Mengajarkan Kelembutan Pada Anak Dalam Islam

0
218
Mengajarkan Kelembutan Pada Anak 2

Mengajarkan kelembutan – Anak menjadi salah satu amanah yang Allah berikan bagi para orang tua. Itu sebabnya, siapapun sebagai orang tua sudah seharusnya mendidik anak dengan baik. Hingga kemudian dapat tumbuh menjadi anak yang sholeh dan juga sholehah. Tentu saja membentuk karakter anak bukan hal yang mudah, ini harus ditanamkan sejak dini.

Kelembutan adalah salah satu sifat yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Sikap ini tercermin pada cara Rasulullah SAW menasehati anak-anak dengan lembut sehingga apa yang disampaikan dapat diterima dengan baik. Meskipun begitu, orang tua tetap diperbolehkan untuk tegas. Hanya saja tegas yang dimaksud bukanlah kasar ya sobat CahayaIslam.

Mengajarkan Kelembutan Pada Anak, Begini Yang Rasulullah Contohkan!

Mengajarkan Kelembutan Pada Anak 3

Mengajarkan kelembutan pada anak adalah salah satu hal yang penting. Apalagi Rasulullah SAW sendiri adalah sosok yang lemah lembut pada anak-anak, ini menjadi teladan yang harus dicontoh oleh kaum muslimin tentu saja. Selain itu, Allah juga memberikan amanah kepada para orang tua untuk mendidik serta menyayangi anak-anak dengan baik dan lembut.

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ ۖ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ ۖ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ

Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.

Ayat ini mengajarkan sekaligus menjelaskan bahwasanya Allah menganjurkan kaum muslimin untuk bersikap lemah lembut dan tidak boleh keras hati apalagi kasar.

Lalu bagaimana mengajarkan anak untuk bersikap lembut?

Memberikan Contoh Kehidupan Sehari-Hari

Mengajarkan Kelembutan Pada Anak 1

Hal yang paling mudah untuk mengajarkan anak tentang kelembutan adalah dengan memberikan contoh pada kehidupan sehari-hari. Anak-anak adalah makhluk istimewa yang biasanya merekam dengan baik perilaku dari orang tua atau orang disekelilingnya. Maka penting memberikan contoh untuk menanamkan kebiasaan anak.

Mendidik Anak Dengan Sikap Lembut

Selain memberikan contoh dalam sikap dan perilaku sehari-hari, untuk mengajarkan kelembutan pada anak adalah dengan mendidik anak-anak dengan sikap yang lembut. Seperti halnya saat berkomunikasi dengan anak, menasehati anak-anak atau hal-hal lainnya. Dengan begitu, anak juga akan mengikuti apa yang orang tua ajarkan dan tanamkan tentu saja.

Memantau Pergaulan Anak

Pergaulan adalah salah satu yang memberikan pengaruh besar pada tumbuh kembang anak. Selain dari orang tua, teman dan lingkungan sekitar ternyata juga mempengaruhi karakter anak lho sobat CahayaIslam. Itu sebabnya, sebagai orang tua dapat juga memantau sekaligus memastikan bahwa anak bergaul dalam lingkungan yang dapat memberikan pengaruh positif.

Mengajarkan kelembutan – Karakter anak dapat dibentuk sejak dini. Itu sebabnya, untuk dapat menciptakan anak-anak yang lembut kemudian juga sholeh sholehah tentu saja harus dimulai dengan cara didik serta contoh dari orang tua.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Ali-Imran Ayat 159

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY