3 Ayat Al Quran Tentang Pernikahan, Umat Islam Wajib Simak!

0
152
ayat Al Quran tentang pernikahan

Ayat Al Quran tentang pernikahan – Sobat Cahaya Islam, pernikahan adalah bentuk ibadah terlama di sisi Allah SWT. Bahkan pernikahan juga termasuk amalan berpahala dan dianjurkan untuk umat islam amalkan. Hal itu tertuang dalam beberapa ayat Al Quran tentang pernikahan yang perlu Sobat perhatikan.

Namun pernikahan yang ideal adalah pernikahan dengan tujuan dan niatan yang sejalan ajaran agama islam. Dengan begitu, akan terwujud pernikahan yang sakinah, mawadah dan warahmah. Besar harapan pula, pernikahan tersebut membantu keluarga ke surga Allah SWT.

Memahami Ayat Al Quran Tentang Pernikahan

Ketika memutuskan untuk menikah, maka hal ini bisa begitu membahagiakan bagi kedua belah pihak yang menjadi pasangan. Apalagi jika pernikahan tersebut dijalankan dengan niatan baik untuk sehidup semati bersama.

Dalam ajaran islam, menikah yang berlandaskan niat terpuji dan ridho kedua pasangan akan mengantarkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Hal ini juga sangat penting supaya pernikahan yang Sobat jalankan bisa mendatangkan manfaat dan keutamaan.

Bahkan dengan menikah, umat muslim bisa mendapat keutamaan melimpah, salah satunya yaitu menyempurnakan separuh agama. Bukan itu saja, menikah juga memperbesar kemungkinan pasangan mendapat ketenangan.

Ini bukan omongan semata, sebab ada anjuran menikah yang tertuang dalam ayat Al Quran. Berikut ini ada beberapa ayat Al Quran tentang pernikahan yang perlu Sobat simak sekarang juga:

1.      An Nur Ayat 32

Ayat Al Quran pertama yang berkaitan dengan pernikahan tertuang dalam surat An Nur ayat 32. Dalam ayat tersebut, tertulis perintah menikah sebagai salah satu cara untuk memelihara kesucian nasab.

ayat Al Quran tentang pernikahan

Hal ini bertujuan agar hidup selalu tenang dan terhindar dari zina maupun perbuatan haram lainnya. Apabila sedang dalam kondisi miskin, maka Allah akan memberikan karunia kepada mereka. Bunyi ayat tersebut yaitu,

 الْاَيَامٰى مِنْكُمْ وَالصّٰلِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَاِمَاۤىِٕكُمْۗ اِنْ يَّكُوْنُوْا فُقَرَاۤءَ يُغْنِهِمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖۗ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْم

Artinya: “Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya), Maha Mengetahui” (Surat An-Nur Ayat 32)

2.      An Nahl Ayat 72

Berikutnya ada surat An Nahl ayat 72 yang berkaitan dengan tanda kekuasan Allah, sehingga menjadikan manusia berpasangan. Maksud dari pasangan tersebut adalah suami dan istri demi menggapai ketenangan dalam hidup.

Selain itu, Allah SWT juga menciptakan anak dan cucu dari pasangan tersebut. Bunyi surat An Nahl ayat 72 yakni,

هُ جَعَلَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا وَّجَعَلَ لَكُمْ مِّنْ اَزْوَاجِكُمْ بَنِيْنَ وَحَفَدَةً وَّرَزَقَكُمْ مِّنَ الطَّيِّبٰتِۗ اَفَبِالْبَاطِلِ يُؤْمِنُوْنَ وَبِنِعْمَتِ اللّٰهِ هُمْ يَكْفُرُوْنَۙ

Artinya:”Dan Allah menjadikan bagimu pasangan (suami atau istri) dari jenis kamu sendiri dan menjadikan anak dan cucu bagimu dari pasanganmu, serta memberimu rezeki dari yang baik. Mengapa mereka beriman kepada yang batil dan mengingkari nikmat Allah?” (Surat An-Nahl Ayat 72)

3.      Al Baqarah Ayat 223

Ayat Al Quran tentang pernikahan yang bisa menjadi renungan berikutnya adalah surat Al Baqarah ayat 223. Ayat tersebut juga menjelaskan tentang bagaimana suami saat menggaulinya dengan adab yang terbaik. Bunyi Al Baqarah ayat 223 yaitu:

نِسَاۤؤُكُمْ حَرْثٌ لَّكُمْۖ فَأْتُوْا حَرْثَكُمْ اَنّٰى شِئْتُمْۖ وَقَدِّمُوْا لِاَنْفُسِكُمْۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّكُمْ مُّلٰقُوْهُۗ وَبَشِّرِ الْمُؤْمِنِيْنَ ۝٢٢٣

Istrimu adalah ladang bagimu. Maka, datangilah ladangmu itu (bercampurlah dengan benar dan wajar) kapan dan bagaimana yang kamu sukai. Utamakanlah (hal yang terbaik) untuk dirimu. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kamu (kelak) akan menghadap kepada-Nya. Sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang mukmin.”

Berdasarkan ayat di atas, bisa Sobat pahami bahwa istri ibarat ladang yang menjadi tempat menanam benih. Untuk itu, datangi ladangmu agar bisa menyemai benih kapanpun ,kecuali ketika haid.

Selain itu, penting juga untuk mengutamakan hubungan suami istri dengan tujuan baik bagi keduanya. Hal itu demi kemaslahatan dunia dan akhirat nanti, serta bukan untuk melampiaskan nafsu semata.

ayat Al Quran tentang pernikahan

Sobat Cahaya Islam, itulah beberapa ayat Al Quran tentang pernikahan yang bisa Sobat jadikan renungan. Dari semua ayat tersebut, bisa Sobat pahami bahwa begitu pentingnya pernikahan dengan niat kepada Allah SWT semata. 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY