Bisnis Kuliner Herjunot Ali Merugi, Inilah 5 Cara Menghadapi Masalah dalam Islam!

0
67

Herjunot Ali – Wabah COVID-19 memberikan dampak buruk terhadap berbagai lapisan masyarakat. Salah satunya yang dialami Herjunot Ali. Aktor Indonesia yang satu ini terpaksa harus menutup bisnis kulinernya yang berada di kawasan Tokyo, Jepang. Sejak pandemi merebak, bisnis kulinernya mengalami banyak kerugian. Padahal, bisnis kuliner yang dilakukannya sebagai salah satu cara untuk mengenalkan salah satu makanan khas Indonesia yaitu Soto Betawi.

Masalah yang dihadapi Herjunot Ali tentunya bisa dikatakan sebagai ujian yang hendaknya diterima dengan penuh keihlasan dan lapang dada. Di balik setiap musibah yang terjadi tentu akan ada secuil hikmah yang amat berharga. Sobat Cahaya Islam, dalam menghadapi masalah tentunya tidak dianjurkan untuk menghadapinya dengan penuh emosi. Sebaliknya terdapat cara-cara yang lebih bijak yang dapat dilakuak ketika menghadapi masalah.

Cara Menghadapi Masalah dalam Islam

Keberadaan masalah merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan ketegaran serta menjadi manusia yang lebih baik. Oleh karena itu, ketika mendapat masalah hendaknya dihadapi dengan penuh kebijakan. Adapun cara dalam menghadapi masalah dalam Islam yakni sebagai berikut.

1.   Ambilah Wudhu

Ketika menghadapi masalah, cobalah untuk mengambil air wudhu. Selain untuk mensucikan diri dari hadas dan najis, berwudhu dapat memberikan ketenangan hati. Dengan melakukan wudhu, hati yang sedih dan gelisah pun akan lebih tenang, karena berwudhu menjadi salah satu obat penawar racun dalam hati.

Mengambil air wudhu akan melunturkan dosa, sehingga mendatangkan ketenangan dalam jiwa seseorang. Oleh karena itu, dianjurkan untuk membiasakan diri berwudhu sebelum melaksanakan aktivitas/ pekerjaan. Hal ini sebagai salah satu langkah agar pekerjaan dapat dilakukan dengan kemudahan.

2.   Dirikan Shalat

Selanjutnya, mendirikan shalat akan memberikan ketenangan jiwa karena sebagai salah satu cara untuk menghilangkan kepenatan dunia. Hal ini dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Al- Baqarah ayat 45:

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’

Dalam shalat terdapat kenikmatan amat besar yang hanya dapat dirasakan oleh seorang hamba yang mendirikannya. Bermunajat kepada Ilahi Rabbi akan membantu menghilangkan sulitnya dunia.

3.   Membaca Ayat Suci Al-Quran

Ayat suci al-Quran merupakan sumber dari segala sumber yang ada. Dalam setiap ayat yang dilantukan terdapat petunjuk yang dapat dijadikan pedoman dalam menjalani kehidupan.

Seberapa besar tekanan yang dihadapi terdapat petunjuk yang akan menjadi solusi terhadap masalah yang sedang dihadapi. Oleh karena itu, Sobat Cahaya Islam hendaknya senantiasa membaca ayat suci al-Quran setiap waktu.

4.   Berdoa

Selanjutnya, Rasulullah SAW mengajarkan kepada setiap umatnya untuk senantiasa berdoa baik ketika menghadapi masalah maupun tidak. Beragam doa dalam setiap aktivitas yang dihadapi, begitu pun dalam menghadapi masalah sudah diajarkan sedari awal. Dengan adanya doa yang dipanjatkan, senantiasa menghilangkan kegelisahan dan kegundahan dalam hati.

5.   Senantiasa Bertawakal kepada Allah SWT

Sobat Cahaya Islam, jangan lupa untuk bertawakal kepada Allah SWT. Melalui firman-Nya, Allah SWT menjelaskan secara tegas dalam Al-Quran surat At-Thalaaq ayat 3 bahwa siapa saja di antara hamba-Nya yang bertawakal, maka akan dicukupkan segala keperluannya. Hal ini sebagai salah satu langkah untuk mendapatkan kemaslahatan serta menghindari bahaya dalam hidup.

Demikianlah ulasan singkat terkait cara menghadapi masalah dalam pandangan Islam. Semoga apa yang terjadi pada Herjunot Ali pun menjadi batu loncatan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan kuat. Setiap masalah yang timbul akan disertai kado yakni hikmah yang amat berharga.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY