Cari Kenalan di Facebook Malah Kena Tipu, Begini Menurut Islam

0
743
Cari Kenalan di Facebook 1

Cari kenalan di facebook – Seorang pria bernama Muskin asal Tangerang ditangkap oleh polisi karena menipu dan membawa kabur motor serta handphone para korbannya. Pria ini beraksi melalui facebook dengan modus mengajak kenalan sang korban hingga ajakan untuk ngopi. Korban yang menjadi sasaran pun merupakan ibu-ibu muda yang single parent dan juga memasang foto profilnya sendiri.

Cari Kenalan di Facebook 1

Media sosial memang merupakan media yang mudah untuk bersosialisasi. Sehingga tidak jarang masyarakat sekarang mudah mengenal orang lain hanya melalui media sosial ini. Namun sayangnya, kemudahan teknologi justru membuka peluang kejahatan seperti penipuan yang marak terjadi. Belum lagi kemungkinan tindakan kriminal lainnya. Lalu bagaimana menurut pandangan islam?

Cari Kenalan di Facebook Malah Kena Tipu, Bagaimana Menurut Islam?

Cari Kenalan di Facebook 2

Cari kenalan di facebook jusru berujung ditipu. Seorang pria sengaja mengajak kenalan para ibu muda yang merupakan single parent hingga mengajak kopi darat. Namun kemudian justru membawa kabur barang-barang para korbannya. Dalam hal ini, tentu saja tindakan yang tidak dibenarkan. Itulah kenapa di ajaran agama islam sendiri terdapat batasan dalam penggunaan media sosial atau pergaulan dengan lawan jenis.

Apabila kamu meminta sesuatu (keperluan) kepada mereka (isteri-isteri Nabi), maka mintalah dari belakang tabir. Cara yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka. 

Ayat ini menggambarkan bagaimana Allah meminta kita sebagai seorang muslim untuk membatasi diri dalam pergaulan dengan lawan jenis. Tentu saja hal ini adalah untuk menjaga diri kita sendiri dari segala kemungkinan kemaksiatan yang bisa saja terjad. Terlebih lagi dalam ayat Al Quran juga ditegaskan bagaimana kaum muslimin bahkan tidak boleh mendekati zina. Seperti berduaan atau berbaur dengan lawan jenis tanpa batasan.

Lalu bagaimana menurut pandangan islam tentang maraknya mencari kenalan dari sosial media seperti facebook?

Mencari relasi atau kenalan dari sosial media sebenarnya bukanlah sesuatu yang harus dipermasalahkan. Namun dengan banyaknya kriminalitas yang berasal dari media sosial, tentu saja ini menjadi peringatan untuk kita. Dan lagi sebagai seorang muslim, berhubungan intens dengan lawan jenis juga bisa melanggar ajaran agama lho sobat CahayaIslam. Apalagi yang banyak terjadi adalah berbuat yang mendekati zina.

Bagi sobat CahayaIslam semuanya, ada beberapa hal yang harus dperhatikan dari penggunaan sosial media. Terlebih jika berkaitan dengan hubungan lawan jenis.

Tidak Mudah Percaya

Media sosial adalah dunia maya, atau bisa dibilang media online yang berbeda secara realnya. Itu sebabnya, cara membenteng diri adalah dengan tidak mudah percaya. Sehingga kemungkinan untuk ditipu pun kecil tentu saja. Ini juga menjauhkan kita dari kemaksiatan yang berasal dari sosial media.

Membatasi Diri Dari Lawan Jenis

Membatasi diri juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan saat berhubungan dengan lawan jenis. Dalam ajaran islam, kaum muslimin dilarang untuk berduaan dengan lawan jenis. Itu sebabnya, akan lebih baik membatasi diri saat bergaul dan juga menghindari pertemuan seperti ajakan kopi darat seperti kasus diatas.

Cari kenalan di facebook – Para ibu muda justru ditipu dan kehilangan beberapa barang berharga. Ini menjadi pelajaran ya sobat CahayaIslam agar kita berhati-hati dalam menggunakan sosial media.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Ahzab Ayat 53

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY