Eny Sagita Sindir Pedas Nella Kharisma lewat Status Instagram, Ini Hukum dan Adabnya Menurut Islam

0
34

Eny Sagita – Pedangdut Eny Sagita melempar sindiran pedas pada rekan sesama profesinya, Nella Kharisma. Sindiran tersebut diunggah Eny melalui instagram pribadinya @eny_sagitathementhul.

Namun bukanlah terkait pernikahan Nella yang baru saja digelar beberapa waktu lalu. Melainkan mengenai karirnya.

Eny geram karena orang-orang sudah memutar balikan fakta. Ia meminta Nella untuk segera berkata jujur pada publik terkait orang yang berada di belakang kesuksesan karirnya. Eny pun menyebut sederet nama yang andil dalam perjalanan karir Nella Kharisma.

Sobat Cahaya Islam menyindir merupakan tindakan mengejek atau mencela. Sementara dalam kacamata Islam menyindir dengan tujuan menyakiti, balas dendam atau pun iri maka dilarang agama.

Sedangkan menyindir dengan tujuan merubah sikap seseorang menjadi lebih baik diperbolehkan namun tidak dengan cara menyakiti hatinya.

Eny Sagita Sindir Nella Kharisma Lewat Status Instagram, Ini Hukum Menyindir dalam Islam

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِّن قَوْمٍ عَسَىٰٓ أَن يَكُونُوا۟ خَيْرًا مِّنْهُمْ وَلَا نِسَآءٌ مِّن نِّسَآءٍ عَسَىٰٓ أَن يَكُنَّ خَيْرًا مِّنْهُنَّ ۖ وَلَا تَلْمِزُوٓا۟ أَنفُسَكُمْ وَلَا تَنَابَزُوا۟ بِٱلْأَلْقَٰبِ ۖ بِئْسَ ٱلِٱسْمُ ٱلْفُسُوقُ بَعْدَ ٱلْإِيمَٰنِ ۚ وَمَن لَّمْ يَتُبْ فَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلظَّٰلِمُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.” (QS Al-Hujarat:11)

Sindiran adalah sikap yang dilarang oleh Islam karena menyakiti hati orang lain sehingga termasuk ke dalam bentuk kedzoliman.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱجْتَنِبُوا۟ كَثِيرًا مِّنَ ٱلظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ ٱلظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا۟ وَلَا يَغْتَب بَّعْضُكُم بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَن يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ تَوَّابٌ رَّحِيمٌ

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.” (QS Al Hujurat:12)

Adab Menyindir dalam Islam

Jika memberi nasihat dengan cara menyindir maka sebisa mungkin tidak menyakiti perasaan orang yang akan diberi nasihat. Berikut ini adab menyindir:

1. Berharap Ridha Allah SWT

Tujuan memberi nasihat dengan cara menyindir yaitu agar mendapat ridha dari Allah. Contohnya seperti memberi nasihat dengan tujuan merubah akhlak seseorang menjadi lebih baik dan mendapat pahala dari Allah.

2. Tidak Mempermalukan Orang Lain

Jika bertujuan memberi nasihat dengan cara menyindir maka harus memperhatikan posisinya. Jangan sampai sikap ini dilakukan di depan banyak orang, karena orang tersebut akan malu terlebih lagi jika menggunakan nada kasar.

3. Diberikan Secara Rahasia

Menyindir orang lain dengan tujuan memberi nasihat dianjurkan dilakukan secara rahasia, di saat suasana hati sedang baik. Sehingga terhindar dari prilaku dzolim.

4. Bersikap Halus dan Sopan

Memberikan sindiran dengan tujuan yang baik harus dilakukan dengan sikap yang halus dan sopan karena sindiran diibaratkan sebagai membuka pintu hati seseorang. Maka gunakanlah sikap yang menyentuh hati tanpa menyakitinya sebagai kunci membuka pintu hatinya.

Sobat Cahaya Islam, itulah hukum dan adab memberi sindiran pada orang lain. Maka Islam melarang keras orang yang menyindir dengan cara menyakiti hati orang lain terlebih lagi jika dilakukan di depan orang banyak,.

Menyindir seseorang lewat media sosial seperti yang dilakukan Eny Sagita terhadap Nella Kharisma bukannlah hal baru. Namun sebagai seorang muslim tentunya kita harus menhindari perbuatan dosa itu.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!