Ganjaran Bagi Anak Yang Durhaka, Hati-Hati!

0
98
Ganjaran Bagi Anak Yang Durhaka 2

Ganjaran bagi anak – Durhaka merupakan istilah yang ditujukan bagi seorang anak yang menyakiti orang tuanya. Baik itu dengan ucapan maupun perbuatan. Islam telah mengajarkan kaum muslimin untuk berbuat baik kepada kedua orang tua. Sehingga sikap seperti ini tentu saja menyimpang dari ajaran islam dan dibenci oleh Allah SWT.

Dalam Islam, Allah menempatkan kedudukan orang tua sebagai orang yang harus dihormati dan diperlakukan dengan baik. Sehingga anak yang durhaka sudah pasti akan berbuat yang bertentangan dengan apa yang Allah perintahkan. Bahkan bisa jadi justru berbuat zalim kepada kedua orang tua sehingga menyebabkan terlukanya hati orang tua. Jika sudah begini, maka bersiap untuk mendapatkan murkanya Allah SWT.

Ganjaran Bagi Anak Yang Durhaka, Begini Menurut Islam

Ganjaran Bagi Anak Yang Durhaka 1

Ganjaran bagi anak yang durhaka tentu sebanding dengan apa yang sudah diperbuatnya kepada orang tua. Allah akan memberikan balasan yang sesuai bagi anak yang tidak berbuat baik dan bahkan mendzalimi kedua orang tuanya. Sebagai seorang muslim, kita perlu memahami bahwasanya dalam ayat Al Quran sudah ditegaskan bagaimana mulinya orang tua hingga bahkan doanya bisa menjadi yang paling mustajab.

۞ وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.

Dalam ayat ini telah Allah tegaskan tentng bagaimana kaum muslimin harus memperlakukan kedua orang tua dengan baik. Bahkan sekedar mengatakan “ah” pun ini hukumnya dilarang. Itu artinya, Allah memuliakan mereka hingga Allah dapat melaknat siapapun yang berlaku buruk kepada orang tuanya sendiri.

Lalu apa ganjaran bagi seorang anak yang durhaka?

Kehilangan Keberkahan Hidup

Anak yang durhaka terhadap orang tua dapat kehilangan keberkahan dalam hidup. Islam mengajarkan bahwa taat kepada orang tua adalah pintu menuju kebaikan serta kemudahan dalam hidup. Apalagi ridho orang tua menjadi penentu ridho Allah SWT. Namun, bagi seorang anak yang durhaka, pintu tersebut akan tertutup.

Banyaknya Ujian Dalam Hidup

Durhaka kepada orang tua adalah perbuatan yang bertentangan dengan ajaran islam dan juga perintah Allah SWT. Sehingga seorang anak yang durhaka akan mendapatkan ganjaran dari apa yang diperbuatnya. Salah satunya adalah menghadapi lebih banyak ujian atau kegagalan dalam hidup. Sehingga yang didapat hanyalah kerugian.

Tertutup Pintu Rezeki

Salah satu penyebab seseorang berhasil dan berlimpah rezekinya, tidak lain adalah karena doa orang tua. Namun bagi anak yang durhaka, tentu saja akan menjauhkan dari ajaibnya doa kedua orang tua. Sehingga ini dapat menjadi sebab tertutupnya pintu rezeki.

Ganjaran bagi anak – Seorang anak yang durhaka akan mendapatkan ganjaran yang sesuai. Bahkan Allah akan memberikan balasan yang jauh lebih pedih. Hal ini dikarenakan orang tua seharusnya diperlakukan dengan baik. Bukan hanya menyebabkan jauhnya keberkahan, kebahagiaan dan kemudahan dalam hidup. Namun surganya Allah pun akan semakin jauh.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Isra’ Ayat 23

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY