Celana Gisella Anastasia yang Melorot, Ini Aturan Berpakaian dalam Islam

0
284
celana Gisella Anastasia melorot

Celana Gisella Anastasia Melorot – Belakangan ini banyak sekali momen menghebohkan dan menjadi perbincangan hangat warganet. Salah satunya ada momen yang menampilkan celana Gisella Anastasia merosot atau melorot.

Celana sang artis yang turun tersebut menjadi heboh setelah tersebar dalam video. Sontak saja  banyak warganet yang membicarakan Gisella Anastasia.

Video Celana Gisella Anastasia Merosot

Berdasarkan informasi yang beredar, video celana Gisella Anastasia melorot terjadi ketika ia tengah diwawancarai. Video yang memperlihatkan celana melorot Gisella Anastasia itu beredar di TikTok.

Pada akhirnya videonya menjadi viral di sosial media dan mendapat berbagai komentar dari warganet. Awalnya, video tersebut diposting oleh akun TikTok bernama Ilmareied.

Dalam video, mantan istri Gading Marten ini tampak berada di sebuah dermaga. Kabarnya Gisella Anastasia tengah di dermaga yang berada di salah satu pantai Gorontalo.

Kemudian Gisella Anastasia menjalani wawancara tentang pengalamannya saat menyelam di laut Gorontalo. Ketika memperkenalkan dirinya, artis cantik tersebut memamerkan lokasi menyelam yang indah dan bersih.

Tetapi warganet justru menyorot hal lain, yakni celana Gisel yang melorot. Hal ini yang memicu komentar bernuansa negatif dari warganet.

Namun tak sedikit warganet yang menduga bahwa itu merupakan pakaian selam yang sengaja Gisel lepaskan.

Berpakaian yang Benar dalam Islam

Sobat Cahaya Islam, video celana Gisella Anastasia melorot tentu bukanlah tontonan yang layak menjadi konsumsi publik. Namun dari video tersebut, Sobat bisa mengambil hikmah agar berpakaian yang benar dan sesuai dengan syariat islam.

Memang agama islam tidaklah menentukan model pakaian tertentu untuk umatnya. Islam menyerahkan sepenuhnya kepada manusia untuk berkreasi saat berpakaian selama mengikuti aturan islam.

Walaupun islam tak menjelaskan model pakaian islami, namun terdapat peraturan tersendiri. Sebab islam menjelaskan tentang aturan umum serta etika berpakaian yang harus Sobat pahami dan amalkan.

Terlebih, fungsi utama pakaian dalam islam yaitu menutup aurat. Karena itu, kejadian celana yang turun atau melorot tidak akan menimpa Sobat.

Aturan Berpakaian dalam Islam

Sobat Cahaya Islam, berikut ini ada beberapa aturan umum berpakaian dalam islam yang perlu Sobat ketahui:

1.       Menutup Aurat

Aturan pertama yaitu menutup aurat yang juga dasar supaya pakaian itu termasuk sesuai hukum islam. Sebagai informasi, aurat pria yakni antara pusar hingga lutut.

celana Gisella Anastasia melorot

Sedangkan aurat wanita yakni semua badan terkecuali wajah dan kedua telapak tangannya. Syariat menutup aurat sudah ada sejak masa nabi Adam yang  tertuang dalam:

فَلَمَّا ذَاقَا الشَّجَرَةَ بَدَتْ لَهُمَا سَوْآتُهُمَا وَطَفِقَا يَخْصِفَانِ عَلَيْهِمَا مِنْ وَرَقِ الْجَنَّةِ

“(Yakni serta-merta dan dengan cepat) tatkala keduanya telah merasakan buah pohon itu, tampaklah bagi keduanya, aurat masing-masing dan mulailah keduanya menutupinya dengan daun-daun surga secara berlapis-lapis.)” (Q.S Al-A’raf [7]: 22)

2.       Tidak Tembus Pandang

Pakaian tembus pandang dan memperlihatkan bentuk tubuh, bukan termasuk pakaian yang islami. Pasalnya pakaian tersebut secara tak langsung tidak menutup aurat orang yang menggunakannya.

Pemilihan warna dan bahan menentukan pakaian itu transparan atau tidak terutama saat keringatan maupun kehujanan. Karena itu, sebaiknya Sobat memilih bahan yang baik supaya tidak transparan.

Anjuran tersebut sejalan dengan:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَمْ أَرَهُمَا، قَوْمٌ مَعَهُمْ سِيَاطٌ كَأَذْنَابِ الْبَقَرِ يَضْرِبُونَ بِهَا النَّاسَ، وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مُمِيلَاتٌ مَائِلَاتٌ، رُءُوسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَائِلَةِ، لَا يَدْخُلْنَ الْجَنَّةَ، وَلَا يَجِدْنَ رِيحَهَا، وَإِنَّ رِيحَهَا لَيُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ كَذَا وَكَذَا»

Artinya:

“Diriwayatkan oleh Abu Hurairah: ”Dua (jenis manusia) dari ahli neraka yang aku belum melihatnya sekarang yaitu; kaum yang membawa cemeti-cemeti seperti ekor sapi, mereka memukul manusia dengannya, dan wanita-wanita yang berpakaian tapi telanjang, berjalan berlenggak lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang condong. Mereka tidak akan masuk surga bahkan tidak akan mendapat wanginya, dan sungguh wangi surga itu telah tercium dari jarak perjalanan sekian dan sekian.” (Shohih Muslim/2128)

3.       Tidak Mewah

Berpakaian yang sesuai dengan syariat islam yaitu sederhana. Pasalnya kesederhanaan dalam semua hal termasuk berpakaian merupakan bagian dari iman.

celana Gisella Anastasia melorot

Nabi Muhammad SAW bersabda:

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «الْبَذَاذَةُ مِنَ الْإِيمَانِ

“Rasulullah saw., bersabda kesederhanaan adalah bagian dari iman.” (Sunan Ibn Majah/1379)

Sobat Cahaya Islam, itulah beberapa hal yang perlu Sobat perhatikan ketika memilih pakaian dalam agar sesuai dengan syariat islam. Dengan menerapkan beberapa poin di atas, tentu Sobat tidak akan mengalami kejadian seperti celana Gisella Anastasia melorot.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY