Muslim Wajib Tahu Apa Hakikat Bersujud kepada Allah

0
42
Hakikat Bersujud kepada Allah

Hakikat Bersujud kepada Allah – Sobat Cahaya Islam, penting sekali untuk memahami tentang apa sebenarnya hakikat bersujud kepada Allah. Jika sedang menjalani salat komat kita tentu akan melakukan rukuk dan sujud. Gerakan-gerakan tersebut bukan hanya sekedar sujud biasa namun ternyata memiliki makna yang luar biasa.

Bersujud kepada Allah menjadi bentuk ibadah yang penuh makna. Bersujud dalam salat maupun dalam hal lainnya dengan tujuan menyembah Allah menjadi tanda simbol kerendahan hati seorang hamba di hadapan penciptanya. Bersujud juga menjadi tanda ketundukan seorang hamba dan penyerahan total kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Hakikat Bersujud kepada Allah Bagi Setiap Muslim

Dalam sujud, seorang Muslim menyentuh tanah dengan dahi, hidung, kedua telapak tangan, lutut, dan jari-jari kaki, yang menunjukkan bahwa seluruh tubuhnya tunduk kepada Allah. Selain itu, ada beberapa keutamaan lain yang juga perlu diketahui oleh setiap muslim diantaranya:

 1. Makna Spiritual Sujud

Ketika seorang muslim sujud baik itu dalam salat atau dalam hal lain untuk menyembah Allah, maka ini memiliki makna yang sangat dalam. Seorang muslim yang bersujud sedang menyatakan penghambaannya kepada Dzat yang maha kuasa yaitu Allah Subhanahu wa ta’ala. Secara spiritual, sujud berarti mengakui keesaan dan kebesaran Allah dengan kerendahan hati. Sujud juga menjadi salah satu ungkapan rasa syukur atas segala nikmat yang Allah karuniakan.

 2. Keutamaan Sujud dalam Al-Quran dan Hadits

Setelah mengetahui bahwa hakikat bersujud kepada Allah adalah sebagai bentuk penghambaan dan penyerahan total, ternyata sujud juga memiliki keutamaan yang luar biasa. Salah satu keutamaan dari sujud adalah menjadikan seseorang itu berada pada posisi paling dekat dengan Allah, seperti yang telah disebutkan dalam hadis rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

 “Sedekat-dekatnya seorang hamba dengan Rabb-Nya adalah dalam keadaan dia sujud.” (HR. Muslim no.482).

Allah Subhanahu wa ta’ala juga telah berfirman :

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dengan ayat-ayat Kami hanyalah mereka yang apabila diperingatkan dengan ayat-ayat Kami, mereka segera bersujud dan bertasbih serta memuji Rabbnya, dan mereka tidaklah sombong.” (QS. As-Sajdah: 15).

Berdasarkan ayat dan hadis di atas, sobat cahaya Islam bisa mengetahui bahwa ternyata sujud memiliki keutamaan yang luar biasa karena menjadikan muslim berada dekat dengan Tuhannya.

 3. Sujud sebagai Bentuk Penghambaan Total

Hal lain yang perlu dipahami oleh setiap muslim adalah agar ketika bersujud tidak dilakukan tanpa meresapi hakikatnya. Ketika kita bersujud dalam salat, sebaiknya hati juga ikut meresapi. Sobat cahaya Islam perlu paham bahwa ketika bersujud itu artinya sedang menyatakan dan mengakui bahwa Allah adalah Tuhan yang berhak disembah. Saat bersujud kita juga diajari untuk tidak sombong karena kita adalah makhluk ciptaanNya.

 4. Manfaat Fisik dan Psikologis Sujud

Setelah paham tentang hakikat bersujud kepada Allah, sobat cahaya Islam juga perlu tahu bahwa selain bermanfaat secara spiritual, ternyata sujud juga memiliki manfaat untuk fisik dan psikologis. Saat kita bersujud kepada Allah, secara otomatis hal ini akan membantu melancarkan peredaran darah ke otak. Ketika peredaran darah lancar, ini akan membuat fungsi otak lebih baik. Selain itu sujud juga membuat otot di sekitar punggung, leher dan sekitarnya lebih rileks.

Jika dilihat secara psikologis, hakikat bersujud kepada Allah bisa memberikan ketenangan dan kedamaian. Hal ini karena saat seorang muslim sedang sujud mereka dalam posisi yang paling dekat dengan Allah. Allah akan memberikan rahmat dan karunianya dengan menghilangkan kecemasan, stress dan membuat hati lebih lapang serta mudah bersyukur dalam berbagai keadaan.

Rasulullah bersabda: “Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak shalat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu.” (HR. Muslim no. 488).

Sobat cahaya Islam perlu paham bahwa sebenarnya sujud bukan hanya bisa dilakukan saat sedang salat saja. Akan tetapi sujud juga bisa dilakukan dalam berbagai hal misalnya saja ketika mendapatkan nikmat dari Allah.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY