Mengagungkan Ramadhan, Bulan yang Mulia

0
64
Mengagungkan Ramadhan

Mengagungkan Ramadhan – Salah satu anugerah yang Allah berikan kepada kita adalah bulan Ramadhan. Kemuliaannya membuat amalan apa saja menjadi Istimewa di bulan ini. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita sebagai umat Islam mengagungkan bulan Ramadhan. Jangan sampai bulan yang Istimewa ini menjadi biasa-biasa saja.

Puasa Menghapuskan Dosa

Saking mulianya bulan Ramadhan, Allah menjadikan bulan ini sebagai penghapus dosa yang telah lampau bagi umat Islam yang berpuasa. Dalam hal ini, Rasulullah bersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ ‏

“Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala, dosa-dosaya yang telah lampau akan diampuni.” (1)

Seperti kita tahu, puasa Ramadhan termasuk salah satu rukun Islam. Bahkan, para ulama mengatakan bahwa puasa Ramadhan termasuk rukun Islam yang paling fundamental. Jadi, jangan sampai kita meninggalkan kewajiban puasa Ramadhan. Tentu saja, ini termasuk salah satu cara terbaik untuk mengagungkan atau memuliakan bulan tersebut.

Mengagungkan Ramadhan dengan Shalat Tarawih

Malam hari di bulan Ramadhan juga penuh dengan keagungan. Tak heran jika umat muslim semangat melakukan tadarus Al-Qur’an dan shalat malam (qiyamul lail). Salah satunya adalah shalat Tarawih. Rasulullah bersabda:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa mendirikan (shalat) malam di bulan Ramadhan karena iman dan mencari Ridha Allah, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lampau.” (2)

Jadi, sebisa mungkin umat muslim meluangkan waktu untuk shalat Tarawih ataupun shalat sunnah lainnya seperti shalat Witir. Mendirikan shalat Tarawih pun juga menjadi bukti umat Islam untuk mengagungkan bulan Ramadhan yang mulia ini.

Memuliakan Ramadhan dengan Tadarus Al-Qur’an

Cara lain untuk menghormati Ramadhan sebagai tamu yang agung adalah dengan memperbanyak membaca Al-Qur’an. Pasalnya, membaca Al-Qur’an termasuk salah satu ibadah dengan pahala yang luar biasa, sebagaimana sabda Nabi:

 مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا

“Barangsiapa membaca 1 huruf dari Al-Qur’an, baginya 1 kebaikan. Dan 1 kebaikan itu dibalas 10x lipatnya.” (3)

Hadits ini bukan hanya sekedar informasi, tapi juga motivasi agar seluruh umat Islam lebih semangat untuk membaca Al-Qur’an karena pahalanya yang sangat besar. Apalagi suasana Ramadhan di Indonesia sangat mendukung untuk melakukan tadarus Al-Qur’an. Maka, kita harus bersyukur tinggal di Indonesia di mana nuansa Ramadhan sangat terasa setiap malamnya.

Jika demikian, tak ada alasan bagi kita untuk bermalas-malasan beribadah dan beramal saleh di bulan Ramadhan yang mulia ini. Dengan mengagungkan bulan Ramadhan, mudah-mudahan kita semua mendapatkan keberkahannya. Aamiin.


Referensi:

(1) Sahih al-Bukhari 1901

(2) Mishkat al-Masabih 1958

(3) Jami’ at-Tirmidhi 2910

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY