Alasan Pentingnya Toleransi Dalam Keluarga, Bagaimana Menurut Islam?

0
45
Alasan Pentingnya Toleransi Dalam Keluarga 1

Alasan pentingnya toleransi – Sikap toleransi merupakan kunci utama dalam menjaga hubungan keluarga. Sehingga dapat menciptakan keharmonisan serta keutuhan dalam hubungan. Sayangnya, toleransi bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan apabila seorang muslim tidak dapat memahami dan menghargai orang lain. Islam sendiri mengajarkan perdamaian, itu sebabnya ada toleransi didalamnya.

Dalam ajaran islam, penting untuk menerapkan sikap sikap saling menghormati, memahami dan juga menerima perbedaan yang terjadi dalam keluarga. Jika seorang muslim mampu untuk menerapkan hal ini, itu artinya ia berhasil untuk bersikap toleransi. Sehingga hal ini juga akan meminimalisir konflik yang bisa saja terjadi dalam keluarga. Lalu apa alasan pentingnya toleransi jika menurut pandangan islam?

Alasan Pentingnya Toleransi Dalam Keluarga 2

Alasan Pentingnya Toleransi Dalam Keluarga, Ini Pendapat Islam

Alasan pentingnya toleransi dalam keluarga tentu saja sangatlah penting menurut islam. Terlebih islam menjunjung tinggi perdamaian. Itu artinya, islam juga menanamkan sikap untuk saling menghargai diatas segala perbedaan yang mungkin terjadi. Baik itu perbedaan pendapat, perbedaan pemikiran dan perbedaan lainnya yang bisa saja memicu konflik. Seperti yang tertulis dalam ayat Al Quran.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَىٰ وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

Ayat ini menunjukkan bagaimana Allah menganjurkan kaum muslimin untuk bersikap toleransi dengan perbedaan yang ada. Allah telah menciptakan manusia dengan suku, bangsa hingga agama yang beranekaragam. Sehingga ini menegaskan bahwa Allah pun menjadikannya sebagai jalan untuk kita saling menghargai dan juga menghormati.

Lalu apa alasan pentingnya sikap toleransi dalam keluarga menurut islam?

Menghindari dan Mengatasi Konflik

Perbedaan akan senantiasa terjadi, bukan hanya dalam hubungan bermasyarakat saja. Namun juga hubungan dalam keluarga. Sehingga dengan adanya toleransi yang kita terapkan, maka ini akan menghindarkan dari konflik dan dapat pula mengatasi konflik yang terjadi akibat adanya perbedaan.

Mendidik Anak Agar Belajar Menghargai

Dengan menerapkan sikap toleransi dan saling menghargai, maka inipun dapat menjadi contoh dalam keluarga. Sehingga kita dapat membentuk generasi selanjutnya yang lebih toleran dan menghargai adanya perbedaan dalam hubungan bermasyarakat di luar sana.

Membangun Hubungan Harmonis dan Penuh Kasih Sayang

Seorang muslim yang paham arti menghargai, maka akan dapat menciptakan hubungan yang harmonis. Termasuk dalam hubungan keluarga. Sehingga ini akan membawa pembentukan hubungan keluarga yang bahagia, rukun dan juga penuh kasih sayang tanpa mempermasalahkan perbedaan yang ada.

Alasan pentingnya toleransi – Sikap menghargai atau toleran dalam keluarga adalah kunci utama untuk membangun keluarga harmonis. Dengan adanya toleransi, sesama anggota keluarga bisa tetap berhubungan baik meskipun ada perbedaan. Ini akan menghindari konflik yang mungkin saja terjadi tentu saja. Semoga kita termasuk orang-orang yang dapat menghargai sesama ya sobat CahayaIslam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Hujurat Ayat 13

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY