Hindari Berdandan yang Mengarah ke Tabarruj ini!? (Bagian 1)

0
737

Sobat muslimah pembaca cahayaislam yang dimuliakan oleh Allah. Pernah mendengar istilah tabarruj? – istilah ini muncul dalam kajian surat Al Ahzab ayat 33 yang dikhuskan untuk kaum muslimah. Ayatnya berbunyi seperti berikut ini:

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَىٰ ۖ وَأَقِمْنَ الصَّلَاةَ وَآتِينَ الزَّكَاةَ وَأَطِعْنَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ ۚ إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ  وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا

dan hendaknya engkau tetap berada di kediamanmu serta janganlah engkau berhias dan bertingkah laku layaknya orang-orang Jahiliyah terdahulu dan dirikan shalat, tunaikan zakat dan taati Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud berkehendak ingin menghapuskan dosa darimu, wahai ahlul bait dan membersihkan kamu dengan bersih sebersih-bersihnya.

Menurut kebanyakan para alim ulama, Tabarruj diartikan dalam dua perspektif. Yakni menampakkan aurat atau (bertujuan) menampakkan kecantikannya kepada yang bukan mahrom. Dan sadar tidak sadar dalam kehidupan modern kita ini, agaknya pemaknaan dua perspektif itu menjadi lebih luas. Berikut kami cantumkan beberapa model dandanan dan cara berbusana wanita muslimah yang mengarah kepada tabarruj:

Jilbab yang pendek dan tidak memenuhi kriteria jilbab syar’i

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Dalam surat Al Ahzab ayat 59 diatas dijelaskan bahwa Allah berfirman kepada Rasulullah agar memerintahkan kepada para muslimah islam agar “menjulurkan jilbab mereka keseluruh badan” – Banyak di zaman modern ini, kita mendapati jenis kerudung muslimah yang dibuat pendek smapai hanya menutupi bahu saja, tanpa sampai panjang ke bawah. Inilah yang dimaksudkan dalam ayat tersebut untuk dihindari.

Jadi sobat muslimah cahayaislam yang baik, coba periksa kembali apakah kerudung-kerudung yang biasanya kalian pakai masih bercirikan demikian? bila masih ada, berarti sobat masih berpakaian yang mengarah kearah tabarruj. 

Jilbab yang justru menjadi perhiasan dan menarik perhatian? 

وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا ۖ وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَىٰ جُيُوبِهِنَّ ۖ وَلَا يُبْدِينَ  زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ … الاية

Dalam kutipan surat An Nuur ayat 31diatas dijelaskan perintah Allah agar wanita muslimah hendaklah tidak menampakkan perhiasannya melainkan yang biasa tampak darinya, dan jangan menampakkan itu kecuali kepada suami-suaminya atau ayah mereka…

Menurut beberapa ulama, ayat ini menjadi dasar kuat bahwa tidak seharusnya sebuah jilbab atau kerudung digunakan sebagai media perhiasan agar tampak cantik atau (dengan tujuan) untuk menarik perhatian lawan jenis. Menurut Syekh Nasirudin Al Albaniy dan beberapa ulama lain, hakikat jilbab sebenarnya adalah pakaian untuk menutup aurat, bukan untuk digunakan atas tujuan lain.

Beberapa ulama lain mengiyakan atas hal ini. Yakni termasuk jilbab atau kerudung modis atau gaul yang banyak bertebaran luas dikalangan masyarakat modern sekarang. Banyak fashion hijab dengan dibubuhi ornamentasi yang sangat menarik perhatian atau model yang trendy. Ini menjauhkan esensi dari fungsi jilbab sebagai pakaian penutup aurat. Jadi perlu berhati-hati pula untuk hal ini. Karena termasuk mengarah kepada tabarruj. 

Nah, kira-kira itulah sedikit ulasan tentang dandanan dan fashion muslimah yang mengarah kepada tabarruj yang dimaksudkan oleh Allah dalam surat Al ahzab ayat 33. Tentu sobat muslimah cahayaislam tidak mau dong termasuk dalam golongan orang yang mempraktikkan tabarruj? – Insha Allah artikel ini akan dilanjutkan ke part selanjutnya, karena masih ada beberapa kategori tentang hal ini yang ingin kami sampaikan. Semoga bermanfaat ya!

2 3

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!