Lafadz Doa Masuk Surga Bersama Keluarga, Rutin Amalkan Setelah Sholat

0
1017
doa masuk surga bersama keluarga

Doa masuk surga bersama keluarga – Masuk surga bersama keluarga tentunya harapan setiap orang. Sebagai ikhtiarnya, Sobat Cahaya Islam perlu merutinkan membaca doa masuk surga bersama keluarga, akan lebih baik lagi jika menghafalkannya.

Tenang saja, beberapa lafadz-nya tidak panjang sehingga mudah dihafalkan dalam waktu singkat, bahkan dalam hitungan jam saja.

Mengenal Apa Itu Surga

Tentu sudah sering mendengar kata-kata terkait surga. Lalu, sebenarnya apa itu surga dan bagaimana cara ke sana? Surga adalah tempat yang berisi banyak sekali kenikmatan. Tempat ini diperuntukkan bagi orang-orang yang taat kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW.

doa masuk surga bersama keluarga

Penjelasan tersebut terdapat dalam Al-Quran surah an-Nisa ayat 13 yang berbunyi sebagai berikut:

تِلْكَ حُدُودُ ٱللَّهِ ۚ وَمَن يُطِعِ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥ يُدْخِلْهُ جَنَّٰتٍ تَجْرِى مِن تَحْتِهَا ٱلْأَنْهَٰرُ خَٰلِدِينَ فِيهَا ۚ وَذَٰلِكَ ٱلْفَوْزُ ٱلْعَظِيمُ

Lafadz latin: Tilka ḥudụdullāh, wa may yuṭi’illāha wa rasụlahụ yudkhil-hu jannātin tajrī min taḥtihal-an-hāru khālidīna fīhā, wa żālikal-fauzul-‘aẓīm

Artinya: “(Hukum-hukum tersebut) itu adalah ketentuan-ketentuan dari Allah. Barangsiapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya, niscaya Allah memasukkannya ke dalam surga yang mengalir di dalamnya sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah kemenangan yang besar,”

Untuk mendapatkan surga, manusia harus sabar dalam menghadapi seluruh ujian yang menimpa. Perlu diketahui, Allah SWT tidak membebani suatu kaum dengan cobaan di atas kemampuannya. Penjelasannya ada di QS Al-Baqarah ayat 285 berikut:

Artinya: Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”.

Kumpulan Doa Masuk Surga Bersama Keluarga

Sebagai seorang kepala keluarga, rasanya sangat perlu merutinkan untuk membaca doa masuk surga bersama keluarga. Tujuannya supaya nantinya dikumpulkan di surga bersama dengan anak, istri, orang tua, dan kerabat. Berikut lafadz arab, latin, dan terjemahnya:

1. Doa Masuk Surga Singkat

Pertama, ada doa masuk surga yang terdiri dari satu kalimat singkat saja. Sebaiknya dihafalkan agar bisa setiap hari melafadzkannya, terutama di waktu-waktu mustajab seperti setelah sholat lima waktu, sewaktu hujan, dan lainnya. Berikut lafadznya:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنَ النَّارِ

Lafadz latin: Allahumma inni as-alukal jannah, wa a’uudzu bika minan-naar.

Artinya: “Ya Allah, aku mohon kepada-Mu surga, dan berlindung kepada-Mu dari neraka.”

2. Doa Masuk Surga Lengkap

doa masuk surga bersama keluarga

Dalam doa ini sudah merangkum hal-hal yang dibutuhkan manusia, termasuk keberkahan rezeki, limpahan ilmu, taubat, dan kemuliaan setelah kematian. Berikut lafadz doanya:

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ“

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut. Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab.”

3. Doa Pembuka Pintu Surga

Surga merupakan tempat yang disediakan untuk umat Islam sebagai wujud kasih sayang Allah SWT. Untuk membuka pintu surga, selain amar ma’ruf nahi munkar, Sahabat Cahaya Islam juga perlu rajin berdoa dengan doa berikut:

أشهد أن لا إله َ الا اللهُ وحده لا شريك له، وأشهد أنَّ محمدًا عبدُه ورسولُه . اللهم اجعلني من التوابين، واجعلني من المتطهِّرين

Lafadz latin: Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu la syarikalahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluhu, allahummaj’alni minat tawwabina waj’alni minal mutathahhirin.

Artinya: “Saya bersaksi tidak ada Tuhan selain Allah, satu-satunya Tuhan dan tiada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya, ya Allah, jadikanlah aku bagian orang-orang yang tobat dan jadikanlah aku bagian dari orang-orang yang menyucikan diri.”

Jangan lupa selalu membaca doa masuk surga bersama keluarga sesuai yang disebutkan di atas. Usahakan cari waktu-waktu mustajab agar kemungkinan dikabulkan semakin tinggi.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY