Cara Menghindari Penyakit Ain menurut Islam

0
773
Menghindari penyakit Ain

cahayaislam.id – Menghindari penyakit Ain menjadi salah satu perkara yang masih asing di telinga banyak orang awam. Penyakit ini merupakan suatu gangguan yang mana dipercaya orang umat Muslim.

Bahkan penyakit ini pun tak pandang bulu, bisa menyerang siapa pun, baik yang masih muda, tua, laki-laki maupun perempuan. Mengenai penyakit Ain memang diketahui sudah ada sejak zaman Rasulullah SAW.

Orang yang terkena penyakit ini biasanya memiliki gangguan dalam kehidupannya, baik fisik maupun psikologis. Sedangkan penyebabnya adalah dikarenakan ada orang yang iri maupun dengki.

Orang yang hatinya kotor penuh kebencian tersebut kemudian membuat kejahatan dengan bantuan pengaruh dari setan. Meskipun hukumnya dosa dan bertentangan dengan ajaran agama namun masih ada saja orang yang tetap melakukannya.

Secara umum, penyakit Ain lebih dikenal dengan istilah kena mata, mata jahat, atau evil eye. Yang mana diyakini bahwa seseorang bisa berada dalam bahaya hanya jika orang yang berniat jahat memandang mata korbannya itu.

Orang yang tega memberi penyakit Ain adalah mereka yang hatinya dipenuhi dengan pikiran negatif. Sehingga melakukan hal keji karena hati dan akalnya dipicu oleh rasa iri atas nikmat yang dimiliki orang lain.

Ada pula perasaan kagum yang juga bisa mendatangkan Ain,  obsesinya terhadap orang lain juga membahayakan korban. Bahkan penyakit ini bisa terjadi meski tanpa melihat langsung sang korban, contohnya saja melalui foto maupun video.

Maka sangat dianjurkan bagi kita untuk sebanyak mungkin berdoa agar dapat dijauhkan dari sifat-sifat tak terpuji. Seperti iri maupun dengki, sifat buruk sangka pada orang lain, serta dari sifat marah yang berlebihan.

Dalam Hadist Riwayat Muslim, Rasulullah Shalallahu’alaihi Wasallam bersabda:

“Ain itu benar-benar ada. Andaikan ada sesuatu yang bisa mendahului takdir, sungguh ‘ain itu bisa.” (HR. Muslim No.2188).

Cara Menghindari Penyakit Ain

Meskipun ini penyakit yang membahayakan namun semua masih bisa dihindari dan dicegah dengan mencari perlindungan Allah SWT.

Lantas bagaimana caranya? Demikian penjelasannya.

Senantiasa Mengucapkan Pujian

Penyakit Ain bisa dicegah dengan senantiasa mengucapkan kalimat pujian seperti Tabarakallah atau MasyaAllah.

Membaca Surat-surat Alquran

Yang kedua, dengan cara membaca surat Al-Ikhlas, surat Al-Falaq dan surat An-Nas dari Alquran.

Menghindari penyakit Ain

Tepatnya dibaca tiga kali setelah subuh dan juga setelah sholat maghrib. Apabila dilakukan secara istiqomah insyaAllah dapat menghindarkan dari penyakit Ain yang disebutkan di atas.

Bertawakal

Selain itu, sudah sepatutnya sebagai hamba kita harus selalu bertawakal kepada Allah SWT. Sebab hanya Allah lah yang bisa menjaga kita dari segala mara bahaya.

Hendaklah terus berdoa memohon ampunan dan perlindungan dari orang yang berniat jahat maupun yang terpukau. Sebab jika kedua hal tersebut berada di bawah alam sadar yang mendapat bisik dan rayu setan maka bisa mendatangkan musibah bagi orang lain.

Ruqyah

Bagi seseorang yang sedang terkena penyakit Ain, maka bisa disembuhkan dengan cara ruqyah sesuai syariat agama Islam. Yakni membaca dalam bahasa arab atau bahasa yang bisa dipahami oleh orang-orang pada umumnya.

Menghindari penyakit Ain

Karena tidak diperbolehkan bagi umat Muslim menggunakan jimat atau sihir meskipun bertujuan membantu menyembuhkan orang yang terkena penyakit Ain.

Demikian di atas adalah ulasan mengenai cara menghindari penyakit Ain menurut syariat agama Islam. Semoga artikel ini bermanfaat!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY