Apa Saja Manfaat dari Perilaku Amanah?

0
194
manfaat dari perilaku amanah

Manfaat dari perilaku amanah – Sobat Cahaya Islam, amanah merupakan ajaran mendasar dalam Islam. Setiap muslim hendaknya menghiasi dirinya dengan sikap amanah. Menjaga amanah memiliki banyak faedah dalam kehidupan. Mengetahui manfaat dari perilaku amanah akan semakin memotivasi untuk selalu menunaikannya.

Pengertian Amanah

Ayat Al-Qur’an tentang amanah adalah, “Hai, orang-orang beriman, janganlah kalian mengkhianati Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kalian mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepada kalian, sedangkan kalian mengetahui.” (QS Al-Anfal: 27)

Ibnu Abbas menyebutkan bahwa amanah adalah sesuatu yang dipercayakan oleh Allah kepada hamba-Nya, yakni hal-hal yang fardhu. Laa takhuunuu artinya janganlah kalian merusak amanat. Riwayat lain menyebutkan bahwa maksud dari mengkhianati amanat adalah meninggalkan perintah-Nya dan mengerjakan kemaksiatan.

Selama ini kebanyakan muslim memandang amanat hanya dalam pengertian sempit, yakni barang titipan. Padahal sebenarnya makna amanat sangatlah luas, mencakup amanat-amanat dari Allah ‘Azza wa Jalla kepada manusia. Seluruh aspek kehidupan manusia adalah amanat dari-Nya.

Ayat berikut ini sangat sesuai untuk menggambarkan bagaimana makna dan kedudukan amanah, “Kami telah menawarkan amanat kepada langit, bumi, dan gunung. Semuanya menolak dan khawatir akan mengkhianatinya. Kemudian manusia memikulnya. Sungguh dia amat zalim dan bodoh.” (QS Al-Ahzab: 72)

Demikianlah, amanah mencakup hubungan manusia dengan Allah Ta’ala dan dengan makhluk. Sehingga amanah tidak hanya berupa menyampaikan barang titipan kepada yang berhak saja. Bahkan menjaga lisan dan pandangan juga merupakan bagian dari menunaikan amanah. Bukankah Allah yang telah mengamanahkan keduanya?

Jenis-jenis Amanah

Begitu luasnya cakupan amanah. Sebagian ulama mengelompokkannya ke dalam beberapa bagian. Namun, hal ini bukanlah sesuatu yang bersifat baku.

manfaat dari perilaku amanah

Adapun jenis-jenis amanah adalah:

1.     Amanah harta dan barang titipan

Jenis ini yang paling masyhur dan paling banyak tersebar di antara manusia. Menilai penunaian amanah harta dan barang titipan merupakan yang paling mudah.

2.     Amanah jual beli

Penjual yang amanah akan mendapat kepercayaan konsumen. Sikap amanah sangat membantu seseorang dalam berbisnis.

3.     Amanah menjaga rahasia

Menjaga kehormatan sesama muslim adalah kewajiban, apalagi jika berkaitan dengan perkara-perkara rahasia. Termasuk dalam amanah jenis ini adalah tidak menyebarkan aib saudaranya.

4.     Amanah keluarga

Selain kewajiban untuk berbuat baik kepada mereka, setiap muslim juga berkewajiban membimbing keluarganya untuk meraih Surga-Nya.

5.     Amanah fisik dan akal

Setiap muslim wajib menjaga badan dan pikirannya yang merupakan amanah dari Allah Ta’ala. Karenanya Islam memerintahkan untuk selalu menjaga kesucian dalam perbuatan.

6.     Amanah agama

Selain mempelajari dan menjalankan perintah agama, setiap muslim juga memiliki kewajiban untuk menyampaikannya. Berdakwah bukan hanya kewajiban para ulama saja. Setiap orang dapat berdakwah dengan cara-cara yang mudah, apalagi di zaman media sosial seperti sekarang.

3 Manfaat dari Perilaku Amanah

manfaat dari perilaku amanah

Sobat Cahaya Islam, setiap perintah Allah Ta’ala pastilah mengandung banyak hikmah, demikian juga dengan menunaikan amanah. Lantas apa saja manfaat dari perilaku amanah? Silakan Sobat simak uraiannya berikut ini:

1.     Menghapus dosa-dosa

Hal ini terekam dalam hadits mulia yang bermakna, “Shalat lima waktu, Jumat ke Jumat, dan menunaikan amanah, menghapus dosa yang terjadi di antara keduanya.” (HR Ibnu Majah no. 590)

2.     Mendapat jaminan Surga

Rasulullah saw bersabda dalam sebuah hadits bahwa umatnya yang jujur dalam berbicara, menepati janji, menunaikan amanah, menjaga kehormatan, dan menjaga pandangan, serta memelihara tangannya. (HR Ahmad no. 5/323)

3.     Memperoleh kedudukan yang tinggi

Nabi Muhammad saw menjelaskan bahwa pedagang yang jujur dan amanah akan bersama para Nabi, shiddiqin (orang-orang yang jujur), dan orang-orang yang mati syahid. (HR Ibnu Majah no. 2319)

Demikian, Sobat Cahaya Islam, pengertian, jenis, dan manfaat dari perilaku amanah. Sungguh luas makna amanah. Setiap usaha menunaikannya mudah-mudahan menjadi berkah.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY