Depresi, Islam Sudah Bocorkan Cara Menghindarinya

0
43

Depresi – Ketika seseorang mengalami masalah hidup yang begitu berat maka pikiran dan hati akan terasa runyam. Hanya keimanan yang mampu menjaga seseorang mengalami depresi atau stres yang berlebihan. Depresi merupakan sebuah gangguan pada jiwa akibat tekanan dari luar yang kemudian mempengaruhi pikiran.

Kita tentu juga sudah pernah merasa tertekan ketika menjalani hidup ini. Dalam menjalani kehidupan kita harus berhadapan dengan berbagai macam ujian. Kita harus menyadari bahwa hidup memang tidak pernah lepas dari yang namanya cobaan. Karena Allah menciptakan manusia di dunia bukan untuk bersenang-senang melainkan untuk beribadah.

Menghindari Depresi dengan Berdzikir

Setiap manusia memiliki masalah nya masing-masing.Tidak ada manusia di dunia ini yang tidak mengalami cobaan. Bahkan kekayaan atau kebahagiaan yang Allah berikan kepada manusia juga merupakan bentuk ujian.

Semuanya adalah untuk mengukur bagaimana tingkat keimanan dan ketakwaan seseorang kepada Allah.Semakin tinggi tingkat keimanan seseorang maka semakin berat juga ujian yang Allah berikan. Namun kita harus ingat bahwa ujian yang Allah berikan kepada seseorang yang tidak akan melampaui batas kemampuannya.

“Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (Q.S. Al-Baqarah: 286)

Cara yang paling ampuh untuk menghindarkan kita dari depresi ketika mengalami ujian yang berat adalah dengan selalu mengingat Allah.Orang yang beriman di setiap waktu hendaknya selalu berdzikir kepada Allah. Dengan begitu masalah apapun yang harus dihadapi akan terasa lebih mudah dilalui. Ketika Allah memberikan ujian kepada seseorang maka akan menggantinya dengan kebahagiaan yang tidak terduga. Seperti dalam sebuah ayat berikut ini:

“Dan boleh jadi kamu membenci sesuatu tetapi ia baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu tetapi ia buruk bagimu, dan Allah mengetahui dan kamu tidak mengetahui“ (Q.S. Al-Baqarah:216)

Hidup adalah Ujian

Dalam menjalani hidup mulai dari sejak dilahirkan hingga sampai ke liang lahat kita harus selalu siap menghadapi ujian dan cobaan dari Allah. Bahkan anak-anak yang masih kecil saja sudah memiliki masalahnya masing-masing apalagi kita yang sudah dewasa.

Mengeluh akan ujian yang Allah berikan hanya akan membuat hidup terasa semakin berat. Cara agar kita tidak depresi dan bisa menyelesaikan kan ujian dengan baik adalah dengan mengingat kisah para rasul. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam serta para nabi yang yang Allah cintai saja diberikan ujian yang begitu berat. Ujian berat tersebut dapat dilewati dengan baik karena keimanan yang kuat.

Kita juga harus ingat bahwa Firaun yang kaya raya dan memiliki kedudukan tinggi di dunia saja belum tentu mendapatkan kasih sayang Allah. Jadi, kekayaan atau ujian yang berupa kesusahan bukanlah tolak ukur kesuksesan dalam menjalani hidup.

Ketenangan Hanya Ada di Surga

Apabila kita ingin agar hidup kita selalu tenang satu-satunya cara adalah dengan selalu mendekatkan diri kepada Allah. Banyak orang yang merasa depresi ketika mengalami masalah sederhana apalagi jika mengalami masalah yang besar.

Bagian mereka yang tidak beriman, biasanya akan lari dari masalah dengan cara yang tidak baik misalnya saja seperti mabuk-mabukan, dugem, mengkonsumsi obat-obatan terlarang dan bahkan bunuh diri.

Kita adalah umat yang beriman kepada Allah sehingga satu-satunya cara untuk menghindari depresi dan menyelesaikan masalah adalah dengan menyerahkan semuanya kepada Allah. Kita harus ingat bahwa di dunia ini bukanlah tempat untuk mendapatkan kebahagiaan dan ketenangan karena hidup didunia hanyalah untuk beribadan dan menjalani ujian adalah bentuk ibadah. Ketenangan dan kebahagiaan yang hakiki hanya akan kita rasakan setelah kita berada di surga nanti.

Ujian Meningkatkan Derajat Ketakwaan

Coba cahaya Islam, saat ini memang kita sering mendengar berita kematian dari orang-orang terkenal atau public figure akibat mengalami depresi. Orang-orang yang mengalami depresi lalu bunuh diri adalah karena mereka tidak memiliki keimanan yang kuat.

Kita sebagai orang yang beriman untuk selalu bertakwa kepada Allah. Ujian yang kita jalani selama hidup akan memberikan banyak hikmah dan pelajaran. Apabila kita bisa melewatinya dengan penuh kesabaran maka Allah akan memberikan balasan yang luar biasa dan tak terduga. Wallahu alam bissawab.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!