Amanda Caesa Dijodohkan dengan Anak Musisi? Apakah Perjodohan Dibolehkan dalam Islam?

0
37

Amanda Caesa –  Putri komedian Parto Patrio yang kerap disapa Caca dikabarkan dijodohkan-jodohkan oleh warganet dengan putra bungsu Ahmad Dhani dan Maia Estianty yang bernama Dul Jaelani.

Gadis kelahiran 23 Desember 2002 yang bernama Amanda Caesa ini, memang sering bersama Dul Jaelani. Kedekatan mereka sering kali membuat warganet baper, mereka sering terlihat di kanal YouTube bareng. Apalagi, mereka berdua punya passion yang sama yakni musik.

Lain halnya dengan kisah dalam novel Siti Nurbaya tentang perjodohan. Amanda Caesa justru tidak keberatan bila dijodohkan. Dia menilai Dul Jaelani adalah orang yang baik tidak neko-neko, kalem, serta pendiam seperti dirinya.

“Kemarin karena ketemu, ngobrol-ngobrol ternyata nyambung. Dari kemarin kayak teman dekat. Intens chat iya. Aku sih gak apa-apa (dijodohkan) kalau cuma becanda doang. Nambah teman. Kalau dijodohin gitu yauda gak apa-apa mereka bisa berfantasi,” ujar Amanda Caesa diwawancara oleh KH Infotainment pada Senin malam, 3 Agustus 2020.

Perjodohan Amanda Caesa dalam Islam

Sobat Cahaya Islam, perihal perjodohan agama Islam juga membahas masalah ini.  Perjodohan yang familiar di kalangan pesantren dan kyai. Bahkan sebagian besar gus-gus atau neng-neng (putra kyai) sering mengalami hal serupa. Hal ini tidak lain untuk mendukung eksistensi pesantren.

Perjodohan merupakan salah satu cara untuk melangsungkan pernikahan. Orang tua yang memiliki anak gadis perawan atau lelaki tidak masalah bila ingin dijodohkan. Sebagaimana dalam Al-Qur’an surat An-Nisa ayat tiga.

فَانكِحُوا مَاطَابَ لَكُم مِّنَ النِّسَآءِ

“Maka nikahilah perempuan-perempuan yang kalian sukai.” (QS. An-Nisa : 3)

Perlu digaris bawahi perjodohan juga ada aturannya, dan tidak memaksa. Sehingga dikhawatirkan timbul permasalahan yang tidak diinginkan seperti perceraian, KDRT, atau lain sebagainya.

Hal tersebut dijelaskan dalam Kitab Tuhfah Al – Habib yang intinya bila anak gadis yang dijodohkan sekadar tidak suka and  tanpa paksaan, maka tidak masalah. Tetapi seorang ayah harus meminta izin terlebih dahulu kepada anak gadisnya demi menghargai perasaan anaknya, dan dihukumi sunah.

Maka dari itu, apabila Amanda Caesa dijodohkan itu boleh saja, jika merasa tidak keberatan.  Jika memang Dul Jaelani sudah ditakdirkan sebagai suaminya oleh Allah SWT, tentu mereka akan beranjak ke atas pelaminan.

Jodoh, mati, dan hidup adalah hal yang tidak bisa ditawar. Perjodohan sekuat apapun bila Allah SWT belum berkehendak akan gagal juga. Tanpa ditunggu juga jodoh akan datang pada waktunya. Bagi sobat Cahaya Islam yang masih single, bisa mengikuti tips berikut dalam memilih jodoh.

4 Tips Memilih Jodoh

  1. Agama Islam

Selama masih dari koridor agama Islam itu aman, syukur lebih paham agama agar bisa membimbing kelak saat berumah tangga.

  1. Nasab yang baik

Nasab atau keturunan yang baik itu perlu. Sebab salah satu dari tujuan pernikahan adalah untuk melanjutkan keturunan.

  1. Punya ekonomi yang baik

Ekonomi tidak bisa lepas dari namanya hidup. Jadikan ekonomi yang baik sarana untuk mendukung diri dalam mentaati dan melakukan segala perintah Allah SWT dan menghindarkan dari perilaku buruk.

  1. Memiliki fisik yang bagus

Misteri jodoh tidak bisa diungkap begitu saja, jika sobat mengalami perjodohan, semoga itu yang terbaik dan menjadi keluarga yang sakinah mawadah warahmah. Bila masih single, jodoh tidak usah dipikirkan, hanya perlu memantaskan diri menjadi pribadi yang lebih baik, sebab jodoh adalah cerminan diri.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!