Buku Landasan Bimbingan dan Konseling Islam, Petunjuk Menjadi Manusia yang Bermanfaat bagi Sesama

0
19
Buku Landasan Bimbingan dan Konseling Islam

Buku Landasan Bimbingan dan Konseling Islam – Masalah dalam kehidupan adalah bentuk perhatian Sang Maha Pencipta pada umatnya. Hanya saja, apakah kita bisa senantiasa sadar akan fitrah sebagai manusia untuk selalu berserah dan menyembah Allah ketika ada masalah? Saat itulah Buku Landasan Bimbingan dan Konseling Islam kita butuhkan.

Sebuah buku yanga berisikan teori dalam memberikan bantuan sekaligus mengarahkan sesama agar bisa menghadapi masalah dengan berpegang pada tuntunan Islam. Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya. Dengan berbekal buku ini, Sobat Cahaya Islam bisa membantu sesama sekaligus mengaplikasikan amanah ajaran Islam.

Data-data Buku Landasan Bimbingan dan Konseling Islam

Buku Landasan Bimbingan dan Konseling Islam

Judul buku           : Landasan Bimbingan dan Konseling Islam

Penulis                 : M.  Fuad Anwar

Layout                  : Ika Fatria Iriyanti

Desain Sampul    : Herlambang Rahmadhani

ISBN                      : (Cetak) 978-602-280-207-5 (Elektronik) 978-623-209-179-5

Halaman              : 143 Halaman

Penerbit               : Deepublish

Ukuran                 : A5

Kriteria                 : Buku Ajar

Kelebihan Buku dan Kesimpulan

Buku Landasan Bimbingan dan Konseling Islam

Sebagaimana informasi yang sudah tertera pada data-data buku di atas, bahwasanya Buku Landasan Bimbingan dan Konseling Islam merupakan buku ajar. Buku ini menjadi bahan panduan mahasiswa yang ingin mendalami ilmu bimbingan konseling Islam. Mengapa harus buku ini? Karena ada banyak keunggulan yang ada di dalamnya.

Kelebihan Buku

Buku ini menjadi bahan ajar yang mengemukakan berbagai teori tentang bimbingan konseling berkonsep islami. Mengapa islami? Karena setiap teori baik yang bertujuan membantu klien yang bermasalah, ataupun petunjuk bagi konselor dalam berkomunikasi serta mengarahkan berlandaskan ajaran agama Islam.

Islam merupakan agama yang dengan sempurna mengatur hubungan antara sesame manusia maupun manusia dengan Allah SWT. Dalam buku ini pun juga dihadirkan nilai-nilai islam yang menjadi pedoman konselor untuk menguatkan kliennya. Tujuannya agar bisa menghadapi dan menyelesaikan masalahnya sesuai tuntunan Rasulullah serta dalil dalam Al Quran.

Konselor pun bisa bertindak professional, dengan mengenali potensi dalam dirinya sekaligus menganalisa kebutuan psikologis dari kliennya. Apakah butuh dikuatkan, diarahkan, atau dikembangkan. Ini berlaku tidak hanya pada individu, tetapi juga pada kelompok atau golongan kecil. Seperti guru kepada siswanya misalnya.

Dengan penyampaian yang runtut serta jelas, membuat buku ini memberi banyak kemudahan bagi mahasiswa dalam memahami ilmu bimbingan dan konseling islam. Bukan hanya itu,teori jalinan komunikasi yang baik antara konselor dan kliennya  juga menciptakan silahturahmi serta rasa saling percaya antara keduanya.

Kesimpulan

Buku ini merupakan panduan untuk mengajar mahasiswa yang mengambil program studi bimbingan dan konseling Islam. Berisi teori-teori untuk membantu seseorang menghadapi juga menyelesaikan masalahnya dengan tetap berpegang pada tuntunan Islam.

Tidak hanya teori untuk membantu, tetapi juga memberikan arahan serta menguatkan seseorang untuk bisa memahami potensi diri yang bisa dikembangkan berdasarkan konsep agama Islam. Menjadikan Al Quran juga sunah Rasulullah sebagai landasan dalam berkomunikasi serta memandang permasalahan guna memperoleh solusi.

Jadi, tidak berlebihan jika dikatakan bahwa Buku Landasan Bimbingan dan Konseling Islam ini merupakan petunjuk bagi Sobat Cahaya Islam untuk menjadi manusia bermanfaat.            

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY