4 Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir yang Perlu Dipahami Umat Muslim

0
403
Hikmah beriman kepada hari akhir

Hikmah beriman kepada hari akhir – Bagi orang-orang yang beriman, hari akhir adalah salah satu keyakinan dan tak bisa diganggu gugat. Pasalnya hari akhir termasuk ke dalam rukun iman yang harus umat islam yakini. Apalagi, ada beberapa hikmah beriman kepada hari akhir.

Hari akhir adalah informasi yang Allah SWT berikan kepada seluruh umat manusia, tanpa ada penjelasan kapan waktunya. Semua orang yang beriman akan percaya dengan kedatangan hari akhir. Tetapi bagi mereka yang tak memiliki keimanan terhadap Allah SWT, akan menolak keyakinan akan hari akhir.

Apa Saja Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir?

Sobat Cahaya Islam, hikmah beriman kepada hari akhir termasuk dalam rukun iman yang perlu semua umat islam yakini. Ini mengartikan, umat islam harus percaya dengan informasi tentang datangnya waktu semua alam semesta dan isinya hancur. Umat islam tak boleh meragukan keberadaan hari kiamat, karena sudah digariskan oleh Allah SWT.

Sobat, perlu pahami bahwa Allah tak menjadikan sesuatu sia-sia, tanpa tujuan, dan hikmah di dalamnya. Hal itu juga berlaku terhadap hikmah beriman kepada hari kiamat. Sebab ada beberapa hikmah beriman kepada hari kiamat yang bisa semua umat islam petik, yaitu:

1. Bertambah Keimanan dan Ketakwaan Kepada Allah SWT

Mereka yang beriman kepada hari akhir, maka akan semakin beriman sekaligus bertakwa kepada Allah SWT. Beriman kepada Allah SWT pasti akan berdampak kepada keyakinan hari akhir, dan berlaku juga sebaliknya. Sebab Allah SWT yang menciptakan serta menentukan hari akhir.

Hikmah beriman kepada hari akhir

Maka dari itu, hanya kepada Allah SWT Sobat meminta perlindungan ketika terjadinya hari akhir. Dengan begitu, Sobat bisa selamat menuju kebahagiaan di akhirat kelak. Dalam Al Quran, tertulis:

قُلِ اللّٰهُ يُحْيِيْكُمْ ثُمَّ يُمِيْتُكُمْ ثُمَّ يَجْمَعُكُمْ اِلٰى يَوْمِ الْقِيٰمَةِ لَارَيْبَ فِيْهِ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُوْنَࣖ ۝٢٦

Katakanlah, “Allah menghidupkan kamu lalu mematikan kamu kemudian mengumpulkan kamu pada hari Kiamat yang tidak ada keraguan tentangnya, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (Q.S Al-Jatsiyah Ayat 26)

2. Jauh dari Kemaksiatan dan Perbuatan Negatif

Menjauh dari kemaksiatan dan perbuatan negatif termasuk hikmah beriman kepada hari akhir yang dilakukan oleh umat islam. Apabila Sobat memiliki keimanan pada hari akhir, maka akan menjauhi kemaksiatan karena takut terhadap hal tersebut. S

Karena itu, dalam berbuat Sobat perlu berhati-hati dan penuh dengan perhitungan yang matang. Bahkan Sobat tidak akan terlalu mencintai dunia secara berlebihan. Sebab apa yang ada di dunia hakikatnya adalah titipan dan ujian yang akan Allah mintai pertanggungjawabannya kelak. Ini sejalan dengan firman Allah SWT,

قُلْ لِّعِبَادِيَ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا يُقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَيُنْفِقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰهُمْ سِرًّا وَّعَلَانِيَةً مِّنْ قَبْلِ اَنْ يَّأْتِيَ يَوْمٌ لَّا بَيْعٌ فِيْهِ وَلَا خِلٰلٌ

Katakanlah (Muhammad) kepada hamba-hamba-Ku yang telah beriman, “Hendaklah mereka melaksanakan salat, menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan secara sembunyi atau terang-terangan sebelum datang hari, ketika tidak ada lagi jual beli dan persahabatan.” (Q.S Ibrahim ayat 31)

3. Munculnya Rasa Takut

Orang-orang yang beriman kepada hari akhir, juga merasakan takut saat berbuat sesuatu, apalagi tanpa memiliki dasar yang benar. Hal itu karena, ketika nanti menghadap Allah SWT, semua manusia harus mempertanggungjawabkannya.

Hikmah beriman kepada hari akhir

Tentu Sobat tak akan bisa melakukan pertanggungjawaban dengan benar, apabila di dunia tak pernah mempersiapkannya sebaik mungkin.

Untuk itu, orang yang beriman kepada hari akhir akan selalu melakukan sesuatu dengan penuh rasa tanggung jawab.

4. Mempersiapkan Dirinya dengan Matang

Sobat Cahaya Islam, hari akhir datang secara tiba-tiba dan tak ada yang menyangka sebelumnya. Karena itu, seorang muslim yang beriman terhadap hari akhir akan mempersiapkannya secara sungguh-sungguh. Selain itu, Sobat juga akan terus melakukan perbaikan terhadap kehidupan dan ibadah yang tengah dijalani.

Ini sebagaimana tercantum dalam ayat Al Quran,

فَهَلْ يَنْظُرُوْنَ اِلَّا السَّاعَةَ اَنْ تَأْتِيَهُمْ بَغْتَةً ۚ فَقَدْ جَاۤءَ اَشْرَاطُهَا ۚ فَاَنّٰى لَهُمْ اِذَا جَاۤءَتْهُمْ ذِكْرٰىهُمْ 

“Maka apalagi yang mereka tunggu-tunggu selain hari Kiamat, yang akan datang kepada mereka secara tiba-tiba, karena tanda-tandanya sungguh telah datang. Maka apa gunanya bagi mereka kesadaran mereka itu apabila (hari Kiamat) itu sudah datang?” (Q.S Muhammad ayat 18)

Sobat Cahaya Islam, begitu banyaknya hikmah beriman kepada hari akhir yang bisa Sobat petik. Mari berdoa agar Sobat semua mendapat perlindungan dari hari akhir. 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY