Surat Al Baqarah: Keutamaan Bagi Manusia Jika Rajin Membacanya

0
244
Surat Al Baqarah

Surat Al Baqarah – Dalam Al Quran banyak sekali surat yang mempunyai keutamaan bagi umat manusia. Di antara banyaknya surat tersebut, surat Al Baqarah termasuk salah satu di antaranya.

Tak heran banyak orang yang rajin membaca sampai menghafal Al Baqarah. Terlebih, Al Baqarah juga mengandung arti yang sangat istimewa bagi umat manusia.

Surat Al Baqarah di dalam Al Quran

Sebagai informasi, surat Al Baqarah artinya adalah sapi betina. Ini merupakan surat kedua dari total 114 surat di dalam Al Quran.

Surah tersebut terdiri dari 286 ayat yang mengisahkan tentang tauhid. Selain itu, di dalam Al Baqarah juga terkandung aturan hukum syariat islam, sampai cerita nabi dan kondisi orang beriman maupun manusia yang musyrik.

Al Baqarah termasuk ke dalam salah satu surat terpanjang di dalam Al Quran. Karena itulah Al Baqarah masuk ke dalam golongan surat Madaniyyah.

Surat ini bernama Al Baqarah karena menceritakan cerita penyembelihan sapi betina yang Allah SWT perintahkan kepada Bani Israil. Perintah tersebut tertuang dalam Al Baqarah ayat 67-74.

Selain itu, banyak juga orang yang menyebut AL Baqarah sebagai surat Alif Lam Mim. Bukan tanpa sebab, awalan surat ini berupa tiga huruf berbeda yaitu Alif, Lam, dan Mim.

Keutamaan Membaca Al Baqarah

Sobat Cahaya Islam, jika Anda gemar membaca Al Quran maka jangan sampai lupa untuk membaca surat Al Baqarah. Bukan tanpa sebab, Al Baqarah memiliki segudan keutamaan yang bisa Anda rasakan saat membacanya secara rutin.

Berikut ini ada beberapa keutamaan jika membaca Al Baqarah secara rutin dan mendalami arti maupun kandungan ayat di dalamnya.

1.       Mendapat Mahkota di Surga

Keutamaan pertama jika Anda gemar dan rajin membaca serta mengamalkan Al Baqarah yaitu akan mendapatkan mahkota di surga kelak.

Surat Al Baqarah

Ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW: Hadis Hasan Nomor 2384

“Barangsiapa yang membaca surah Al-Baqarah, maka dia akan dipakaikan mahkota di syurga.” (Hadis hasan, diriwayatkan Al-Baihaqi dalam kitab Syu’ab al-Iman (hadis no. 2384)

Karena itulah penting untuk Anda senantiasa membaca Al Baqarah saat di waktu senggang ataupun sesudah mendirikan sholat fardhu.

2.       Sebagai Pengusir Syaitan dari Rumah

Al Quran merupakan ayat suci yang turun dari Allah secara langsung. Karena itulah sejatinya syaitan takut saat manusia membaca ayat-ayat di dalam Al Quran.

Begitu juga jika Anda membaca Al Baqarah di dalam rumah. Sebab syaitan nantinya pergi dan tak akan memasuki rumah milik Sobat Cahaya Islam lagi setelah Anda bacakan Al Baqarah.

Ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi: Hadits Tirmidzi Nomor 2802

 “Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan, sesungguhnya rumah yang di dalamnya dibacakan surah Al-Baqarah tidak akan dimasuki setan.” (Hadis sahih ini diriwayatkan Imam Muslim (hadis no. 1300) dan at-Tirmizi (hadis no. 2802).

3.       Menjadi Pembela di Hari Kiamat Nanti

Al Quran merupakan salah satu cahaya agama islam yang wajib dibaca para umatnya. Karena itulah sebagai muslim yang taat, Anda harus senantiasa mencintai dan membaca Al Quran.

Surat Al Baqarah

Hal ini juga berlaku jika Anda gemar dan sering membaca Al Baqarah. Bukan tanpa sebab, Al Baqarah akan menjadi pembela Anda di hari kiamat kelak.

Nabi Muhammad SAW bersabda: Muslim Nomor 1337

 “Bacalah Alqur’an karena ia datang di hari kiamat sebagai pembela bagi yang membacanya. Bacalah Az-Zahrawain (dua cahaya) yaitu surah Al-Baqarah dan Ali ‘Imran, karena keduanya datang di hari kiamat seperti dua awan putih atau dua naungan atau dua kerumunan burung sebagai pembela bagi yang membacanya. Bacalah surah Al-Baqarah, karena membacanya adalah berkah, meninggalkannya adalah kerugian, dan tidak mampu dilawan oleh penyihir”. (Sahih Muslim no. 1337)

Itulah sejumlah keutamaan membaca surat Al Baqarah yang bisa Anda rasakan langsung. Oleh sebab itu, penting bagi Sobat Cahaya Islam rajin membaca dan mengamalkannya dengan baik dan bacaannya benar.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY