Anjuran Hidup Sederhana Dalam Islam, Apa Manfaatnya?

0
241
Anjuran Hidup Sederhana 2

Anjuran hidup sederhana – Hidup dengan sederhana ternyata menjadi pilihan yang tepat. Bukan hanya melatih kita untuk hidup dengan baik, tidak berfoya-foya atau menghamburkan uang dengan percuma. Namun hidup sederhana juga dapat mengajarkan kita untuk senantiasa menikmati apapun yang kita punya dan sekecil apapun rezeki yang kita dapatkan.

Dalam islam sendiri, hidup sederhana justru dianjurkan dibandingkan hidup dengan berlebihan. Apalagi Allah tidak menyukai sifat boros atau menghambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Hidup dengan cara yang sederhana dapat memberikan manfaat juga lho bagi kita. Bagaimana pendapat dalam islam mengenai hal ini?

Anjuran Hidup Sederhana Dalam Islam, Begini Manfaatnya!

Anjuran Hidup Sederhana 2

Anjuran hidup sederhana dalam islam, hal ini tidak lain bertujuan agar kaum muslimin tidak menjalani hidup dengan kesia-siaan. Seperti halnya golongan orang yang hidup untuk menghambur-hamburkan harta atau hidup dengan berlebihan. Ini bukanlah cara hidup yang dianjurkan dalam islam. Allah sendiri tidak menyukai orang-orang yang hidup tidak sesuai dengan ajaran islam.

۞ يَا بَنِي آدَمَ خُذُوا زِينَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوا ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.

Ayat ini menggambarkan bagaimana Allah tidak menyukai orang-orang yang hidup dengan berlebihan. Itu artinya, Allah lebih menyukai kaum muslimin yang hidup dengan bermanfaat dan sederhana. Namun sayangnya, banyak orang yang masih lalai hingga hidup dengan berlebihan dan bahkan menghabiskan harta untuk hal-hal yang tidak berguna.

Seorang muslim diajarkan untuk selalu bersyukur dengan apa yang telah Allah berikan. Bentuk rasa syukur itu sendiri dapat tercermin pada bagaimana seseorang menjalani hidup. Dengan hidup sederhana, bahkan disaat memiliki cukup banyak harta. Maka ini menunjukkan bagaimana seorang muslim berusaha hidup sesuai dengan anjuran dan perintah Allah SWT yaitu tidak berlebihan.

Lalu apa manfaat hidup dengan sederhana menurut islam?

Belajar Untuk Bersyukur

Salah satu manfaat hidup sederhana menurut pandangan islam adalah dapat belajar lebih banyak mengenai cara untuk bersyukur. Orang yang mampu hidup berlebihan namun memilih untuk cara hidup yang sederhana, itu artinya ia pandai dalam bersyukur. Dengan begitu, Allah tentu saja akan menambah berkali-kali lipat nikmat-Nya untuk golongan orang yang senantiasa bersyukur.

Mendapat Keberkahan

Allah melarang kaum muslimin untuk hidup berlebihan. Tentu saja ini dengan tujuan agar kita tidak terjerumus dalam kelalaian. Apalagi hingga terlena dengan silaunya kehidupan dunia. Dengan hidup sederhana yang dianjurkan dalam islam, maka seorang muslim akan mendapatkan lebih banyak keberkahan dalam hidup tentunya.

Terhindar Dari Sifat Riya’

Siapapun yang hidup dengan cara sederhana, ini dapat menghindarkan kita dari sifat riya’ atau sombong. Orang yang memilih hidup dengan sederhana maka ia tidak akan terlena ataupun menyombongkan diri.

Anjuran hidup sederhana – Hidup dengan kesederhanaan dapat memberikan banyak manfaat untuk diri kita. Diantaranya adalah terhindar dari sifat-sifat buruk seperti riya’ dan juga menghindarkan dari kelalaian dalam hidup.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-A’raf Ayat 31

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY