Peringatan Hari Tari Sedunia, Ini Alasan Islam Larang Tarian! Terutama Bagi Wanita

0
112
Peringatan Hari Tari, dan Larang Menari Dalam Islam

Peringatan Hari Tari – Tarian merupakan salah satu seni yang dipertontonkan untuk memberikan hiburan. Bukan hanya sebagai hiburan saja, tarian ini dianggap sebagai salah satu ikon yang mewakili seni dan kebudayaan suatu daerah. Sehingga tarian dari setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing. Tanggal 29 April merupakan hari dimana diperingati sebagai hari tari sedunia. Hari tari sedunia merupakan hari dimana memperingati sejarah tari sekaligus hari lahir pembuat tarian balet modern, Jean-Georges Noverre.

Peringatan Hari Tari dan Alasan Islam Larang Tarian

Tarian adalah seni menggerakkan tubuh dengan berbagai gerakan yang khas. Sehingga membentuk gerakan-gerakan indah. Tidak sedikit orang yang menyukai tarian dan bahkan menari untuk menghibur dan disaksikan banyak orang. Untuk penari sendiri saat ini banyak dikenal dari kaum wanita. Dalam agama islam, wanita merupakan makhluk yang paling dihargai. Bagaimana tidak, kita tahu bahwa banyak perintah Allah dan bahkan laranganNya yang bertujuan untuk melindungi dan menjaga kehormatan wanita.

Peringatan Hari Tari Sedunia, Mengapa Menari Dilarang Dalam Islam? Ini Alasannya!

Peringatan hari tari sedunia di tanggal 29 April ini merupakan hari lahirnya seorang pembuat seni tari balet. Berbicara mengenai tari, dalam pandangan masyarakat ini adalah seni dan budaya. Sehingga seni tari dianggap sebagai sesuatu yang bisa dilestarikan. Lalu bagaimana jika dinilai dari sudut pandangan agama Islam? Dalam agama islam, kita tahu bahwa seorang wanita memiliki kehormatan yang tinggi. Itulah mengapa Allah mencurahkan banyak kasih sayangnya untuk kaum wanita melalui ketetapanNya.

Wanita adalah makhluk Allah yang bahkan harus menutup auratnya rapat-rapat agar tidak menjadi fitnah atau mengundang syahwat laki-laki. Sedangkan untuk menari, wanita berarti memperlihatkan setiap gerakan tubuhnya yang mana ini saja sudah menjadi salah satu aurat. Itulah mengapa menari dilarang dan diharamkan, apalagi untuk seorang wanita.

Menari Dapat Mengundang Syahwat Bagi Lawan Jenis

Peringatan Hari Tari, Tarian Bisa Jadi Mengundang Syahwat

Menari adalah memperlihatkan gerakan-gerakan indah yang diperagakan oleh kaum wanita. Sedangkan laki-laki adalah makhluk yang memiliki nafsu besar. Sehingga dengan tarian ini bisa mengundang syahwat bagi laki-laki. Dan menjadi maksiat karena menjadi sebab kemadharatan. Ini salah satu alasan mengapa menari diharamkan dan dilarang oleh agama islam. Saat ini banyak tindak kejahatan yang dimulai dari nafsu, dikhawatirkan ini juga bisa menjadi bencana bagi kaum wanita.

قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ۚ ذَٰلِكَ أَزْكَىٰ لَهُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ

Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat”.(1)

Menari Sama Halnya Dengan Aurat Bagi Seorang Wanita

Peringatan Hari Tari, Keutamaan Wanita Menutup Aurat

Alasan mengapa menari dilarang dalam islam juga dikarenakan ini merupakan salah satu aurat bagi wanita. Bagi seorang wanita, aurat adalah perhiasan. Itu sebabnya Islam melarang wanita untuk menampakkan apa yang menjadi perhiasan sekaligus kehormatannya. Dalam seni tari, wanita melakukan gerakan yang khas sehingga memamerkan setiap lekuk tubuh. Bahkan tidak jarang kita jumpai para penari dengan pakaian yang memperlihatkan anggota tubuhnya, dan juga membentuk lekuk tubuh.

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.(2)

Sobat cahaya islam, dalam ayat ini jelas dianjurkan bagi seorang wanita untuk menutup setiap bagian tubuhnya. Itulah mengapa menari sama halnya dengan memperlihatkan bagian tubuhnya, meskipun dengan pakaian yang tertutup.

Peringatan Hari Tari – Dalam agama islam, bagaimanapun menari adalah hal yang dilarang dan bahkan diharamkan. Terutama bagi kaum wanita. Sekalipun ini adalah seni yang dianggap perlu dilestarikan dan terus dikembangkan. Sebagai umat muslim, perintah Allah adalah ketetapan yang tidak bisa ditawar.


Catatan Kaki:

(1) – Surat An-Nur Ayat 30

(2) – Surat Al-Ahzab Ayat 59

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY