10 Manfaat Sedekah yang Terasa di Dunia dan Akhirat

0
42
10 manfaat sedekah

10 Manfaat Sedekah – Sebelum membahas mengenai 10 manfaat sedekah, perlu Sobat pahami bahwa sedekah tidaklah membuat Sobat jadi miskin atau kekurangan. Sebab, di balik perilaku terpuji tersebut, ada banyak keberkahan yang terbukti membawa kecukupan dan juga kebahagiaan.

Oleh karena itu jangan takut untuk sedekah, sebab perilaku ini menjadi salah satu amal sholih yang rasullah anjurkan bagi umatnya. Selain bermanfaat bagi orang lain, juga bermanfaat bagi diri sendiri. Apa saja manfaatnya? Mari simak ulasan ini hingga akhir untuk tahu apa saja value tersebut.

10 Manfaat Sedekah

Sedekah ialah salah satu amalan mulia yang dianjurkan oleh Rasullah. Selain pahala yang berlipat gSobat, sedekah juga menambahkan beragam value bagi pelakunya, baik di dunia maupun di akhirat. Jadi, mari simak 10 manfaat sedekah yang perlu Sobat ketahui.

إِنَّ ٱلْمُصَّدِّقِينَ وَٱلْمُصَّدِّقَٰتِ وَأَقْرَضُوا۟ ٱللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا يُضَٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ أَجْرٌ كَرِيمٌ

“Innal-muṣṣaddiqīna wal-muṣṣaddiqāti wa aqraḍullāha qarḍan ḥasanay yuḍā’afu lahum wa lahum ajrung karīm.”

Artinya:

“Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gSobatkan (pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS Al-Hadid: 18).

1. Mensucikan Diri dan Harta

Sedekah bisa membersihkan diri dari dosa dan kesalahan. Sebab pahala yang akan diperoleh memang bisa menjadi amal sholih sehingga bisa membersihkan dari sumber yang tidak baik.

2. Memperoleh Pahala yang Berlipatganda

Allah SWT melipatgandakan pahala sedekah berkali-kali lipat. Rasulullah SAW bersabda, “Perumpamaan orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah seperti biji gandum yang ditaburkan, menghasilkan tujuh ratus bulir atau lebih.” (HR. Bukhari).

مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّا۟ئَةُ حَبَّةٍ ۗ وَٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ

“Maṡalullażīna yunfiqụna amwālahum fī sabīlillāhi kamaṡali ḥabbatin ambatat sab’a sanābila fī kulli sumbulatim mi`atu ḥabbah, wallāhu yuḍā’ifu limay yasyā`, wallāhu wāsi’un ‘alīm.”

Artinya:

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS Al-Baqarah: 261).

3. Memperoleh Perlindungan dari Marabahaya

Sedekah jadi pelindung dari berbagai marabahaya, baik di dunia maupun di akhirat. Sebab bisa menjadi amal baik ke orang lain, sehingga turut terjaga dari marabahaya yang mungkin saja mengintai.

4. Melancarkan Rezeki

Sedekah tidak akan membuat harta jadi berkurang, bahkan sebaliknya, sedekah bisa melancarkan rezeki. Jadi, jangan takut untuk memberi sedekah, karena ada jaminan dari Allah bahwa sedekah tidak akan menjadikan seseorang jadi miskin.

10 manfaat sedekah

5. Memperpanjang Umur

Sedekah jadi salah satu sebab dipanjangkannya umur. Sebab dengan memberi ke orang lain, bisa memperoleh doa maupun balasan langsung dari orang lain tanpa disangka-sangka.

6. Kebahagiaan dan Ketentraman Hati

Bersedekah bisa menambahkan kebahagiaan dan ketentraman hati bagi pelakunya. Hal ini karena sedekah bisa menumbuhkan rasa syukur dan empati terhadap orang lain.

7. Memperoleh Syafaat di Akhirat

Sedekah bisa jadi syafaat bagi pelakunya di akhirat, sebab kebaikan dan juga keikhlasan dalam menjalankannya sudah Rasulallah jamin untuk bisa kebaikan. Sehingga bisa menjadi syafaat untuk kita.

8. Menaikkan Kesehatan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sedekah bisa menaikkan kesehatan mental dan fisik. Sedekah bisa menjadi tips menghilangkan stres ala Islam di kala kesibukan melanda, kecemasan, dan depresi. Sedekah juga bisa menaikkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan risiko penyakit jantung.

9. Mengajarkan Kepedulian dan Rasa Syukur

Bersedekah bisa mengajarkan terhadap anak-anak tentang kepedulian dan rasa syukur. Berkat melihat orang tua yang suka bersedekah, anak-anak akan termotivasi untuk menjalankan hal yang sama.

10. 10 Manfaat Sedekah : Contoh Baik bagi Orang Lain

Bersedekah bisa menambahkan contoh yang baik bagi orang lain. Ketika orang lain melihat Sobat bersedekah, mereka akan termotivasi untuk menjalankan hal yang sama.

Sedekah bisa dilaksanakan dengan berbagai cara, baik dengan uang, barang, maupun tenaga. Sedekah yang terbaik ialah sedekah yang dilaksanakan secara ikhlas dan tanpa pamrih.

Demikianlah 10 manfaat sedekah yang bisa Sobat rasakan, baik di dunia maupun di akhirat. Sedekah ialah amalan yang mudah dilaksanakan, namun punya pahala yang besar. Oleh karena itu, marilah kita jadikan sedekah sebagai kebiasaan dalam hidup kita.

Marilah kita mulai dari yang kecil, seperti bersedekah terhadap orang-orang di sekitar kita. Sedekah tidak harus dengan uang, tetapi bisa juga dengan barang, tenaga, atau bahkan senyuman.

Ingatlah, sedekah bukan hanya tentang memberi, tetapi juga tentang berbagi dan menebar kebahagiaan. Yuk, jadikan 10 manfaat sedekah sebagai gaya hidup! Bersama, kita ciptakan dunia yang lebih indah dan penuh kasih sayang.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY