Pandangan Tentang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Dalam Islam

0
242
ilmu pengetahuan dan teknologi dalam islam

Ilmu pengetahuan dan teknologi dalam islam – Di dunia ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi atau IPTEK semakin maju seiring berjalannya waktu. Dengan adanya IPTEK, manusia bisa lebih mudah menjalani kehidupan sehari-harinya. Namun tahukah Sobat bagaimana pandangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam islam?

Karena ilmu pengetahuan dan teknologi tak pernah berhenti berkembang, para ilmuwan akan terus menambah wawasannya. Hal itulah yang nantinya memunculkan berbagai ide baru untuk manusia selama hidup di dunia. Bagi Sobat Cahaya Islam yang penasaran dengan pandangan islam terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi, bisa simak pembahasannya di bawah ini.

Bagaimana Pandangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Dalam Islam?

Sobat Cahaya Islam, paradigma ilmu pengetahuan dan teknologi dalam islam mengartikan pandangan menurut agama islam terhadap hal tersebut. Allah SWT sejatinya sudah banyak menyinggung tentang pentingnya memperdalam ilmu pengetahuan dan teknologi selama hidup di dunia. Sebab memang manusialah yang harus menggali sekaligus mencari lebih dalam tentang IPTEK.

ilmu pengetahuan dan teknologi dalam islam

Tak hanya itu, sejatinya manusia juga perlu mengembangkan pengetahuan yang tak diketahui sebelumnya. Namun justru banyak pertentangan antara agama dengan ilmu pengetahuan alam atau sering disebut sains. Banyak kalangan ilmuwan barat yang mengatakan bahwa agama dan ilmu pengetahuan saling bertentangan.

Padahal Al Quran sudah menjadi kitab sempurna dan menjadi petunjuk bagi manusia, baik yang beragama islam atau tidak. Oleh sebab itu, para ilmuwan terutama ilmuwan muslim seharusnya menjadikan Al Quran sebagai pedoman terhadap perkembangan ilmu pengetahuan.

Di samping itu, ada beberapa poin yang berkaitan dengan pandangan islam terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi, yakni:

1. Tidak Bertentangan dengan IPTEK

Sobat Cahaya Islam, ternyata tidak pernah ada yang bertentangan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi dalam islam. Bahkan Al Quran dan agama islam tak pernah mengekang manusia apalagi umatnya untuk maju dan modern. Sebaliknya, islam sangat mendukung kemajuan umatnya dalam melakukan penelitian serta bereksperimen dalam hal apapun.

Ini juga termasuk eksperimen dalam dunia teknologi dan ilmu pengetahuan. Bagi agama islam, teknologi termasuk bagian dari ayat Allah SWT yang harus Sobat gali dan cari kebenarannya. Misalnya saja yang tertuang dalam ayat Al Quran berikut ini.

Artinya: “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan Ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, Maka peliharalah kami dari siksa neraka. QS. Ali-Imran: 190-191)

Ayat di atas menjelaskan bahwa apa yang ada di langit dan di bumi ini penuh misteri sehingga perlu manusia cari tahu kebenarannya. Tentu saja cara untuk mencari tahunya dengan melakukan penelitian. Dengan begitu, besar harapan penelitian yang dilakukan bisa membantu manusia dalam mencari kemudahan hidup di dunia dan di akhirat kelak.

2.  Perintah Terus Mengembangkan IPTEK

ilmu pengetahuan dan teknologi dalam islam

Sobat, masih banyak rahasia di bumi ini yang perlu manusia gali untuk kehidupan diri sendiri ataupun orang lain. Dalam Al Qur’an Allah SWT berfirman,

وَّالْخَيْلَ وَالْبِغَالَ وَالْحَمِيْرَ لِتَرْكَبُوْهَا وَزِيْنَةًۗ وَيَخْلُقُ مَا لَا تَعْلَمُوْنَ ٨

Artinya : “Dan Allah menciptakan apa yang kamu tidak mengetahuinya” (QS. Al-Nahl [16]: 8).

Untuk itulah, islam secara tersirat meminta umatnya agar selalu melakukan penelitian serta mencari tahu melalui Al Quran. Tak hanya memuat tentang pentingnya pengembangan ilmu pengetahuan, Al Quran juga bisa menjadi inspirasi ilmu. Al Quran bisa pula menjadi pengembangan wawasan berpikir sehingga dapat menciptakan hal baru dalam kehidupan.

Hanya saja, demi menemukan hal tersebut perlu kemampuan untuk menggalinya secara mendalam. Dengan demikian, potensi alamiah yang Allah berikan bisa memberi kemaslahatan bagi keseimbangan alam dan manusia.

Sobat Cahaya Islam, itulah pembahasan singkat tentang ilmu pengetahuan dan teknologi dalam islam. Dari informasi tersebut bisa Sobat ketahui begitu pentingnya terus menggali IPTEK di dunia. 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY