Cacing Haram Dimakan Karena Apa? Begini Penjelasannya

0
154
cacing haram dimakan karena

Cacing haram dimakan karena – Banyak orang yang mengkonsumsi makanan unik dan tidak biasa, seperti cacing. Namun sebagian umat muslim menganggap bahwa cacing hukumnya haram untuk konsumsi. Karena itu, timbul pertanyaan cacing haram dimakan karena apa?

Hal itu wajar, apalagi banyak orang yang mengkonsumsi cacing dengan alasan tertentu. Salah satu alasan yang bisa Sobat jumpai adalah untuk pengobatan. Lalu bagaimana penjelasan hal seperti ini dalam islam?

Jawaban Cacing Haram Dimakan Karena Apa?

Sobat Cahaya Islam, cacing yang umum manusia konsumsi untuk obat adalah cacing tanah. Pasalnya tidak sedikit orang percaya cacing tanah mampu mengobati demam, tifus, serta gangguan pasca stroke.

Namun sebenarnya, klaim cacing tanah untuk obat masih membutuhkan penelitian. Kendati demikian, prospek cacing tanah sebagai obat alami sudah cukup menjanjikan. Sobat pun bisa menemukan obat tersebut pada obat-obatan China.

Tetapi tentu saja, Sobat sebagai muslim tak hanya mengikuti obat mujarab dan ampuh. Sebaiknya Sobat perlu mendalami lebih jauh tentang obat cacing walaupun termasuk manjur. Terbukti, tidak sedikit ulama yang mengklaim bahwa cacing haram untuk konsumsi.

Lalu cacing haram dimakan karena apa? Ternyata ada beberapa alasan cacing hukumnya haram untuk konsumsi, yaitu:

1. Merupakan Hewan Khobits / Menjijikan

Sobat, alasan pertama mengapa cacing hukumnya haram untuk konsumsi karena khobits atau menjijikan. Ini terlihat dari bentuk cacing yang banyak orang anggap menjijikan, sehingga sebenarnya tidak layak untuk konsumsi.

cacing haram dimakan karena

Selain itu, hukum tersebut juga merupakan pendapat dari kalangan ulama Syafi’iyah. Sebagian ulama menetapkan hukum haramnya konsumsi cacing karena khobits berdasarkan firman Allah SWT yang berbunyi,

 وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبَائِثَ

“Dan dia mengharamkan bagi mereka segala yang khobits” (QS Al A’raf: 157).

2.      Termasuk Hasyarat

Sebagian ulama juga menyebut bahwa cacing termasuk ke dalam hasyarat, yakni binatang kecil di bumi. Binatang yang termasuk hasyarat di antaranya kalajengking, ular, serangga, tikus, semua jenis cacing, dan lain-lain.

Bagi beberapa ulama, hukum memakan hasyarat adalah haram karena tidak ada cara untuk menyembelihnya supaya menjadi halal.

Pendapat Boleh Memakan Cacing

Sobat, walaupun terdapat sejumlah jawaban atas pertanyaan cacing haram dimakan karena apa, ternyata ada pendapat berbeda. Pasalnya ada ulama lain yang berpendapat bahwa hukum memakan cacing adalah boleh atau mubah.

Pasalnya beberapa ulama tidak menetapkan terkait standar jijik untuk cacing. Mereka berdalil dengan beberapa ayat yang menyebut bahwa semua hewan yang tidak dinashkan hukumnya haram.

Salah satu ayatnya tertuang dalam,

هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُمْ مَا فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا

“Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu” (QS. Al Baqarah: 29)

Walaupun begitu, lebih banyak orang yang menganggap cacing haram dimakan karena menjijikan meskipun untuk obat. Pasalnya masih banyak metode lain untuk berobat selain mengkonsumsi ekstrak cacing.

cacing haram dimakan karena

Apalagi dunia kedokteran semakin canggih, sehingga sebaiknya menghindari konsumsi cacing untuk pengobatan. Hal itu membuat Sobat tetap bisa sembuh dari sakit dengan pengobatan yang benar tanpa menyalahi aturan agama.

Sobat Cahaya Islam, itulah pembahasan seputar cacing haram dimakan karena yang bisa Sobat pahami. Sobat bebas menentukan ingin meyakini pendapat ulama mana dalam hal mengkonsumsi cacing untuk pengobatan ataupun lainnya. Wallahu’alam. 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY