Hari Diabetes Sedunia, Sudah Tahu Cara Pengobatan Secara Islami?

0
32

Hari Diabetes SeduniaSetiap bulan November pada tanggal 14 diperingati sebagai hari diabetes sedunia. Mulanya International Diabetes Federation (IDF) bersama World Health Organisation (WHO) menetapkan hari tersebut sejak tahun 1991. Adanya hari diabetes sedunia diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terkait diabetes yang kian hari kian meningkat jumlah penderitanya.

Indonesia sendiri termasuk 10 negara dengan tingkat penderita diabetes tertinggi di dunia. Posisinya berada diurutan nomor 6. Hal ini tentu bukan merupakan prestasi yang bagus. Diabetes juga sering dikaitkan dengan pola hidup dan makan penderitanya yang tidak baik. Lalu, apa masyarakat Indonesia memiliki pola hidup yang tidak baik?

Dari peringatan hari diabetes sedunia diharapkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga pola makan dan keseimbangan hidup yang baik. Selain pola hidup yang tidak sehat, faktor keturunan juga bisa memicu terjadinya penyakit ini. Meski insulin dapat membantu menghasilkan pankreas sebagai pengendali gula darah. Namun, pencegahan lebih dianjurkan sebelum pengobatan terjadi.

Sobat Cahaya Islam, selain menggunakan faktor obat-obatan. Bagi penderita diabetes maupun yang bukan penderita diabetes, Islam telah mengajarkan beberapa cara pengobatan diabetes secara islami. Mau tahu?

Hari Diabetes Sedunia, Cegah dan Obati Diabetes secara Islami

Anjuran untuk menjaga gaya hidup serta pola makan tidak hanya berlaku bagi penderita diabetes. Namun, semata-mata memang untuk meningkatkan investasi kesehatan bagi manusia. Pasalnya semakin hari ada beragam jenis makanan maupun minuman yang kita sendiri kurang tahu bagaimana efek dari kandungan bahan makanan tersebut.

Sebagai salah satu cara mengobati dan mencegah penyakit nomor 3 di Indonesia ini, Islam memberikan jawaban yang ramah bagi penderita maupun non-penderita penyakit yang merusak pankreas manusia. Berikut ulasannya:

  • Menjaga Makan

Saat rasa lapar datang tubuh kita merespon untuk segera makan dengan porsi yang cukup banyak. Namun, seperti pribahasa yang sering kita dengar bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Termasuk dalam hal porsi makan.

Meski hadist ini dhaif. Namun, banyak yang menerapkan anjuran Rasulullah terkait makan sebelum lapar ini. Sebaiknya Sobat Cahaya Islam juga tidak langsung tidur setelah makan. Tunggu hingga 2-3 jam agar pencernaan kita mencerna dengan baik makanan yang telah kita masuk dalam tubuh.

  • Olahraga Teratur

Selain gaya hidup dan pola makan yang dijaga. Olahraga secara teratur juga diperlukan untuk investasi kesehatan hingga masa mendatang. Cukup lakukan olahraga ringan seperti lari-lari kecil keliling kompleks selama 30 menit sehari.

Dari Rifa’ah bin Rafi’ berkata, “Abu Bakar Ash-Shiddiq berdiri di atas mimbar lalu menangis. Kemudian ia berkata: ‘Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada tahun pertama hijrah berdiri di atas mimbar, lalu menangis, dan bersabda: “Hendaklah kalian memohon kepada Allah ampunan dan keselamatan/kesehatan. Setelah dikaruniai keyakinan (iman), sesungguhnya seorang hamba tidak diberi karunia yang lebih baik daripada keselamatan/kesehatan.” (HR. Tirmidzi No. 3481, Al-Hakim, dan Ibnu Hibban. Dishahihkan oleh Al-Hakim dan Al-Albani)

  • Rutin Cek Kadar Gula

Kadar gula darah yang normal sekitar 100 mg/dL. Beberapa penderita diabetes yang melebihi ukuran tersebut dapat mengakibatkan terganggunya berbagai organ tubuh. Pada kasus yang parah bagian tubuh yang terkena diabetes dapat diobati dengan jalan amputasi.

Biasanya penderitanya mengalami diabetes basah. Sedangkan bagi penderita diabetes kering tubuh penderita akan semakin kurus dan tubuhnya terasa selalu pegal serta sakit. 

Salah satu tujuan diperingatinya Hari Diabetes Sedunia adalah untuk menyadarkan tentang penyakit ini, juga bahwa diabetes harus dicegah, bukan hanya diobati.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY