Cara Menabung di Langit menurut Ajaran Islam

0
78
Menabung di langit

cahayaislam.id – Menabung di langit? Pernahkah kalimat tersebut terlintas di dalam pikiran kita sebelumnya?

Menabung adalah cara menyisihkan sebagian harta yang kita miliki untuk disimpan dan digunakan apabila ada keperluan mendatang di kemudian hari. Tujuan dari menabung agar hidup bisa lebih hemat dan jika butuh uang dalam hal mendesak tidak bingung untuk mencari pinjaman.

Menabung bisa dilakukan di mana saja, di rumah maupun di bank, bahkan bisa juga menabung kepada orang lan selama dia bisa dipercaya. Lantas bagaimana dengan menabung di langit?

Maksud dari istilah tersebut adalah menyimpan amal pahala kita di langit dengan cara berinfak, wakaf dan bersedekah selama masih hidup di dunia. Yang mana manfaatnya bisa kita rasakan terutama ketika di akhirat kelak.

Banyak risiko dari menabung di dunia, sebab harta yang disimpan di rumah maupun di bank belum bisa secara penuh terjamin keamanannya. Bisa saja dicuri, hilang, atau dimakan oleh rayap.

Sebagaimana firman Allah SWT yang berbunyi:

وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39)

Bersedekah di jalan Allah tidak akan membuat kita jatuh miskin. Allah sendiri telah berjanji akan melipat gandakan uang yang telah kita sedekahkan pada orang lain saat mereka lebih membutuhkan.

Nah, Sobat Cahaya Islam, pastinya Sobat juga ingin menabungkan hartanya di langit agar lebih aman dan terjaga, bukan?

Lalu bagaimana cara agar kita tidak malas untuk menabung dengan cara bersedekah serta berinfak? Demikian ulasannya!

3 Cara Melatih Diri agar Konsisten Bersedekah sebagai Cara Menabung di Langit

Sebagaimana kita tahu, sedekah adalah salah satu amalan yang perlu dilatih agar kita semua bisa rajin serta konsisten menunaikannya. Bagaimana caranya?

Menjadikannya sebagai Rutinitas

Cara pertama yang bisa kita lakukan dalam upaya melatih diri rajin bersedekah adalah dengan menjadikannya sebagai rutinitas. Bisa setiap satu bulan sekali, satu minggu sekali atau jika tidak berat dianjurkan untuk sehari sekali.

Menabung di langit

Jumlahnya pun tidak ditentukan besarnya, namun jika bisa harus dengan nominal yang sama. Semua harus dilakukan berdasarkan kemampuan masing-masing sehingga tidak membuat diri sendiri menjadi kekurangan.

Mengajak Teman

Yang kedua, dengan mengajak teman-teman untuk bersedekah bersama makan akan menjadi lebih bersemangat. Hal ini juga bisa membuat satu sama lain saling mengingatkan sehingga bisa menjadi satu kegiatan positif yang konsisten.

Bahkan saat ini, Sobat bersama teman-teman juga bisa melakukan penggalangan dana sebagai donasi kepada saudara kita yang mungkin tertimpa musibah. Hal tersebut juga dapat memotivasi banyak orang dan tergugah hatinya untuk ikut berbaur melakukan kebaikan.

Menyadari bahwa Harta adalah Titipan

Yang ketiga, dengan kesadaran penuh bahwa harta yang ada di dunia ini hanyalah titipan dari Allah SWT untuk bisa kita gunakan sebaik mungkin. Suatu saat juga kita semua akan dimintai pertanggung jawaban atas titipan harta yang kita miliki selama hidup d dunia.

Menabung di langit

Maka dari itu, kita harus bisa mengupayakan agar harta yang kita miliki dapat bermanfaat bagi banyak orang dan bisa menjadi penyelamat di akhirat nanti.

Demikian di atas adalah ulasan mengenai cara menabung di langit yang telah diajarkan oleh agama Islam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY