Wow Ini Dia Perumpamaan Orang Mukmin dalam Hadits (Bagian 1)

0
1667

Al Quran dan al hadits merupakan pegangan mutlak orang-orang islam yang beriman kepada Allah dan Rasul. Siapa yang berpegang teguh pada dua hal tersebut, maka dia tidak akan tersesat. Dengan banyak mempelajari intisari dan kandungan dari keduanya, keimanan dan ketaqwaan seorang islam akan menjadi semakin meningkat sejalan bersama waktu. Orang-orang seperti itulah yang banyak disebut-sebut sebagai Mukmin dalam islam.

Tahukah sobat pembaca cahayaislam bahwa dalam al hadits, Rasulullah SAW beberapa kali menggambarkan orang-orang mukmin tersebut dengan beberapa perumpamaan yang indah. Nah, pada kesempatan kali kami akan mencoba men-jelentreh-kan satu persatu perumpamaan-perumpamaan yang baik tersebut.

Orang Mukmin bagaikan tanaman yang melenggak-lenggok tertiup angin

حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ الْخَلاَّلُ، وَغَيْرُ، وَاحِدٍ، قَالُوا حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ، أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيَّبِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏ “‏ مَثَلُ الْمُؤْمِنِ كَمَثَلِ الزَّرْعِ لاَ تَزَالُ الرِّيَاحُ تُفِيئُهُ وَلاَ يَزَالُ الْمُؤْمِنُ يُصِيبُهُ بَلاَءٌ وَمَثَلُ الْمُنَافِقِ كَمَثَلِ الشَّجَرَةِ الأَرْزِ لاَ تَهْتَزُّ حَتَّى تُسْتَحْصَدَ ‏”‏ ‏.‏ هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ

Rasulullah SAW bersabda bahwasanya perumpamaan seorang mukmin adalah seperti sebuah tanaman. Angin tidak pernah berhenti dan selalu berhembus menerpanya dengan kencang. Tanaman akan melenggok mengikuti irama. Sedangkan orang munafik diumpamakan seperti cemara. Dia tak tergoyahkan sampai ketika dia ditebang. (H.R Tirmidzi 2866)

Lah kok gambaran orang mukmin disini terdengar sangat lemah? Nggak kok! Justru penggambaran itu sangatlah indah. Mutiara hikmah yang bisa dipetik dari penggambaran sifat melenggak-lenggoknya tanaman yang tertiup angin itu menggambarkan sikap tawakkal dan jalan hidup orang iman yang penuh keta’atan kepada Allah.

Orang mukmin yang tahu hukum Allah akan ta’at dan patuh tanpa cela seperti layaknya tanaman yang tertiup angin. Tidak peduli apakah angin tersebut besar dan kencang. Tanaman akan tetap dengan ridho ta’at akan hal tersebut. Lain halnya seperti gambaran orang munafik disini. Orang munafik digambarkan seperti pohon cemara yang hanya bisa dirobohkan ketika ditebang. Hal ini menggambarkan ego dari orang munafik yang tinggi dan keengganan mereka dalam menjalankan serta patuh pada perintah Allah dan Rasul.

Orang mukmin bagaikan bangunan yang setiap sisinya saling menguatkan satu sama lainnya

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، وَأَبُو عَامِرٍ الأَشْعَرِيُّ قَالاَ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ إِدْرِيسَ، وَأَبُو أُسَامَةَ ح وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلاَءِ أَبُو كُرَيْبٍ، حَدَّثَنَا ابْنُ الْمُبَارَكِ، وَابْنُ، إِدْرِيسَ وَأَبُو أُسَامَةَ كُلُّهُمْ عَنْ بُرَيْدٍ، عَنْ أَبِي بُرْدَةَ، عَنْ أَبِي مُوسَى، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏ “‏ الْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا

Rasulullah SAW bersabda: seorang mukmin bagaikan sebuah bangunan untuk orang mukmin lain. Satu-satunya saling menguatkan (H.R Muslim 2585)

Mutiara hikmah yang bisa kita ambil dari perumpamaan orang iman seperti bangunan itu adalah sikap rukun, kompak dan kerjasama yang baik antar sesama orang iman. Orang iman satu sama lain adalah saudara dunia dan akhirat kelak. Untuk itu sikap saling mendukung dan berbuat baik kepada sesama adalah penting untuk dibiasakan dan dipupuk sejak dini dalam hati sanubari orang iman.

Nah, kali ini tim cahayaislam hanya mengulas dua penggambaran orang mukmin saja nih. Insha Allah artikel ini akan dilanjutkan kembali pada kesempatan yang akan datang (insha Allah). Semoga dengan ini keimanan kita menjadi semakin menanjak jauh keatas menuju yang lebih baik. Amiin

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!