Mengapa Harus Belajar Bahasa Arab? Ini 2 Alasan Pentingnya

0
135
belajar bahasa Arab

Belajar Bahasa Arab – Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar dunia. Namun sayangnya minat untuk belajar bahasa Arab masih kurang. Kebanyakan orang lebih suka dan bangga menguasai bahasa Inggris daripada bahasa Arab.

Sebenarnya bahasa Arab sudah akrab dengan muslim Indonesia. Faktanya setiap orang melafadzkannya setiap hari dalam shalat dan doa. Seharusnya hal ini menjadi motivasi bagi setiap muslim untuk mempelajari bahasa Arab.

Keutamaan Bahasa Arab

Sobat Cahaya Islam, bahasa Arab memiliki banyak keutamaan jika dibandingkan dengan bahasa-bahasa lainnya di dunia. Allah Ta’ala menyebutkan keutamaan bahasa ini dalam firman-Nya, “Al-Qur’an itu turun dengan bahasa Arab yang jelas (mubin).” (QS Asy-Syu’ara: 195)

Para ulama menjelaskan bahwa maksud dari ayat ini bahwa bahasa Arab adalah bahasa yang sangat tua dan terjaga. Hal ini menjadikannya sangat kaya dengan kosakata, memiliki gramatikal yang sempurna, dan penuh dengan simbol-simbol makna.

Khasanah linguistik bahasa Arab begitu kaya. Jika dalam bahasa Indonesia Sobat Cahaya Islam bisa mengungkapkan kata pedang hanya dengan satu kata saja. Sebaliknya bahasa Arab memiliki banyak ungkapan untuk menyebut kata ‘pedang’, misalnya saif, husam, dan syis.

Ibnu Katsir menyampaikan, “Bahasa Arab merupakan bahasa yang paling fasih, paling jelas, paling luas, memiliki paling banyak ungkapan makna yang dapat menhadirkan ketenangan jiwa. Oleh karenanya, kitab yang paling mulia ini (Al-Qur’an) diturunkan dengan bahasa yang paling mulia (bahasa Arab).” (Tafsir Al-Qur’an Al-’Adzim, 4/365)

Urgensi Belajar Bahasa Arab bagi Muslim

Mempelajari bahasa Arab sebenarnya sangat penting untuk setiap muslim. Ada faktor-faktor yang menyebabkan urgensi ini, di antaranya:

Bacaan shalat dan doa menggunakan bahasa Arab

Setiap muslim wajib menunaikan shalat. Karenanya mempelajari bahasa Arab sangat penting, walaupun hanya berupa hafalan tanpa pemahaman.

Imam Syafi’i menyatakan, “Wajib bagi setiap muslim belajar bahasa Arab sekuat kemampuannya. Sehingga dia bersaksi bahwa sesungguhnya tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Allah Ta’ala dan Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Dan dengannya dia dapat membaca kitabullah (Al-Qur’an).” (Ar-Risalah, 1/48)

belajar bahasa Arab

Belajar bahasa Arab secara mendalam sangat membantu muslim dalam memahami isi bacaan shalat dan lafadz doa. Pemahaman yang baik terhadap makna bacaan shalat dapat meningkatkan kekhusyukan dalam shalat.

Di samping itu, pemahaman bahasa Arab yang baik juga sangat bermanfaat saat membaca dan menghafal Al-Qur’an. Selain lebih mudah dalam membacanya, pemahaman tentang isi Al-Qur’an meningkatkan keindahannya berkali-kali lipat. Penguasaan bahasa Arab juga sangat membantu saat menghafal Al-Qur’an.

Al-Qur’an dan hadits menggunakan bahasa Arab

Dua sumber ajaran Islam, yakni Al-Qur’an dan hadits, menggunakan bahasa Arab. Karenanya belajar bahasa Arab menjadi sarana penting untuk bisa memahami Islam secara mendalam.

Memiliki pemahaman yang baik terhadap Islam akan membantu seorang muslim untuk tetap teguh dan istiqamah. Lebih-lebih lagi di zaman penuh fitnah seperti sekarang ini.

Sesungguhnya Rasulullah saw mengungkapkan dalam sabdanya, “Aku tinggalkan untuk kamu sekalian dua perkara. Jika berpegang teguh pada keduanya maka kalian tidak akan tersesat selamanya. Keduanya adalah Kitabullah dan sunnahku.” (HR Imam Malik, 2/899)

belajar bahasa Arab

Para sahabat sangat menekankan pada umat Islam untuk mempelajari bahasa Arab. Salah satunya adalah Umar bin Khattab ra yang menyatakan, “Pelajarilah bahasa Arab karena bahasa ini merupakan bagian dari agama kalian.” (Idhah Al-Waqf, Ibnul Anbari, 1/31)

Demikian, Sobat Cahaya Islam. Bahasa Arab merupakan bagian penting dari agama Islam yang tak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari setiap muslim. Karenanya mempelajari bahasa Arab sangat urgen dan mesti menjadi bagian dari gaya hidup kita.

Saat ini sangat mudah bagi siapa saja untuk belajar bahasa Arab. Apalagi banyak kelas belajar bahasa Arab online, mulai dari yang berbayar hingga yang gratis. Sehingga belajar bisa Sobat Cahaya Islam lakukan dengan lebih mudah. Yuk, semangat terus belajar bahasa Al-Qur’an!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY