Revi Mariska Sekarang Jadi Pengamen, Apa Kata Islam?

0
484
Revi Mariska

Revi Mariska – Artis Sinetron laga, Revi Mariska, kini tengah menjadi sorotan warganet karena diduga kini hidup susah dan menjadi pengamen untuk mencari makan.

Revi pun mengakui bahwa pekerjaannya kini dia jadikan sumber lain dalam menambah nafkah, tentunya untuk menyambung kebutuhan sehari-hari. Hal ini diketahui dalam sebuah potongan video yang baru-baru ini tersebar luas di media sosial.

Video tersebut pertama kali ditayangkan pada kanal Youtube miliknya, Revi Mariska Real. Dia mengatakan, bahwa menjadi pengamen untuk bayar makan dan parkir.

Mulanya, Revi tampak membagikan aktivitasnya ketika tengah berkumpul dengan teman-temannya. Di mana mereka sedang makan malam di sebuah warung lesehan yang letaknya di pinggir jalan.

Bersama lima orang temannya, Revi terlihat bercanda dengan satu sama lain. lalu dia meminjam gitar agar bisa mengamen di sekitar lokasi tersebut.

Dulu pun, nama Revi sempat viral lantaran pernah mencibir wajah dari penyanyi Lesti Kejora. Hal itu terekam dalam video di akun TikTok sahabatnya, Lina Mukherjee.

Awalnya Lina melemparkan pertanyaan terkait paras Lesti. Lalu dengan lantang Revi mengatakan bahwa wajah penyanyi yang kini menjadi istri Rizky Billar tersebut terlihat lebih tua dari umur sebenarnya.

Dia pun membandingkan wajah Lesti dengan miliknya yang terlihat jauh lebih muda meskipun sudah berusia kepala tiga. Tentu saja hal ini menjadi sorotan bagi warganet, khususnya fans dari Lesti maupun LesLar.

Lalu apa tanggapan Islam terkait profesi Revi sekarang yang menjadi pengamen? Ini ulasannya.

Revi Mariska Sekarang Jadi Pengamen, Apa Kata Islam?

Perihal musik dan hukum yang berkaitan dengannya sudah sering kali kita dengar, bukan?

Kesimpulannya adalah haram bagi kita umat Muslim untuk memainkan alat-alat musik sebagaimana yang tercantum dalam dalam hadits di bawah ini:

وَاتَّفَقُوا عَلَى تَحْرِيم المزامير والملاهي وَالْمَعَازِف ” انتهى من ” شرح السنة ” 12/383

“Para ulama bersepakat haramnya penggunaan seruling, alat-alat yang melalaikan, dan alat-alat musik secara umum”. (Syarhu al-Sunnah juz:12 hal:383)

Lalu bagaimana hukumnya dengan memberikan upah kepada pengamen? Tentu saja tidak diperbolehkan. Apa alasannya?

1.      Alat Musiknya

Revi Mariska Sekarang Jadi Pengamen, Apa Kata Islam?

Sebab, alat musik yang digunakan untuk mengais rejeki itu dilarang oleh agama. Maka pekerjaan serta uang yang dihasilkan pun hukumnya adalah haram.

Oleh karena itu, kita dilarang mencari penghidupan melalui perantara alat-alat musik. Sebagai konsekuensinya, maka seseorang tidak diperkenankan mengamen, menjadi biduan atau membuat grup music, band atau semacamnya.

2.      Menolong pada Perbuatan Dosa

Revi Mariska Sekarang Jadi Pengamen, Apa Kata Islam?

Selanjutnya, kita tidak boleh memberikan sesuatu yang hukumnya haram sebagai bentuk pertolongan kepada orang lain.

Sebab, dengan memberi upah pada pengamen artinya kita telah melakukan tolong menolong dalam perbuatan dosa.

Seperti dalam firman Allah pada QS. Al-Maidah ayat 2 yang berbunyi:

وَتَعَاوَنُوا۟ عَلَى ٱلْبِرِّ وَٱلتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا۟ عَلَى ٱلْإِثْمِ وَٱلْعُدْوَٰنِ

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran”.

Pada ayat di atas, telah ditegaskan kepada kita bahwa perkara memberikan sesuatu pada orang yang melakukan keharaman sama halnya dengan kita yang melakukannya pula.

Allah SWT juga melaknat bagi orang yang memakan, mengkonsumsi harta dari hasil yang tidak diperkenankan menurut syariat agama Islam. Begitu pula bagi mereka yang memberikannya.

Keduanya disebut telah melakukan tolong menolong dalam hal kebatilan. Naudzubillah.

Demikian di atas merupakan ulasan mengenai kabar viral Revi Mariska yang kini tengah menjadi pengamen sebagai upaya mencari upah untuk membayar makan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY