif dalam kegiatan amrin jami’ yang baik

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ آدَمَ، عَنْ عَمَّارِ بْنِ رُزَيْقٍ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، عَنِ الأَغَرِّ أَبِي مُسْلِمٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، وَأَبِي، سَعِيدٍ يَشْهَدَانِ بِهِ عَلَى النَّبِيِّ ـ صلى الله عليه وسلم ـ قَالَ ‏ “‏ مَا جَلَسَ قَوْمٌ مَجْلِسًا يَذْكُرُونَ اللَّهَ فِيهِ إِلاَّ حَفَّتْهُمُ الْمَلاَئِكَةُ وَتَغَشَّتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَتَنَزَّلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ

Dalam hadits diatas dijelaskan bahwasanya mereka para hamba Allah yang senantiasa berkumpul dan duduk untuk mengingat Allah maka dijanjikan akan dinaungi oleh sayap-sayap lebar para malaikat dan akan diliputi oleh perasaan yang tenang dan tentram. Allah pun akan mengingat kepada mereka melebihi orang-orang lain (yang tidak berkumpul mengingat Allah).

Tentunya kegiatan amrin jami’ yang baik dalam konteks diatas tidak hanya terkerucut dalam acara-acara pengajian lho ya. Memang dengan mengikuti pengajian-pengajian di masjid atau forum pengajian kita secara gamblang dalam kegiatan yang dilakukan dalam rangka untuk mengingat Allah. Tetapi, tidak menutup kemungkinan kegiatan diluar masjid bisa juga adalah kegiatan yang memiliki tujuan dalam mengingat Allah.

Contohnya kegiatan diluar pengajian yang bertujuan mengingat Allah adalah misalnya kita sedang melakukan rapat bersama para panitia kelancaran acara Qurban. Kita sedang dalam acara musyawarah penggalangan dana anak yatim atau kita sedang nongkrong di cafe dan ngobrol dengan para teman sholeh sholehah untuk menyusun kurikulum TPA anak-anak. Yang ditekankan disini adalah esensi dari kegiatan berkumpul amrin jami’ tersebut. Selama itu bertujuan untuk dan karena Allah, maka hadits ini berlaku juga kepada anda.

Dzikir disela-sela waktu luang maupun waktu yang padat

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مُصْعَبٍ، عَنِ الأَوْزَاعِيِّ، عَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ عُبَيْدِ اللَّهِ، عَنْ أُمِّ الدَّرْدَاءِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ـ صلى الله عليه وسلم ـ قَالَ ‏ “‏ إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ يَقُولُ أَنَا مَعَ عَبْدِي إِذَا هُوَ ذَكَرَنِي وَتَحَرَّكَتْ بِي شَفَتَاهُ

Hadits diatas masih memiliki hubungan erat dengan hadits sebelumnya. Membudayakan berdzikir kepada Allah (mengingat Allah) dengan melafalkan beberapa kalimat pujian, pintaan ampun, pengagungan dan lain sebagainnya bisa juga menjadikan anda sebagai orang yang diingat oleh Allah kelak. Ini merupakan hukum timbal balik. Ketika kita ingat kepada Allah (dengan berdzikir) maka Allah akan mengingat kita.

Kita bisa mengaplikasikan dzikir ini pada setiap kesempatan (baik ketika waktu luang maupun waktu sibuk). Kita bisa kok mendengarkan seminar atau berada dalam rapat kerja sambil komat kamit lirih berdzikir kepada Allah. Kami juga mengulas beberapa trik jitu agar selalu ingat pada Allah dikesempatan sebelumnya. Anda bisa menengoknya dan mempraktikkannya. Semoga bermanfaat dan kita bisa menjadi Orang yang diingat oleh Allah ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!