Menyakiti Hati Orang Tua? Ini Akibatnya Menurut Islam

0
167
Menyakiti Hati Orang Tua 1

Menyakiti hati orang tua – Orang tua adalah makhluk yang Allah muliakan. Hal ini karena orang tua memiliki peran dan tanggung jawab yang besar. Itu sebabnya, orang tua seharusnya dihormati dan dihargai. Itulah kenapa, Allah melarang kaum muslimin untuk bersikap buruk kepada orang tua agar tidak terjerumus dalam perbuatan dosa besar yang menyebabkan kemurkaan Allah SWT.

Dalam ajaran Islam sendiri, menghormati serta berbakti kepada orang tua merupakan kewajiban yang harus kaum muslimin laksanakan. Apabila seorang muslim berbuat durhaka kepada keduanya, maka ini sama halnya dengan menyimpang dari ajaran islam. Padahal jelas-jelas dalam ayat Al Quran pun Allah menegaskan tentang anjuran memperlakukan orang tua dengan sebaik-baiknya. Lalu adakah akibatnya apabila menyakiti hati orang tua?

Menyakiti Hati Orang Tua 2

Menyakiti Hati Orang Tua? Begini Akibatnya Menurut Pendapat Islam

Menyakiti hati orang tua adalah salah satu perbuatan yang tidak dapat kita anggap sepele. Bahkan jika itu tanpa sengaja kita lakukan, ini dapat menyebabkan perbuatan dosa besar. Tentu saja kemudian Allah akan memberikan balasan yang pedih bagi kaum muslimin yang berbuat demikian. Seperti yang tertulis dalam ayat Al-Quran bahwasanya Allah memerintahkan kaum muslimin untuk berbuat baik kepada orang tua.

۞ وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا ۖ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَىٰ وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا

Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri,

Tahukah sobat CahayaIslam, bagaimana Al Quran mengatur apa-apa yang harus kita terapkan dalam hidup. Begitu juga mengenai berbuat baik kepada orang tua yang tidak boleh untuk kita lalaikan. Jika sekecil apapun kita membuat orang tua sakit hati, maka ini bisa menjadi penyebab Allah murka kepada kita. Lalu apa akibatnya jika kita menyakiti perasaan orang tua menurut islam?

Mendapatkan Azab di Akhirat

Salah satu akibat bagi seorang muslim yang berbuat buruk serta menyakiti perasaan orang tua adalah akan mendapatkan azab di akhirat kelak. Bagaimanapun, menzalimi orang tua adalah perbuatan dosa besar ya sobat CahayaIslam.

Hilangnya Kebahagiaan Dalam Hidup

Tahukah apa kunci kebahagiaan dan kesuksesan dalam hidup? tentu saja adalah kebahagiaan orang tua. Sehingga apabila seorang anak melalaikan kewajiban dan baktinya kepada orang tua, kemudian menjadikan mereka tidak bahagia. Maka kita pun tidak akan mendapatkan kebahagiaan dalam hidup karena berbuat zalim kepada orang tua.

Doa Orang Tidak Lagi Mustajab

Dalam kehidupan ini, segala sesuatu dapat menjadi lebih mudah ketika orang tua memberikan doa-doa baik untuk anaknya. Namun, apabila sebagai seorang anak justru menyakiti perasaan orang tua. Maka doa-doa mereka yang seharusnya bisa menjadi jalan serta kemudahan bagi kita akan terhalang. Sehingga tidak lagi mustajab untuk kita.

Menyakiti hati orang tua – Dengan berbagai macam akibat dari perbuatan durhaka kepada orang tua, marilah kita untuk lebih berbakti dan membahagiakan orang tua kita selagi bisa.


Catatan Kaki:

(1) – Surat An-Nisa’ Ayat 36

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY