Inilah 5 Tanda Cinta Al-Qur’an!

0
622
Tanda Cinta Al-Qur'an

Tanda Cinta Al-Qur’an – Membaca Al-Qur’an memang salah satu kewajiban umat muslim. Tidak hanya membaca, tapi kita juga perlu meresapi setiap perkataan yang telah Allah sampaikan melalui wahyu-Nya.

Tampak saat ini, hanya segelintir umat muslim saja yang mau membaca Al-Qur’an dan sebagaian lagi enggan membacanya. Bahkan tidak jarang mulai jauh dari ajarannya sendiri dan terbiasa dengan perbuatan maksiat.

Padahal umat muslim telah diperingatkan untuk menjauhi segala perbuatan maksiat dan harus melakukan amal Sholeh dan mempersiapkan kematiannya kelak. Hal ini sesuai yang telah Allah sampaikan melalui ayat berikut ini.

““Telah dilaknat orang-orang kafir dari kalangan Bani Isra’il melalui lisan Daud dan ‘Isa bin Maryam, hal itu dikarenakan perbuatan maksiat yang mereka lakukan dan mereka senantiasa melampaui batas. Mereka tidak saling melarang dari kemungkaran yang dilakukan di antara mereka. Sungguh jelek apa yang telah mereka kerjakan itu.” (QS. Al Ma’idah: 78)

“Apabila seorang manusia meninggal maka akan terputus amalnya kecuali tiga perkara : sedekah yang terus mengalir (pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan orang lain, atau anak saleh yang mendoakan kebaikan bagi orang tuanya.” (HR. Muslim no 1631).

Salah satu penyebab dari seringnya berbuat maksiat, karena jauh dari Allah. Kemudian rasa malas membaca Qur’an karena kurangnya rasa cinta pada Al-Qur’an sendiri. Ada beberapa ciri jika kita sudah merasakan cinta pada Al-Qur’an.

Tanda-tanda Cinta Al-Qur’an

Sobat, jika seseorang telah merasakan cinta terhadap Al-Qur’an, maka akan merasa nikmat ketika membacanya.

Membuat betah berlama-lama, sehingga bisa merasakan keutaaman membaca Al-Qur’an, seperti mendapat syafaat Qur’an di akhirat kelak. Adapun tanda diri kita sudah mencintainya adalah sebagai berikut.

1. Merasa Bahagia dan Rindu

Sebagaimana manusia yang sedang jatuh cinta, kita akan merasa bahagia ketika membaca Al-Qur’an. Hati terasa bahagia, tenang, dan nyaman saat melantunkan ayat per ayatnya.

Tanda Cinta Al-Qur'an

Kemudian akan merasakan rindu atau gelisah, jika sehari saja tidak membaca Al-Qur’an. Urusan dunia pun lebih sulit diselesaikan karena perasaan gelisah tadi. Sungguh ini merupakan perasaan yang begitu nikmat.

2. Tidak Meras Jenuh

Selain merasa senang dan merasakan kegelisahan, kita juga tidak akan merasa jenuh. Meskipun membaca Al-Qur’an dalam waktu berjam-jam lamanya, tapi terasa sangat menikmati dan betah membaca serta meresapi ayat Allah tersebut.

Bahkan waktu pun tidak terasa berjalan begitu cepat, karena sangat khusyuk dan asyik membaca Al-Qur’an. Bagi orang yang tidak memiliki rasa cinta di dalam hatinya, terasa ingin cepat-cepat selesai dan segera melakukan urusan dunianya.

3. Banyak Berdialog dengan Qur’an

Seolah tengah berbincang dengan Allah, orang yang sudah jatuh cinta pada Al-Qur’an akan mencari jawaban atas permasalahan hidup melalui Qur’an.

Tanda Cinta Al-Qur'an

Karena dalam dirinya sudah tertanam keyakinan apa yang terdapat dalam Al-Qur’an adalah jawaban dari Allah untuk setiap kesulitannya. Baik itu menyangkut masalah besar maupun kecil.

4. Mentaati Isi Al-Qur’an

Al-Qur’an merupakan Wahyu yang Allah turunkan untuk umat manusia. Orang yang sudah mencintai Al-Qur’an, berarti sangat mencintai Allah, ia akan mentaati dan menuruti apa yang telah disampaikan dalam Al-Qur’an.

Hal ini tidak bisa langsung disimpulkan, setelah membacanya Sobat perlu mengikuti kajian tentang tafsir Al-Qur’an. Kemudian bisa langsung mentaati dan meyakini yang telah Allah sampaikan dalam kitab suci ini.

5. Sering Membawa Kemana-mana

Tanda orang sudah mencintai Al-Qur’an berikutnya, membawa Al-Qur’an kemana-mana. Karena merasa tidak bisa jauh-jauh darinya dan terasa ada yang hilang jika tidak membawa kitab suci Allah ini.

Dengan membaca Al-Qur’an kita akan mendapatkan banyak merasakan keutaamannya. Yang paling utama adalah Qur’an bisa menjadi syafaat di akhirat kelak.

“Bacalah Al Qur’an karena Al Qur’an akan datang pada hari kiamat nanti sebagai syafi’ (pemberi syafa’at) bagi yang membacanya.” (HR. Muslim no.1910)

Sekian artikel terkait tanda cinta Al-Qur’an dibuat. Semoga bermanfaat bagi Sobat Cahaya Islam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY