Perintah Menggunakan Hijab Bagi Wanita Muslim

0
1231
Perintah menggunakan hijab

Perintah menggunakan hijab  -Hijab adalah  kain yang digunakan oleh perempuan sebagai penutup kepala. Fungsi utama hijab adalah untuk menutup aurat perempuan dari laki-laki yang bukan mahram.

 Mahram sendiri memiliki arti semua orang yang haram dinikahi oleh seorang wanita karena sebab keturunan.

 Hijab di dalam bahasa arab berarti penghalang atau penutup aurat bagi wanita muslim.

     Dalam agama islam derajat seorang perempuan sangatlah tinggi, sehingga banyak sekali kemuliaan yang diberikan kepada seorang perempuan. Salah satu kemuliaan yang diberikan Allah SWT kepada perempuan adalah perintah menggunakan hijab.

     Bagi wanita muslim yang menjalankan perintah menggunakan hijab akan mendapatkan banyak pahala.

      Dengan berhijab wanita muslim juga kelak diakhirat bisa menolong kedua orang tua yang telah membesarkannya dari siksa api neraka. Karena sebagai orang tua juga ikut bertanggung jawab atas perbuatan anaknya didunia.

     Nah, Sobat Cahaya Islam, mengapa hal tersebut disebut dengan kemuliaan?

     Karena di dalam islam seorang perempuan sangatlah dijaga fitrahnya.Agar mereka (wanita muslim) tidak mudah diganggu oleh laki-laki yang hanya memandang wanita semata-mata karena nafsu.

Perintah Menggunakan Hijab

     Banyak sekali dalil yang menerangkan tentang perempuan, Salah satunya adalah perintah menggunakkan hijab bagi wanita muslim.

     Nah, Sobat, terdapat dalam Dalil mana saja yang menjelaskan tentang perintah menggunakan hijab?

QS. Al-Ahzab ayat 59

     Allah SWT memberikan perintah kepada Nabi untuk memberitahukan kepada wanita muslim agar segera menggunakan jilbab yang menutup seluruh badannya.

     Hal itu di perintahkan oleh Allah SWT semata-mata untuk melindungi wanita muslim agar tidak mudah diganggu dan agar mereka (wanita muslim) juga mendapatkan pahala kelak diakhirat nanti.

     Perintah Allah SWT ini berbunyi ;

     ” Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, ” Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka,” Yang demikian itu agar mereka lebih mudah dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha penyayang.” (QS. Al-Ahzab:59)

        QS. AN-Nur ayat 31

     Dalil ini berisi tentang perintah Allah SWT kepada wanita muslim untuk selalu menjaga aurat serta menjaga pandangannya.

     Disini juga Allah SWT memberikan perintah untuk wanita muslim agar menutupkan kain kerudung sampai dengan ke dadanya.

Perintah menggunakan hijab

Tetapi dizaman sekarang ini banyak sekali wanita muslim yang menggunkan hijab tapi tidak sampai kedadanya. Karena inilah sangat diperlukan untuk wanita muslim mengetahui batas aurat dan sampai bagian tubuh mana yang harus di tutupi dengan hijab.

     ” Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkkan kain kerudung ke dadanya.”(QS. An-Nur:31)

        QS. A’raf ayat 26

     Aurat juga termasuk perhiasan bagi wanita muslim, oleh karena harus dijaga sebaik mungkin. Aurat adalah perhiasaan yang tidak bisa ditunjukkan oleh siapapun yang bukan mahram bagi wanita tersebut. Dan karena hal ini Allah memberikan dalil yang berbunyi;

     “Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurukan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian taqwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.”(QS. Al-A’raf:26)

     Dari dalil diatas sudah jelas jikalau Allah SWT sangatlah menjaga kaum wanita. Banyak dari sebagaian isi dari Al-qur’an berisi tentang perempuan. Bukankah Allah SWT sangat meyanyangi ciptaan-Nya yang satu ini.

     Demikian ulasan mengenai dalil-dalil Allah SWT mengenai perintah menggunakan hijab.

     Semoga kita sebagai wanita muslim selalu istiqomah untuk menutup aurat serta menjalankan perintahnya. Selain melaksanakan perintah Allah SWT dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, hal ini juga bisa menghindarkan kita dari hal-hal yang dapat merugikan diri kita sendiri.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY